Alur Pendaftaran CPNS BPK RI: Syarat Hingga Cara Daftar

Badan Pemeriksa Keuangan menjadi salah satu lembaga pemerintahan yang membuka lowongan dengan sistem seleksi CPNS, yakni CPNS BPK. Setiap tahun, instansi yang memiliki tugas sebelas dua belas dengan Kemenkeu itu memberikan formasi yang berbeda-beda, menyesuaikan kebutuhan.

Tahun ini, kabar CPNS yang belum terdengar sedikit pun menjadikan banyak orang bertanya-tanya, apakah seleksi tersebut tidak akan diselenggarakan? Bagi Anda yang belum tahun, Menpan RB, Tjahjo Kumolo, telah membantah hal tersebut dan mengatakan CPNS tetap dibuka.

Hal tersebut tentu kabar gembira, bukan? Namun, penting diketahui bahwa registrasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, khususnya CPNS BPK, tahun ini memakai skema sekolah kedinasan.


Sistem ini digunakan untuk lebih memperluas kesempatan kerja bagi lulusan sekolah kedinasan yang punya keterikatan dengan instansi tertentu. Jadi, jika Anda bukan lulusan PTK, bisa mendaftar di tahun depan dengan formasi yang pasti.

Meski pendaftaran seleksi 2022 belum pasti dan 2023 dikatakan akan dibatasi, mempersiapkan diri untuk registrasi tidak akan menjadikan rugi. Jadi, jangan lama menunggu, yuk, bersiap!

Cara Registrasi CPNS BPK RI

Berikut merupakan rangkuman singkat mengenai alur pendaftaran dan syarat mengikuti tes CPNS BPK. Simak sampai tuntas, ya.

1. Syarat Mendaftar Tes CPNS di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia

Secara umum, berkas yang harus disiapkan sebelum melamar lowongan di instansi ini relatif sama dengan instansi lainnya. Cukup siapkan soft file dalam bentuk pdf, kecuali pas foto, dengan ukuran masing-masing maksimal 500 kb.

Berkas-berkas itu di antaranya, scan ijazah terakhir atau penyetaraan (bagi lulusan luar negeri), Kartu Tanda Penduduk, dan transkrip nilai. Untuk pas foto, pastikan Anda menyiapkan yang terbaru dengan gaya formal dan berlatar belakang merah.

Jangan sampai Anda salah dalam berfoto, karena pada penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya, kesalahan dalam berfoto bisa menyebabkan ditolak secara administrasi. Misalnya latar belakang tidak merah atau saat berfoto tidak sesuai tata cara gaya formal.

2. Syarat Khusus bagi Cumlaude, Disabilitas, dan Putra-putri Papua

Sebagaimana persyaratan di seleksi administrasi insitusi lainnya, BPK RI juga menyediakan formasi khusus bagi ketiga klasifikasi di atas. Yang pertama, untuk pelamar tes CPNS BPK sebagai peserta dengan pujian atau nilai cumlaude, wajib menyertakan lampiran akreditasi PTN.

Selain itu, program studi yang dipilih juga diharuskan terakreditasi A atau unggul. Kedua, syarat khusus bagi penyandang disabilitas adalah surat keterangan disabilitas.

Surat pernyataan tersebut dapat diunduh di laman registrasi CPNS BPK, kemudian wajib ditandatangani oleh dokter. Dalam keterangan tersebut, dokter diminta menyebutkan jenis dan tingkat disabilitas yang disandang peserta.

Pastikan tanda tangan berada di atas materai 10.000. Terakhir, pelamar disabilitas harus menyertakan video kegiatannya saat melakukan pekerjaan yang dilamarnya di instansi BPK RI.

Send record tersebut dalam bentuk link yang dapat diakses panitia penyelenggara CPNS. Ketiga, untuk pelamar dengan kriteria putra-putri Papua, wajib menyertakan surat keterangan penduduk asli Papua.

Pernyataan tertulis dapat didownload di portal CPNS BPK, kemudian ditandatangani oleh Kepala Desa/Suku di Papua dan Papua Barat.

