Bahan Pertimbangan untuk Daftar CPNS Kementerian Perindustrian

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang PNS, tapi masih bingung untuk mendaftar ke kementerian mana, artikel yang akan membahas mengenai CPNS Kementerian Perindustrian ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.

Info Penting untuk CPNS Kementerian Perindustrian

Hal pertama yang membuat Anda harus mempertimbangkan untuk masuk kementerian ini adalah banyaknya fasilitas yang akan didapat seorang calon pegawai negeri sipil kementerian Perindustrian.

Banyak sekali orang yang ingin menjadi pegawai negeri sipil dikarenakan jumlah gaji utama, tunjangan kinerja atau biasa disebut (TUKIN), dan segala fasilitas yang disediakan.


Besaran Gaji

Gaji yang ditawarkan bagi para CPNS Kementerian Perindustrian dimulai dari Rp2.531.250,00 untuk tingkat kelas jabatan pertama, dan Rp3.240.000,00 untuk kelas jabatan tujuh belas.

Selain gaji utama tersebut yang membuat banyak orang tergiur untuk mendaftar menjadi CPNS Kementerian Perindustrian, ada juga beberapa keuntungan lainnya yang tidak kalah menggiurkan untuk membuat Anda terdorong agar segera mendaftar.

Yang pertama tentu saja gaji utama, jika Anda menjadi CPNS Kementerian Perindustrian, maka bisa dipastikan pemasukan bulanan akan terpenuhi. Selain gaji, menjadi seorang aparatur sipil negara juga cenderung aman dari tindakan pemecatan dan pemotongan gaji, tapi sebaliknya, sering ada peningkatan gaji bersamaan dengan naiknya jenjang karier.

Gaji Profesi, tunjangan ini akan diberikan bersama dengan gaji utama. Uang pensiun dengan jumlah besar, uang ini akan diberikan ketiak seorang PNS sudah selesai bertugas. Uang pensiun ini akan diberikan sampai PNS tersebut wafat.

Status Sosial

Status sosial tinggi, biasanya menjadi pegawai negeri sipil dipandang sebagai orang yang status sosialnya lebih tinggi dibandingkan pekerjaan lainnya. Alasannya karena para pegawai negeri sipil bekerja langsung di lembaga pemerintahan.

Waktu luang, dimiliki hampir semua pegawai negeri sipil, termasuk PNS, para ASN biasanya mulai bekerja dari jam delapan pagi hingga jam setengah satu siang. Untuk instansi yang mewajibkan lima hari kerja.

Kemudian dari pukul delapan pagi sampai setengah satu siang juga berlaku bagi instansi yang mewajibkan enam hari kerja. Untuk instansi pusat juga daerah, selama bulan ramadan hanya memenuhi 32,5 jam dalam satu pekan.

Jika dihitung, para CPNS Kementerian Perindustrian akan menjalani waktu kerja selama tujuh sampai delapan jam dalam sehari. Dari jumlah total waktu kerja 37,5 jam dalam satu pekan.

Bagi CPNS Kementerian Perindustrian, keuntungan yang satu ini pasti juga sangat menggiurkan. Akan ada rumah dan kendaraan dinas. Tapi untuk mendapatkan keuntungan ini, CPNS Kementerian Perindustrian harus menjadi PNS resmi kemudian mendapat jabatan yang memadai.

Sama dengan kementerian lainnya, Kemenperin juga bekerja untuk membantu presiden dalam melakukan tugasnya.

Tugas yang Diemban

Dalam bertugas, kementerian perindustrian memiliki fungsi Sebagai pelaksanaan kebijakan di bidang perindustrian, penetapan dan perumusan.

Pelaksanaan bimbingan supervisi dan teknis atas dasar penyelenggaraan kebijakan dalam bidang perindustrian. Pelaksanaan pengembangan dan penelitian dalam bidang perindustrian.

Memberikan dukungan bersifat substantif untuk seluruh anggota organisasi yang ada di lingkungan kementerian perindustrian.

Pemberian dukungan administrasi juga pembinaan di lingkungan kementerian perindustrian. Mengelola aset milik negara yang menjadi tanggung jawab para anggota kementerian perindustrian.

Ragam Jabatan CPNS Kementerian Perindustrian

Selain keuntungan yang akan didapat, ada pula formasi atau jabatan yang dibuka bagi para CPNS Kementerian Perindustrian.

Analis anggaran, ahli pertama. Formasi umum dibuka bagi lulusan S1 akutansi, S1 Ekonomi Akutansi.

