7+ Formasi Jabatan untuk Lulusan SMA/K Sederajat di CPNS Apa Saja?

Pernah berpikir ingin jadi CPNS setelah lulus SMA, tetapi bingung jabatan yang bisa diambil di CPNS apa saja? Jangan khawatir, BKN selalu menyediakan formasi ASN skema CPNS yang bisa dilamar WNI lulusan SMA/K sederajat.

Setiap tahunnya, seperti yang diketahui Badan Kepegawaian Negara selalu mengumumkan formasi jabatan kosong yang bisa diisi orang-orang baru. Tidak hanya untuk masyarakat berpredikat sarjana, tetapi bagi yang hanya lulusan SMA/K sederajat pun ada.

Namun, khusus 2022, formasi jabatan untuk lulusan ini masih dipertanyakan. Pasalnya, menurut kabar yang beredar, CPNS 2022 hanya dibuka dengan skema sekolah kedinasan.


Belum terdapat keterangan lebih lanjut dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, selaku yang berwenang atas hal ini. Meski begitu, tahun 2023 CPNS akan dibuka seperti biasa, tetapi dengan jumlah terbatas.

Dengan itu, bagi yang tertarik mengikuti seleksi CPNS 2023, sebaiknya mulai persiapan dari sekarang. Seperti, mengetahui di seleksi CPNS apa saja jabatan yang diperkirakan bisa dipegang lulusan SMA.

10 Jabatan CPNS Apa Saja yang Bisa Diisi Lulusan SMA

Berikut adalah 10 jabatan atau formasi di CPNS yang bisa diambil lulusan SMA di tahun 2021. Simak hingga tuntas, ya.

1. Kementerian Pertahanan (Kemhan RI)

Kementerian Pertahanan atau Kemhan merupakan salah satu institusi yang disebutkan secara eksplisit dalam Rancangan Undang-Undang Dasar 1945. Lembaga ini tidak dapat diubah atau dibubarkan bahkan oleh Presiden.

Meski tidak banyak jabatan yang bisa diisi lulusan SMA, tetapi sebaiknya jangan sia-siakan kesempatan ini. Terdapat dua jabatan yang dibuka tahun 2021, di antaranya adalah Pengemudi Ambulans dan Pemula-Kataloger.

Untuk tahun 2023, sebaiknya terus pantau perkembangan info selanjutnya. Sebab, bisa jadi jabatan yang bisa diisi lebih banyak lagi.

2. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Lembaga yang kini dipimpin oleh Yasonna Laoly juga memberikan peluang bagi lulusan SMA untuk bergabung di departemennya. Sama seperti Kementerian Pertahanan, institusi ini juga membuka dua lowongan yang bisa dilamar lulusan Sekolah Menengah Atas.

Di antaranya adalah Penjaga Pertahanan dan Pemeriksa Keimigrasian. Seperti yang diketahui, posisi penjaga pertahanan bisa dijabat oleh perempuan atau laki-laki.

Oleh karena itu, jabatan tersebut sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

3. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Mengurusi bidang perhubungan hingga transportasi, ada beberapa lowongan yang bisa dilamar lulusan SMA/sederajat. Akan tetapi, jumlah yang akan dibutuhkan tahun lalu sangatlah terbatas.

Terdapat sembilan posisi di Kemenhub yang memberi peluang kerja bagi lulusan SMA. Di antaranya, Teknisi Sarana dan Prasarana Sekretariat Jenderal Kemenhub, dan Inspektorat Jenderal Kemenhub.

Kemudian, terdapat posisi Pemula-Penguji Kendaraan Bermotor, Petugas Aviation Security, Penerbang, juga Teknisi Listrik dan Jaringan. Selain itu, terdapat jabatan Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, Teknisi Peralatan Listrik dan Elektronika BPSDM, serta Pemula–Teknisi Penelitian dan Perekayasaan.

Dari total 9 jabatan kosong tersebut, jumlah pegawai baru yang diperlukan cukup bervariasi. Ambil contoh pada petugas Avsec (Aviation Security) serta Teknisi Listrik dan Jaringan, tahun lalu cukup banyak lowongannya. Bagaimana dengan 2023? Tunggu saja kabar selanjutnya, ya.

