Apakah Formasi CPNS Pemprov Jawa Barat Tahun 2022 dan 2021 Sama?

CPNS Pemprov Jawa Barat merupakan salah satu formasi yang banyak dinantikan oleh masyarakat khususnya daerah Jawa Barat. Pendaftaran sekaligus seleksi CPNS kini menjadi perbincangan hangat di masyarakat Indonesia, terutama bagi para pekerja dan tenaga honorer.

Informasi terbaru mengenai seleksi CPNS selalu menjadi satu hal yang dinanti-nantikan oleh masyarakat. Karena CPNS ini  menjadi kesempatan terbuka bagi seluruh warga yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk menjabat sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Formasi CPNS di Provinsi Jawa Barat termasuk ke dalam 10 instansi dengan jumlah pendaftar terbanyak. Hal ini dikarenakan Provinsi Jawa Barat menyediakan banyak formasi untuk CPNS di daerahnya.


Penjelasan Lebih Lanjut CPNS Pemprov Jawa Barat

Sebelum menggali informasi lebih lanjut mengenai CPNS Pemprov Jawa Barat, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu definisinya. CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil adalah pegawai yang telah dinyatakan lulus seleksi penerimaan tahap pertama.

Sesuai dengan namanya, CPNS merupakan calon sehingga belum berkewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ketika berstatus sebagai CPNS, kinerja dan kompetensi Anda akan dinilai berdasarkan formasi saat dinyatakan lulus seleksi CPNS.

Sebelum resmi berstatus menjadi CPNS, tentu Anda harus melalui berbagai tahapan seleksi hingga dinyatakan lulus pada tahapan akhir. Jika belum memenuhi persyaratan kelulusan akhir seleksi, maka peserta dapat dinyatakan tidak lulus dan dapat mengikuti seleksi selanjutnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan penjelasan resmi mengenai penempatan peserta lulus CPNS yang belakangan ini ramai di media sosial. Ramainya pemberitaan mengenai penempatan peserta lulus CPNS yang dikabarkan akan diacak menjadi pertanyaan bagi masyarakat.

Terkait hal itu, BKN mengkonfirmasi bahwa peserta yang dinyatakan lulus seleksi tahap akhir CPNS akan ditempatkan sesuai dengan pilihan peserta. CPNS bisa ditempatkan di pusat maupun daerah sesuai dengan pilihannya.

Penempatan tingkat daerah terdiri dari pemerintahan provinsi dan kabupaten atau kota. Setiap pembukaan pendaftaran seleksi CPNS selalu disambut hangat oleh masyarakat yang dibuktikan dengan jumlah pendaftar yang semakin meningkat.

Salah satu pemerintahan daerah provinsi yang memiliki jumlah pendaftar terbanyak yaitu Jawa Barat. Apabila dinyatakan lulus seleksi, CPNS Pemprov Jawa Barat akan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di wilayah provinsi Jawa Barat.

Kuota dan Formasi CPNS Pemprov Jawa Barat 2022, Apakah Sama dengan 2021?

Alokasi formasi CPNS pada tahun 2022 tentunya bisa saja sama atau berbeda dengan tahun 2022.  Pemprov Jawa Barat menyediakan lowongan yang cukup banyak. Ada sebanyak 540 formasi yang dibutuhkan untuk dibagi menjadi tiga tenaga formasi yang berbeda.

Dari 540 jumlah formasi total, 173 formasi dibagi menjadi tenaga kesehatan dan 367 formasi tenaga teknis. Formasi ini terbuka untuk lulusan pendidikan mulai dari SMAsederajat, D3, D4, S1, dan S2.

Berikut merupakan rincian formasi CPNS 2021 yang dibutuhkan untuk kelengkapan Pemprov Jawa Barat. Mungkin bisa menjadi acuan penerimaan di tahun 2022.

1. Pranata Teknologi Informasi Komputer

CPNS Pemprov Jawa Barat tahun 2021 membuka satu formasi pranata teknologi informasi komputer untuk kualifikasi D3 Komputer. CPNS formasi ini akan bertanggung jawab penuh dalam bidang sistem informasi berbasis komputer.

Penempatan unit kerja untuk formasi ini yaitu sebagai asisten administrasi atau biro hubungan masyarakat dan protokol. Selain itu, formasi ini juga berkesempatan untuk ditempatkan di bagian pelayanan media dan informasi serta sub bagian pelayanan informasi.

2. Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi

Pada tahun 2021, dibutuhkan satu formasi untuk memenuhi formasi sebagai penyusun bahan informasi dan publikasi. Kualifikasi pendidikan untuk menempati formasi ini adalah lulusan S1 Komunikasi.