Analis pengelolaan keuangan APBN, ahli pertama. Formasi umum dibuka bagi lulusan S1 Manajemen, S1 Akutansi, S1 Administrasi Publik, S1 Ekonomi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Keuangan, S1 Akutansi Perpajakan, S1 Ekonomi Keuangan, dan D4 Akutansi.

Asesor manajemen mutu industri, ahli pertama. Formasi umum dibuka bagi lulusan S1 Ilmu dan Teknologi Pangan, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, S1 Teknologi Industri, S1 Teknik Elektro, Teknologi Industri, S1 Manajemen Industri, D4 Teknik Kimia, D4 Teknik Industri.

Asesor manajemen mutu industri, ahli pertama. Formasi umum dibuka bagi lulusan S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Industri, D4 Teknik Kimia, dan D4 Teknik Industri. S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Metalurgi, dan S1 Teknik Material.

Tidak hanya itu, lulusan S1 Teknologi Pangan, S1 Manejemen Industri, dan S1 Teknik Sipil juga bisa mendaftar menjadi asesor manajemen mutu industri.

Tahapan Tes CPNS

Jika tadi Anda sudah membaca keuntungan bagi para pekerja di kementerian perindustrian dan juga formasi yang ada sesuai kualifikasi pendidikan masing-masing, sekarang simaklah enam tahapan tesnya.

1. Daftar Akun

-Untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa mengakses portal SSCASN https://sscasn.bkn.go.id/

-Setelah berhasil masuk, maka buatlah akun SSCASN

-Masuk ke akun SSCASN yang telah Anda buat sebelumnya

-Lengkapi semua biodata dan unggah swafoto

2. Daftar Formasi

– Pilihlah jenis seleksi yang ingin Anda ikuti

– Pilih formasi yang sesuai dengan minat juga kualifikasi pendidikan Anda

– Unggah semua dokumen yang dibutuhkan

– Cek resume, kemudian akhiri pendaftaran

– Setelah selesai mendaftar, cetak kartu pendaftaran akun dan informasi akun

3. Seleksi Administrasi

– Ketika data Anda sudah masuk ke pusat, maka panitia akan memverifikasi data Anda

– Setelah selesai memeriksa, panitia akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi yang Anda ikuti sebelumnya

– Jika pelamar tidak lulus dapat menyanggah hasil seleksi administrasi yang diberikan

– Panitia akan mengumumkan hasil sanggahan

– Pelamar yang lulus harus melakukan cetak kartu ujian

4. Seleksi Kompetensi Dasar atau tes SKD

– Pelamar harus melaksanakan ujian seleksi kompetensi dasar terlebih dahulu

– Jika sudah selesai, maka akan dilanjut dengan panitia yang mengumumkan hasil seleksi kompetensi dasar

– Pelamar yang lulus dapat kembali melanjutkan proses ke tahap berikutnya, yaitu ujian seleksi kompetensi bidang

5. Seleksi Kompetensi Bidang atau Tes SKB

– Pelamar yang lulus sebelumnya akan melaksanakan ujian seleksi kompetensi bidang

– Sepertinya sebelumnya, maka panitia akan mengumumkan hasil seleksi kompetensi bidang setelah setelah memeriksa

6. Pengumuman Kelulusan

– Panitia akan mengumumkan hasil dari tes SKD dan SKB

– Pelamar yang tidak lulus, seperti sebelumnya dapat menyanggah hasil tes SKD dan SKB

– Panitia kemudian akan mengumumkan hasil sanggah tes SKD dan SKB (pengumuman ini tidak dapat diganggu gugat atau memiliki sifat mutlak)

– Pelamar yang lulus bisa segera melakukan pemberkasan

Tahapan tes ini bisa memakan waktu dari bulan Juni sampai dengan bulan Desember. Kenapa begitu lama? Tentu saja karena para pelamar harus dipilih dengan cermat untuk kebaikan bersama kedepannya.

Para CPNS Kementerian Perindustrian yang diterima masih harus menjalani serangkaian hal sebelum benar-benar bisa bekerja dengan sebaik mungkin untuk bisa lulus menjadi seorang PNS.

Baca Juga: Cara Daftar CPNS Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika

Simpulan Pembahasan Tentang CPNS Kementerian Perindustrian

Seperti yang telah dijabarkan di atas, diharapkan pertanyaan-pertanyaan Anda mengenai Kementerian Perindustrian dapat terjawab. Oleh karena itu, pastinya menjadi PNS di Kementerian Perindustrian adalah pilihan yang patut dipertimbangkan oleh Anda sekalian.

Untuk informasinya lebih lengkap mengenai kementerian perindustrian, Anda bisa langsung mengunjungi web resmi milik kementerian perindustrian yang bisa dibuka melalui Smartphone Anda.


Leave a Comment