3. Wajib Menandatangani Pernyataan Penting CPNS BPK RI

Selain dokumen yang disebutkan di atas, setiap pelamar instansi diharuskan mendatangani surat pernyataan 5 poin. Di antara poin-poin tersebut, yang pertama adalah tidak pernah dipidana dengan hukuman penjara berdasar putusan pengadilan karena melanggar hukum.

Selanjutnya, bukan mantan pegawai yang diberhentikan secara hormat atau tidak hormat dan bukan kemauan sendiri. Dalam hal ini, CPNS, PNS, prajurit tentara, anggota kepolisian, atau karyawan swasta saja, termasuk dalam maksud pegawai di atas.

Yang ketiga, peserta bukan Calon PNS, PNS, atau calon praja. Keempat, peserta bukan anggota atau pengurus organisasi politik, dan tidak akan bergabung baik sebelum atau setelah CPNS berlangsung.

Terakhir, bersedia ditempatkan di wilayah mana pun, sesuai permintaan instansi. Pernyataan diberikan materai 6000.

Selain itu, dokumen yang tak kalah penting adalah surat lamaran. Pastikan surat ditujukan kepada kepala BPK RI, sebab itu bisa jadi menentukan kealpaan memenuhi persyaratan administrasi.

4. Cara Daftar Seleksi CPNS Badan Pemeriksa Keuangan

Supaya terdaftar sebagai calon peserta, pelamar diminta mengisi dua tahapan pendaftaran. Yang pertama, registrasi akun SSCASN.

Caranya, masuk ke portal www.sscasn.bkn.go.id setelah BKN menginformasikan pembukaan seleksi CPNS. Kemudian, buat akun menggunakan email, NIK, Nomor KK, dan beberapa identitas diri lainnya.

Selanjutnya, calon peserta akan diminta mengunggah swafoto dan scan KTP. Selanjutnya, calon peserta diharuskan melengkapi data pribadi untuk melamar ke instansi yang dituju.

Pelamar hanya diperbolehkan memilih satu jabatan dan satu jenis instansi. Tentukan formasi posisi yang akan dilamar dengan menyesuaikan pendidikan yang ditempuh, serta kemampuan yang dimiliki.

Selanjutnya, upload dokumen sebagaimana disebutkan di poin sebelumnya, dan pastikan mengecek sampai benar-benar yakin tidak ada kesalahan. Jika sudah benar, klik “kunci data” kemudian “cetak bukti pendaftaran”.

5. Kriteria Umum Pelamar  CPNS BPK RI

Untuk diketahui, terdapat kriteria pelamar yang dijadikan acuan diterima tidaknya seorang peserta CPNS. Di antaranya, pelamar berusia 19 hingga 30 tahun, dinyatakan sehat jasmani dan rohani, serta berketuhanan Yang Maha Esa.

Berprestasi di bidang akademik, dibuktikan dengan nilai IPK untuk umum minimal 2,80 sementara untuk cumlaude minimal 3,00. Melengkapi persyaratan administrasi selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya.

Mengetahui Syarat dan Cara Daftar Seleksi Calon PNS BPK RI

Sebagai lembaga yang memiliki tugas dan wewenang bersifat independen, BPK punya tanggung jawab yang sangat besar. Berada di bawah aturan DPR yang sekaligus mengatur Undang-Undang, anggota BPK RI juga diwajibkan bersumpah sesuai agama masing-masing.

Sebagaimana diketahui, tugasnya yang mengatur segala aktivitas perbendaharaan negara, besar kemungkinan beberapa orang memanfaatkan hal tersebut. Namun, semoga Anda yang tertarik pada lowongan dengan sistem CPNS BPK, mampu mengemban amanah pemerintah sekaligus rakyat dengan sebaik-baiknya.

Demikianlah ulasan mengenai syarat-syarat dan cara daftar CPNS Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Semoga terbantu dan bisa maju ke tahap seleksi berikutnya hingga menjadi ASN yang paham akan tugas dan tanggung jawabnya.


Leave a Comment