4. CPNS Apa Saja yang Boleh dari Lulusan SMA? Kementerian Pertanian Jawabannya

Data tahun lalu menunjukkan empat lowongan dibuka oleh Kementerian Perhubungan. Di antaranya adalah Perawat Ternak, Pengelola Instansi Ternak, Pemula–Teknisi Penelitian dan Perekayasaan, serta Pemula–Pemeriksa Karantina Tumbuhan.

5. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Dua jabatan kosong yang bisa dilamar lulusan sekolah menengah di seleksi CPNS apa saja, ya? Sebagai informasi, ada yang dinamakan Polisi Kehutanan.

Jabatan tersebut tidak seperti polisi yang bisa ditemui di kantor kepolisian atau di jalanan, ya. Tugas Polhut atau Polisi Kehutanan adalah menjaga eksistensi hutan, melestarikan, serta serangkaian tugas hukum kehutanan lainnya.

Bagi Anda yang tahu drama Mount Jiri, Polisi Hutan ini kurang lebih seperti perannya Jun Ji Hyun di Jirisan. Bagi perempuan tertarik melindungi penduduk hutan seperti Seo Yi Kang, posisi ini cocok buat sekalian berpetualang.

Selain itu, ada juga jabatan Pengendali Ekosistem Hutan yang bisa dilamar. Menarik, bukan?

6. Badan Intelijen Negara

Formasi jabatan yang bisa diberikan pada lulusan SMA sederajat adalah Pengadministrasi Rekam Medis dan Pramu Laboratorium. Dua posisi tersebut kemungkinan dibuka lagi tahun depan.

Menariknya, dikabarkan posisi tersebut cukup sepi peminatnya. Dengan demikian, kemungkinan persaingan di seleksi CPNS lebih longgar.

7. CPNS Apa Saja  yang Bisa Diakses Pendaftarannya? Coba ke Basarnas

Tahun 2021, Basarnas membuka cukup banyak lowongan yang terdiri dari berbagai posisi di tiap-tiap kelas. Di antaranya, Rescue, Mualim, Masinis, Markonis, Juru Mudi, Juru Minyak, Kelasi, hingga Nakhoda Kapal.

Meskipun tahun ini informasinya belum tiba, bukan salah mempersiapkan diri dengan menandai jabatan mana yang ingin dipegang. Anda bisa memantaunya di www.basarnas.go.id.

8. Kejaksaan Agung

Lowongan yang dibuka tahun 2021 di Kejaksaan Agung untuk lulusan SMA adalah Tenaga Administrasi Penanganan Perkara, dan Pengawal Narapidana. Sementara itu, untuk tahun 2022 dan 2023 informasinya masih belum jelas.

9. Badan Keamanan Kelautan (Bakamla)

Seleksi CPNS di instansi Bakamla tahun lalu juga terbilang cukup banyak. Selain itu, jabatan yang ditawarkan pun bervariasi.

Di antaranya adalah Juru Masak, Juru Mudi, Juru Mesin, Juru Motor, Kasap Deck, Oiler, Konstabel, Kelasi, Kerani, dan lainnya. Kira-kira, lowongan Bakamla tahun 2023 melalui seleksi CPNS apa saja?

10. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Masih berhubungan dengan kelautan, KKP juga biasa menginformasikan adanya lowongan yang bisa dilamar lulusan SMA. Namun, sebagian besar jabatan ini dikhususkan untuk lulusan SUPM atau Sekolah Usaha Perikanan Menengah.

Terdapat enam posisi yang tahun lalu dibuka KKP di tes Calon Pegawai Negeri Sipil. Di antaranya, Oiler, Kelasi, Juru Mudi, Operator Speedboat, Pelaksana Pemula, dan Teknisi Perikanan Budi daya.

Persiapan Menuju CPNS Apa Saja?

Selain mengetahui formasi yang tepat, calon peserta juga wajib mengetahui tentang syarat tes CPNS apa saja. Selain itu, kriteria untuk tiap-tiap CPNS apa saja, dokumen yang harus disiapkan calon CPNS apa saja, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, penting juga bagi calon peserta CPNS menyiapkan wawasan. Baik itu mengenai bidang yang dituju atau moralitas dan integritas yang dijadikan nomor satu.

Untuk mengetahui jadwal registrasi CPNS dan apa saja formasinya di tahun 2022/2023, Anda bisa memantau di masing-masing instansi. Semoga berhasil!


Leave a Comment