6 Keunggulan Menggunakan Undangan Pernikahan Online

Untuk mengumumkan kepada orang lain bahwa kita akan menikah adalah dengan menyebarkan undangan. Di era modern ini, banyak orang yang menggunakan undangan pernikahan online karena dianggap lebih praktis dan kekinian. Pasalnya, ketika akan menikah, banyak hal yang harus dipersiapkan, sehingga hal ini merupakan cara yang tepat untuk lebih efektif. Selain itu, undangan online juga dianggap lebih menarik dan unik. Bahkan cara ini lebih efisien untuk menghemat budget. Ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika memilih menyebarkan undangan online untuk rekan, sahabat, kerabat, dan keluarga.

Alasan Memilih Menggunakan Undangan Online

Dengan menggunakan undangan online, ada beberapa keuntungan yang didapatkan seperti berikut ini.

1. Pilihan Desain Variatif

Apabila menggunakan undangan cetak, maka desain yang ditawarkan hanya itu-itu saja, tak terdapat variasi dan inovasi sehingga tampak biasa saja. Berbeda halnya dengan undangan online yang memiliki banyak pilihan desain variatif. Tampilan undangan pun semakin menarik dan tidak membosankan. Kamu dapat berkreasi sesuai dengan ide dan kreativitas yang dimiliki sehingga hasilnya sesuai dengan harapan. Bahkan desain undangan  yang dibuat juga bisa disesuaikan dengan tema pernikahan yang digelar. Dengan begitu maka akan lebih spesifik dan jelas.


2. Mudah Diedit

Banyak yang belum tahu bahwa membuat undangan secara online sangatlah mudah, terutama dalam hal editing. Saat ini terdapat berbagai website undangan pernikahan online gratis yang dapat diakses. Di berbagai situs tersebut ada banyak template yang dapat digunakan sesuai keinginan. Kamu bahkan dapat dengan mudah mengeditnya sendiri mulai dari pengetikan, bentuk font, bahkan merombak total semua undangannya. Hal yang demikian tidak dapat dijumpai pada undangan cetak.

3. Hemat Budget

Keuntungan lain yang didapatkan dari menyebarkan undangan pernikahan online adalah lebih hemat budget. Jadi pastinya akan membantu menekan anggaran pengeluaran pernikahan. Apalagi pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk dekorasi, catering, MUA, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa biaya pencetakan undangan memakan 10% dari total anggaran pernikahan. Padahal masih ada berbagai kebutuhan lainnya yang tidak kalah pentingnya. Dengan memanfaatkan website undangan pernikahan online maka bisa menghemat dengan biaya 0%.

4. Cepat Dikirim dan Langsung Diterima

Kendala yang sering terjadi saat menggunakan undangan cetak adalah kesulitan dalam menyebarkan undangan atau menyampaikannya kepada orang yang diundang. Namun karena undangan online bersifat digital, jadi tidak akan ada kendala dalam pengiriman undangan, karena akan cepat sampai. Tidak ada kendala jarak untuk memberikan undangan, undangan pun akan langsung diterima secara online. Apalagi jika jaraknya jauh dan harus menyampaikan undangan tersebut, maka butuh biaya lagi untuk pengiriman. Dengan menggunakan undangan online tentu tidak akan lagi ada kendala jarak dan waktu.

5. Ramah Lingkungan

Seperti yang telah diketahui bahwa menggunakan undangan pernikahan cetak membutuhkan banyak kertas untuk percetakannya. Padahal inti dari pembagian undangan adalah informasi di dalamnya. Sementara undangan cetak biasanya setelah diterima akan dibuang begitu saja tidak berfungsi. Untuk itu, penggunaan undangan online pernikahan merupakan pilihan yang sangat tepat karena lebih ramah lingkungan. Undangan paperless yang demikian menjadi upaya yang sangat tepat untuk meminimalisir penggunaan kertas.

6. Tampak Elegan dan Mewah

Biasanya, undangan pernikahan yang dibuat online memiliki layout yang interaktif dan atraktif. Tidak heran jika tampilan undangan online lebih terkesan mewah dan elegan. Selain itu, undangan online juga memiliki desain tematik sesuai konsep yang diinginkan.

Uniknya lagi, dengan menggunakan undangan online, bisa diselipkan berbagai hal seperti foto, video, animasi, buku tamu, reservasi, map lokasi, dan lain sebagainya. Dengan begitu maka akan lebih lengkap informasi yang disampaikan.

Itulah beberapa keunggulan dari undangan pernikahan online yang dapat dibuat sendiri pada website gratis. Karena undangan merupakan salah satu hal yang penting dalam persiapan acara pernikahan, maka perlu dibuat sebaik mungkin.

Untuk Anda yang sedang merencanakan membuat undangan pernikahan online, anda dapat mengunjungi salah satu website penyedia undangan online yaitu seremoni.id


Leave a Comment