Banyak CPNS Kemenkumham Mundur, Ini Kerugian yang Didapat

CPNS Kemenkumham merupakan suatu wadah tempat segala sanksi diputuskan. Namun sayangnya di proses seleksinya, ada beberapa orang yang mundur pada tahun 2022 ini. Padahal, jika mereka mengambil kesempatan di kementrian tersebut, banyak sekali keuntungan yang diperoleh. Mulai gaji, tunjangan, dan tabungan di hari tua. Yuk simak aneka ulasan seputar seleksi tersebut di bawah ini.

CPNS Kemenkumham Sebagai Bagian Penting Negara

Hukum merupakan suatu hal yang harus ditegakkan pada segala tempat sehingga kehidupan bisa berjalan dengan penuh keadilan. Hal ini tentu memerlukan suatu lembaga atau tempat untuk menyelenggarakan segala proses yang berlangsung di dalamnya.

Lembaga tersebut harus memiliki badan pelindung yang kuat yang bersikap netral dan tidak memihak. Keberpihakan kepada salah satu pihak akan membuat terjadinya keretakan baik terhadap keadilan maupun hubungan yang tidak baik.


Indonesia memiliki suatu lembaga bertugas mengatur jalanya aturan yang telah ditetapkan akan dijalankan sebagaimana seharusnya. Lembaga tersebut dikenal dengan nama Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau sering disingkat dengan Kemenkumham.

Pegawai yang bertugas di kantor tersebut dan melakukan kewajiban melayani dinamakan CPNS Kemenkumham. Para petugas ini sudah melewati berbagai seleksi sehingga bisa menjadi salah satu pekerja di kantor pemerintahan tersebut.

Kantor Kemenkumham merupakan pengatur hukum dan keadilan paling tinggi di Indonesia. Kementerian tersebut membawahi beberapa departemen yang mengatur jalannya hukum dari daerah hingga ke pusat.

Setiap lembaga pemerintahan selalu melakukan perekrutan terhadap pegawai baru. Hal ini karena kebutuhan pegawai yang masih belum mencukupi pada bidang tersebut.

Peserta yang dibutuhkan mulai dari lulusan SMA hingga perguruan tinggi memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di sana. Tahun 2021, Kemenkumham juga membuka peluang bagi siapa saja yang mengikuti tes calon pegawai negeri sipil.

Lembaga ini menyediakan berbagai gaji dan tunjangan yang menarik jika Anda lulus seleksi. Sayangnya, Terdapat peserta yang dinyatakan lulus mengundurkan diri setelah dipastikan bisa bekerja di sana. Jumlah peserta yang mengundurkan diri dari kementerian tersebut ada 2 orang.

Besaran Gaji dan Tunjangan serta Fasilitas CPNS Kemenkumham

CPNS Kemenkumham merupakan suatu tempat dimana hukum dan undang-undang peradilan dirumuskan. Lembaga tersebut memiliki wewenang yang sah dalam menentukan segala hukuman bagi tersangka yang bersalah.

Hukuman tersebut tentu diberikan setelah melewati segala persidangan dengan menghadirkan saksi terpercaya dan pihak pengacara dan pembela. Hak asasi setiap warga negara harus dipenuhi sehingga menghasilkan masyarakat yang beradab dan taat pada aturan berlaku.

Lembaga ini juga bertugas menangani masalah imigrasi dengan pihak luar negeri dan lembaga kemasyarakatan. Hak asasi setiap warga negara juga diatur dalam undang-undang lembaga tersebut.

CPNS Kemenkumham memiliki fungsi sangat beragam tergantung tugas yang diembannya. Menurut pasal 144 dan 143 lembaga tersebut bertugas melakukan perumusan, penetapan, dan pengatur kebijakan HAM dan keadilan di Indonesia.

Pengelolaan barang milik negara serta pengawasan dan pelaksanaan keadilan merupakan campur tangan lembaga tersebut. Fungsi selanjutnya adalah melakukan bimbingan teknis dan melakukan supervisi secara berkala baik skala nasional maupun daerah.

Wewenang Kemenkumham adalah menyiapkan bahan atau rumusan RUU tentang HAM. Pengelolaan keimigrasian dan lembaga kemasyarakatan juga termasuk dalam lingkup kerja kantor tersebut.

CPNS Kemenkumham memiliki gaji dan tunjangan yang memadai. Adapun besaran gaji, tunjangan, dan fasilitas yang diterima CPNS Kemenkumham sebagai berikut:

1.  Gaji Pegawai

Pegawai negeri sipil memiliki besaran gaji yang hampir setara pada setiap kementerian. Hal ini karena yang memberikan atau membayar gaji pokok tersebut adalah pihak pemerintah pusat.