Penempatan unit kerja formasi ini yaitu Asisten Administrasi, Biro hubungan Masyarakat dan Protokol, dan Bagian Publikasi. Selain itu juga bisa ditempatkan pada unit kerja lain seperti Peliputan dan Dokumentasi atau  Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi

3. Analisis Program Pembangunan

Formasi untuk CPNS Analisis Program Pembangunan pada tahun 2021 hanya membuka untuk satu formasi saja. Bidang ini akan bertanggung jawab dalam perencanaan program, pengendalian, hingga evaluasi pembangunan daerah.

Kualifikasi pendidikan untuk formasi analisis program pembangunan terbuka untuk berbagai bidang pendidikan. Diantaranya yaitu S1 Administrasi Publik, S1 Ekonomi, S1 Administrasi Negara, dan S1 Kebijakan Publik.

Untuk penempatan unit kerja dormasi ini yaitu sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Biro Perekonomian, dan bagian Sarana Perekonomian. Selain itu, bidang formasi ini juga bisa ditempatkan pada unit kerja sub bagian Bina Marga Tata Ruang dan Perhubungan.

4. Ahli Pertama Assessor SDM Aparatur

Untuk formasi Ahli Pertama Assessor SDM Aparatur tahun ini menyediakan formasi yang cukup banyak. Tersedia 8 formasi pada bidang ini dengan kualifikasi pendidikan S1 Psikologi.

Penempatan unit kerjanya yaitu pada Badan Kepegawaian Daerah, Bidang Pengembangan Karir, atau Sub bidang Pemetaan Kompetensi dan Kinerja ASN.

5. Analisis Angkutan Laut

Untuk memenuhi formasi ini disediakan 4 formasi dengan beberapa kualifikasi pendidikan yang berbeda. Terdapat lima kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan diantaranya adalah S1 Transportasi Laut dan D4 Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan.

Dua kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan lainnya D4 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan dan D4 Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan. Selain itu, formasi ini juga bisa ditempati lulusan pendidikan S1 Manajemen Transpor Laut.

Penempatan unit kerja untuk formasi ini yaitu pada Dinas Perhubungan atau Bidang Transportasi Laut dan Angkutan Sungai dan Penyeberangan. Selain itu juga dapat ditempatkan pada unit Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan.

Baca Juga: CPNS LKPP, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Pendaftaran CPNS Pemprov Jawa Barat 2022

Jumlah alokasi CPNS setiap daerah per tahunnya memiliki perbedaan. Jawa Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menyediakan lowongan CPNS terbanyak.

Pada tahun 2022, pemerintah belum memberikan pengumuman lebih lanjut terkait kuota dan formasi CPNS daerah Jawa Barat. Jadwal pendaftaran CPNS 2022 sendiri belum dipastikan secara detail meskipun pelaksanaannya sudah masuk dalam anggaran belanja pemerintah.

Seperti yang sudah diketahui, pemerintah sempat membuka pendaftaran bagi CPNS pada tahun 2021 lalu. Hal itu membuat banyak orang masih bertanya-tanya terkait pendaftaran CPNS 2022 ini.

Menanggapi kabar yang beredar mengenai pembukaan CPNS 2022, BKN menegaskan bahwa tahun 2022 tidak diselenggarakan pendaftaran CPNS. Dengan demikian, pembukaan pendaftaran CPNS untuk daerah Jawa Barat juga tidak diadakan pada tahun 2022 ini.

Alasan dibalik ketiadaan penerimaan CPNS tahun ini adalah pemerintah yang tengah berfokus pada tenaga honorer di daerah-daerah agar cepat terselesaikan. Permasalahan terkait tenaga honorer ini ditargetkan selesai sebelum 23 November 2023.

Tenaga honorer yang akan diangkat menjadi status PPPK disini tidak hanya berasal dari profesi guru saja. Pengangkatan ini juga mencakup tenaga kesehatan seperti perawat, bidan, dokter, dan tenaga penyuluh.

Demikian informasi mengenai CPNS Pemprov Jawa Barat yang kebetulan pada tahun 2022 ditiadakan karena berfokus pada tenaga honorer daerah. Informasi ini dapat menjadi gambaran bagi Anda apabila nantinya dibuka pendaftaran di tahun berikutnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran CPNS Pemprov Jawa Barat Anda dapat mengunjungi laman https://bkd.jabarprov.go.id. Terus ikuti kelanjutan informasi terbaru dan jangan sampai ketinggalan.


Leave a Comment