Aturan CPNS ESDM PDF: Cara Cek Passing Grade Materi SKB

Setiap informasi mengenai rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil, selalu diterbitkan dalam surat secara online, seperti CPNS ESDM PDF. Karena itu, bagi Anda yang tertarik mengikuti seleksi CPNS, penting mengetahui beberapa hal penting mengenai pengadaan lowongan CPNS.

Di antaranya, situs milik instansi yang dituju atau bahkan media sosial resminya, portal dan ketentuan pendaftaran, dan lain sebagainya. Berikut merupakan informasi mengenai hal-hal yang wajib diketahui sebelum mendaftar CPNS ESDM.

Apa Saja Info di Data CPNS ESDM PDF?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral selalu berkontribusi dalam pengadaan sistem lowongan CPNS. Bagi yang ingin mendapat peluang lebih besar menjadi bagian ASN, bisa mencoba mengikuti CASN untuk KESDM dengan menyesuaikan kualifikasi. Selengkapnya di bawah ini!


1. CPNS ESDM

Sebelum yakin mendaftar di Kementerian ESDM, ada baiknya Anda mengetahui apa itu CPNS ESDM terlebih dahulu. Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian ESDM adalah WNI yang terpilih mengikuti seleksi lanjutan untuk mengisi jabatan kosong di KESDM.

Selama masa CPNS, pegawai memang tidak akan dibebankan tugas dan tanggung jawab begitu saja. Senior akan memberi arahan pada CPNS guna menjadi pegawai yang ber-AKHLAK (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Selain senior, pimpinan instansi juga bisa jadi secara langsung mengarahkan pegawai dalam jabatan CPNS. Seperti yang dilakukan Arifin Tasrif, Menteri ESDM, pada CPNS di kementeriannya.

Selain menerapkan nilai kompetensi, pegawai juga diwajibkan memiliki moral dan etika yang baik, dan mengutamakan nilai dalam berorganisasi. Yaitu, jujur, inovatif, profesional dalam melaksanakan tugas, solidaritas dan integritas tinggi, serta sigap menangani situasi dan selalu produktif.

2. Update Info Resmi di Dokumen CPNS ESDM PDF

Berdasar pengumuman CPNS ESDM PDF beberapa waktu lalu, tahun 2022 seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil tidak diselenggarakan secara umum. Rekrutmen kali ini hanya menyasar warga negara dengan kualifikasi lulusan sekolah kedinasan.

Lebih lanjut, Menteri PAN RB telah menjelaskan bahwa seleksi CPNS umum akan kembali dibuka di tahun 2023. Namun, dengan formasi yang makin dibatasi dan makin memperketat sistem seleksi.

Mengacu pada perkiraan pengadaan seleksi CPNS 2022, beberapa anggota kementerian menyebut bahwa seleksi akan dibuka pada pertengahan tahun. Meski belum dikatakan secara resmi, tetapi Anda bisa memantau update informasinya dari situs yang dikelola langsung oleh Kementerian ESDM.

Situs resmi KESDM dapat dilihat di tautan ini https://cpns.esdm.go.id/. Aktifkan juga pemberitahuan kabar terbaru yang pasti dipublikasikan dalam bentuk CPNS ESDM PDF.

3. Ketahui Formasi yang Dibuka di Dokumen CPNS ESDM PDF

Untuk mengetahui formasi jabatan kosong yang tersedia di CPNS ESDM, kunjungi situs resmi SSCASN BKN di perangkat Anda. Kemudian, klik menu “Layanan Informasi” di pojok kanan bagian atas laman tersebut.

Klik “Info Lowongan” dan tunggu hingga memberikan beberapa opsi pengisian data. Pilih “CPNS” di kolom “Jenis Pengadaan” dan “Kementerian ESDM” di kolom “Instansi”.

Anda bisa memilih tingkat pendidikan sesuai kualifikasi atau memilih semua jenjang. Setelah itu, tekan tombol “Cari” untuk mengetahui formasi yang dibutuhkan serta kriterianya.

Selain mencari secara manual, Anda juga bisa menunggu terbitnya surat CPNS ESDM PDF setelah pendaftaran resmi diumumkan. Caranya, aktifkan notifikasi untuk setiap update terbaru dari portal SSCASN.

Anda juga bisa mendapatkan setiap kabar terbaru dari sosial media resmi, Instagram atau Twitter milik BKN atau Kementerian ESDM.

4. Pelajari Passing Grade

Walaupun tidak diatur secara gamblang mengenai poin ini di CPNS ESDM PDF, passing grade baiknya diketahui calon peserta CPNS. Dengan ini mengetahui nilai ambang batas, pelamar bisa punya motivasi lebih untuk mendapatkan nilai maksimal.

Sebagai informasi, jika tidak terdapat perubahan kembali, nilai PG tahun ini akan menerapkan Permenpan RB Nomor 1023 Tahun 2021. Yakni, 311 dengan pembagian nilai ke beberapa tes berikut.

Pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) passing grade berjumlah 116, sedangkan sisanya terdapat di Tes Intelejensi Umum (TIU) dan TWK. Untuk nilai ambang batas TIU adalah 80, sedangkan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertotal 65.

Untuk diketahui, nilai SKD keseluruhan yang bakal didapatkan peserta jika benar semua adalah 550 dari 110 soal yang tersebar. Di antaranya, 45 soal di TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK.

Untuk mengira-ngira nilai passing grade, Anda dapat mengakumulasikan setiap soal bernilai 1 sampai 5. Dengan demikian, jika dalam tes TWK hanya mendapat 18 jawaban benar, Anda tetap bisa lulus passing grade.

Perhatikan tabel berikut.

Jenis TesJumlah soalSkor per soalJawaban BenarNilai yang DidapatPassing Grade
Tes TKP45 soal535175116
Tes TIU35 soal52010080
Tes TWK30 soal5189065
 365311

Dari tabel di atas, dapat Anda lihat bagaimana cara menghitung nilai PG. Anda juga bisa mencoba menghitung dengan skor per soal yang berbeda, mulai dari 1 hingga 4 sebagaimana telah disebut.

Contohnya, saat skor TKP berjumlah 4, TIU bernilai 5, dan TWK dengan skor 4. Artinya, jumlah per tes sama dengan 140, 100, dan 72, yaitu 112.

5. Latihan dengan Materi yang Diujikan di Tes SKB

Melansir dari feed Instagram informasi seleksi CASN @cpns.asn, terdapat delapan materi utama yang perlu dipelajari calon peserta CPNS. Hal itu dapat memungkinkan peluang lolos peserta lebih besar dalam setiap seleksi.

Di antara bahasan yang pasti diujikan di Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS adalah soal psikotes, dan Tes Potensi Akademik. Selain itu, peserta juga akan diuji dengan Tes Kemampuan Bahasa Asing, Tes Kesehatan Jiwa, dan Tes Praktik Kerja.

Kemudian, peserta juga akan mendapat nilai dengan Tes Kebugaran Jasmani, Uji Penambahan Nilai dari Sertifikat Kompetensi, dan Wawancara. Ditambah lagi, akumulasi nilai pelamar jabatan kosong juga termasuk dari tes kompetensi sesuai jabatan yang dilamarnya.

Baca Juga: 10+ Contoh Soal SKB CPNS Ekonomi Pembangunan CPNS Kemenkeu

Ingin Lulus CPNS? Hindari Hal-Hal Berikut!

Beberapa hal berikut ini wajib dihindari selama pengadaan seleksi CPNS dan setelah diangkat menjadi CPNS. Dari CPNS ESDM PDF pengumuman  tentang seleksi CASN poin kesembilan, terdapat hal-hal yang sebaiknya dijauhi calon peserta CPNS.

Di antaranya, membayar pihak tertentu (calo) untuk membantu meloloskan dirinya dalam rekrutmen, sebab sistem perekrutan sepenuhnya gratis. Dengan demikian, apabila terdapat orang-orang yang memberi iming-iming dapat menjadikan peserta jadi CPNS dengan mudah, dipastikan itu penipuan.

Selain itu, hukum bagi peserta yang sengaja memberikan sesuatu dalam bentuk apa pun sehingga dirinya lulus seleksi telah diatur. Tepatnya dalam peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan pengadaan CASN Kementerian ESDM.

Hal yang perlu dihindari selanjutnya adalah mengabaikan informasi terbaru mengenai seleksi CPNS atau bahkan hanya membaca sekilas. Sebagai calon peserta yang baik, Anda wajib teliti dalam membaca semua kata yang tertulis di lampiran CPNS ESDM PDF.

Dengan begitu, setiap aturan dalam penyelenggaraan seleksi dapat dipahami sebaik-baiknya. Selain itu, peserta pun akan terhindar dari kesalahan saat registrasi yang bisa mengecilkan kesempatan lolos.

Jika sudah dinyatakan lulus di tiap-tiap tahapnya, sebaiknya jangan mengundurkan diri, sebab untuk mencapai tahap itu tentu tidaklah mudah. Di sisi lain, terdapat sanksi yang menjadikan keputusan mengundurkan diri sebaiknya dihindari.

Salah satu yang tertulis di CPNS ESDM PDF adalah tidak bisa mengikuti seleksi berikutnya, atau bahkan didenda puluhan juta. Untuk itu, Anda diimbau untuk selalu membaca dan mengupdate informasi serta mengikuti setiap aturan yang ada dalam seleksi.

Selain dalam seleksi, pahami juga Peraturan Pemerintah (PP) yang ada. Seperti PP Nomor 94 Tahun 2021, yang tidak hanya berlaku untuk PNS, tetapi juga CPNS.

Demikianlah ulasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan yang tertera CPNS ESDM PDF serta beberapa lainnya. Semoga bermanfaat dan menjadi bagian instansi yang amanah.


Leave a Comment