Besaran Gaji, Tugas dan Struktur Organisasi CPNS Kemenhub

CPNS Kemenhub adalah Calon Pegawai Negeri Sipil dari departemen pemerintahan yang mengurus masalah transportasi dan lalu lintas. Kelancaran arus lalu lintas, kecelakaan, serta tata cara berkendaraan dengan baik diatur oleh dinas perhubungan.

Seputar CPNS Kemenhub

Manusia sebagai makhluk sosial tentu sangat tidak asing dengan orang lain di sekelilingnya. Manusia memerlukan interaksi untuk mengeluarkan segala unek-unek, melakukan pekerjaan, dan membantu antara satu dengan lainnya.

Interaksi tersebut membuat manusia harus terhubung antara satu dengan lainnya untuk saling bekerjasama. Interaksi bisa terjadi antara keluarga maupun teman ataupun manusia lain di sekitar rumah Anda.


Anda akan menggunakan transportasi dalam melakukan perjalanan untuk berhubungan dengan orang lain. Transportasi yang bisa dipergunakan sangat beragam seperti kendaraan darat, laut, dan udara.

Adapun transportasi darat banyak dipakai adalah sepeda, motor, mobil, bus, dan angkutan umum. Transportasi udara yang biasa digunakan adalah pesawat terbang dan helikopter.

Sedangkan, transportasi laut sering dipergunakan penumpang adalah kapal laut. Semua alat transportasi tersebut masuk dalam urusan perhubungan yang mengatur jalan masuk dan arus keluar suatu tempat.

CPNS Kemenhub merupakan pegawai yang bekerja pada lembaga perhubungan dan mengatur lalu lintas serta kendaraan bermotor. Pegawai pada lembaga tersebut berstatus sebagai pegawai negeri sipil dengan gaji pokok setiap bulan.

Kementrian ini juga memiliki wewenang mengeliminasi kendaraan tak layak pakai untuk tidak dipergunakan lagi. Kendaraan umum sudah dalam kondisi tua sangat membahayakan keamanan penumpang karena sudah tidak layak pakai lagi.

Pegawai pada dinas perhubungan ada juga yang bekerja hanya dalam kurun waktu tertentu dengan syarat berlaku. Pekerja tersebut mengikuti seleksi masuk dengan perjanjian kerja sebelumnya.

Aturan tersebut hanya berlaku untuk urusan dalam institusi karena keperluan armada yang banyak. Jadi, siapapun bisa melamar menjadi pegawai lembaga dishub selama memenuhi aturan  berlaku seperti memiliki ijazah sarjana dan usia minimal 20 tahun.

Besaran Gaji, Tugas, Misi Kemenhub

CPNS Kemenhub memegang peran penting dalam memperhatikan kelancaran lalu lintas dengan menyediakan kendaraan terbaik. Pemerintah sangat memperhatikan kenyamanan rakyat dalam berkendara di ruang public.

Jadi, pemerintah membentuk suatu kementerian tersendiri yang mengatur transportasi public. Pemerintah mengharapkan masyarakat nyaman menggunakan angkutan umum sehingga ketertiban masyarakat bisa tercipta dengan baik.

CPNS Kemenhub dipimpin oleh seorang menteri perhubungan dengan banyak jajaran membantu kerjanya. Menteri perhubungan mendapatkan mandate langsung dari pemimpin negara untuk mengurusi masalah transportasi negeri ini.

Semakin paham seorang pemimpin akan jalur perhubungan antar kota maka kebijakan yang diciptakan akan semakin baik. Adapun tugas, misi, visi, dan besaran gaji CPNS Kemenhub sebagai berikut.

1. Tugas dan Fungsi

Kementerian perhubungan bertugas membantu tugas pemimpin negara menangani masalah transportasi. Tugas utamanya adalah mengatur sistem perhubungan negeri ini bisa berlangsung dengan baik.

Transportasi adalah hal penting yang harus diperhatikan karena manusia membutuhkan informasi atau alat untuk berpindah tempat. Kementerian perhubungan bertugas menjalankan sistem transportasi dengan baik sehingga tersedia setiap saat ketika diperlukan.

Fungsi kementerian perhubungan pertama adalah merumuskan kebijakan dalam bidang transportasi public. Lembaga bertugas mengeluarkan peraturan dan kebijakan yang harus dipatuhi ketika menggunakan kendaraan umum.

Aturan untuk kendaraan lainnya juga bisa Anda pelajari dengan menghafal rambu-rambu lalu lintas yang tertera pada jalan. Tugas kedua dinas ini adalah mengelola barang milik negara sehingga bisa dipakai untuk kepentingan umum.

Barang milik negara seperti bus gratis yang disediakan pemerintah untuk mengantar anak-anak sekolah. Ketiga, yaitu melakukan pengawasan terhadap tugas yang telah ditetapkan pada lingkungan perhubungan.