Perbedaannya adalah pada tunjangan yang diterima kantor ini memiliki anggaran yang lumayan besar. Lembaga pemerintahan ini menerima pegawai mulai lulusan sekolah menengah atas hingga sarjana.

Kelompok paling rendah pada struktur Kemenkumham adalah pekerjaan sipir penjara yang merupakan lulusan SMA. Kelompok tersebut dimasukkan pada kategori golongan II dengan pembagian II A, II B, II C, dan II D.

Golongan II A mendapatkan gaji sebesar Rp2 juta hingga Rp3.3 juta. Golongan II B minimal gaji pokok yang diterima berkisar Rp2.2 juta hingga Rp3.5 juta.

Sedangkan golongan II C mendapatkan gaji sebesar Rp2.3 juta hingga Rp3.6 juta. Terakhir golongan II D mendapatkan nominal Rp2.3 juta hingga Rp2.8 juta.

Besaran gaji untuk lulusan D3 dibayarkan dengan jumlah terkecil Rp2.3 juta dan maksimal mencapai Rp3.8 juta. Gaji bagi CPNS masih 80 % karena belum 100 % menjadi pegawai tetap.

Lulusan sarjana mendapatkan jumlah gaji yang lebih tinggi pada kategori III yang terbagi III A hingga III D. Golongan III A akan mendapatkan nominal mulai dari Rp2.5 juta hingga Rp4.2 juta.

Golongan III B besaran gajinya mulai Rp2.6 juta hingga Rp4.4 juta. Sedangkan golongan III C dan D mendapatkan minimal Rp2.8 juta hingga Rp4.7 juta.

2.  Tunjangan Kerja CPNS Kemenkumham

Dalam Kemenkumham ada tujuh belas jabatan mulai dari posisi tertinggi hingga terendah. Besaran tunjangan yang diterima juga akan berbeda antara satu jabatan dengan jabatan lainnya.

Peraturan ini bisa anda baca dalam peraturan presiden nomor 33 tahun 2017 yang telah mengatur semua hal tersebut. Jabatan tertinggi dipegang oleh kelas jabatan 17 yang memiliki tunjangan hingga Rp33 juta.

Golongan 16 dan 15 mendapatkan tunjangan sebesar Rp27 juta hingga Rp17 juta. Golongan selanjutnya akan mendapatkan tunjangan mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 juta untuk tingkatan paling rendah.

3.  Tunjangan Makan

Pada kementrian ini juga memberikan tunjangan makan dengan hitungan per harinya. Anda tidak perlu memikirkan makan selama bekerja karena sudah ada anggarannya.

4.  Tunjangan Anak

Dana tunjangan selanjutnya yang diperoleh oleh pegawai negeri sipil adalah tunjangan anak. Tunjangan anak biasa dalam bentuk jaminan kesehatan selama orang tuanya bekerja pada kantor tersebut.

5.  Tunjangan Keluarga

Kemenkumham juga memberikan tunjangan keluarga dengan beberapa orang anak. Hal ini tentu sangat menguntungkan dan meringankan beban tanggungan Anda.

Baca Juga: Siap-siap! Catat Jadwal SKD CPNS 2022 Agar Tak Ketinggalan

6.  Tunjangan Jabatan

Setiap tempat yang memberikan pekerjaan akan memberikan kesempatan mengembangkan karir semakin menanjak. Semakin besar jabatan yang Anda miliki maka tunjangan jabatan yang diperoleh akan lebih tinggi.

CPNS Kemenkumham merupakan lembaga sah milik pemerintah yang tugasnya mengatur jalannya keadilan di Indonesia. Lembaga ini juga bertugas menjalankan pengawasan pada bidang kemasyarakatan dan imigrasi.

Pengunduran dua orang calon pegawai pada kementerian ini tahun 2021 sangat disayangkan karena sangat merugikan berbagai pihak. Alasan peserta mulai dari hilang motivasi, kecilnya gaji, serta tunjangan yang tidak sesuai prediksi.

Kantor ini padahal banyak menyediakan berbagai tunjangan selain gaji pokok. Tunjangan yang diberikan seperti tunjangan anak, jabatan, keluarga, dan makan. CPNS Kemenkumham merupakan pegawai hukum yang selalu taat akan segala peraturan keadilan di tempat kerjanya.


Leave a Comment