Keempat adalah memberikan bimbingan teknis atau supervisi ke daerah atau cabang yang masuk dalam jajaran Kemenhub. Tugas kelima yakni melakukan kegiatan teknis yang berskala nasional maupun internasional.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan informasi tentang kinerja Kemenhub Indonesia di mata dunia.

2. Struktur Organisasi

CPNS Kemenhub memiliki banyak bagian yang bekerjasama dengannya mulai dari jabatan penting hingga paling bawah. Jabatan tertinggi dipegang oleh seorang menteri yang dibantu oleh bawahannya.

Jabatan kedua dipegang oleh sekretariat jenderal yang membawahi direktorat jenderal perhubungan darat, laut, dan udara. Ada juga bagian yang menangani transportasi kereta api yang dikenal dengan direktorat jenderal perkeretaapian.

Jabatan kedua diisi oleh inspektorat jenderal yang membawahi dua bagian penting. Bagian tersebut yaitu badan penelitian, trasportasi jabotabek dan pengebangan sumber daya masnusia perhubungan.

Pada lembaga transportasi ini juga melibatkan tenaga ahli yang kompeten. Tenaga ahli tersebut meliputi bidang lingkungan perhubungan, teknologi energi perhubungan, dan regulasi keselamatan.

Staf ahli lainnya adalah bidang multimoda dan ekonomi serta kemitraan. Staf kemitraan bertugas mencari dukungan dan menjalin kerjasama dengan pihak luar atau dalam daerah.

3. Visi Kemenhub

CPNS Kemenhub memiliki visi untuk mewujudkan pelayanan publik perhubungan menjadi handal dan bisa dipercaya. Pemerintah ingin menciptakan pelayanan untuk transportasi public menjadi nyaman dan aman digunakan dimanapun.

Visi selanjutnya adalah menciptakan daya saing tinggi dalam mewujudkan transportasi public menjadi modern dan aman. Sistem transportasi juga harus bisa memberikan nilai tambah yang positif sehingga masyarakat tertarik memakainya daripada kendaraan pribadi.

4. Misi

Selain visi penting lembaga transportasi juga memiliki misi untuk mewujudkan sistem perhubungan menjadi lebih lancar. Pertama yakni memberikan pelayanan dan sarana yang baik bagi masyarakat dalam bertransportasi.

Misi kedua adalah melaksanakan kesepakatan atau reformasi pada bagian prasarana untuk membuat sistem berjalan dengan baik. Ketiga yaitu meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap Kemenhub. Adapun misi terakhir yakni meningkatkan pelayanan jasa sehingga menambah daya jual kepada masyarakat luas.

5. Kisaran Gaji

CPNS Kemenhub mendapatkan gaji pokok setiap bulan dengan tambahan tunjangan makan, kenderaan, dan keluarga. Pegawai Kemenhub juga akan mendapatkan fasilitas rumah dan kendaraan tergantung golongan.

Pegawai negeri sipil pada lembaga ini akan memperoleh banyak keuntungan. Keuntungan yang didapatkan berupa tunjangan pensiun dan mendapatkan fasilitas kerja seperti mobil dinas.

Gaji terendah sekitar Rp1.5 hingga Rp2.3 juta diperuntukkan untuk golongan I yang lulusan sekolah menengah. Sedangkan, golongan IV para eselon memperoleh gaji berkisar Rp3.4 hingga Rp4.9 juta.

Baca Juga: Menilik Tugas dan Fungsi CPNS Kementerian ESDM Bagi Negara

Tanggung Jawab dan Integritas yang Diperlukan Jika Ingin Jadi CPNS Kemenhub

Kementerian perhubungan merupakan suatu lembaga pemerintahan yang memiliki tanggung jawab pada sistem transportasi. Menciptakan sistem perhubungan yang lancar dan tertib baik darat, laut maupun udara.

Pegawai yang bekerja pada dishub merupakan lulusan seleksi CPNS yang diadakan setiap tahun oleh pemerintah. Syarat menjadi pegawai negeri sipil diantaranya mempunyai ijazah sarjana, umur minimal 20 tahun., dan termasuk warga negara Indonesia.

Syarat lainnya adalah ada surat kesehatan jasmani, rohani, dan surat bebas narkoba. Semua itu harus dipenuhi supaya bisa mengikuti seleksi penerimaan yang diadakan.

Kementerian perhubungan memiliki visi menjadikan dishub sebagai pelayanan transportasi terbaik serta memiliki nilai saing dengan negara lain. CPNS Kemenhub akan berusaha memberikan pelayanan transportasi terbaik kepada masyarakat yang menggunakan jasanya. Agar Anda  bisa tahu lebih banyak tentang kementerian ini, maka dapat langsung membuka situs https://dephub.go.id.


Leave a Comment