CPNS Badan Keamanan Laut RI (Indonesian Maritime Security Agency)

CPNS Badan Keamanan Laut RI adalah salah satu pekerja yang dibayar negara dan bertugas melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia. Di  sini akan membahas seputar CPNS Badan Keamanan Laut RIyaitu sebagai berikut.

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Indonesian Maritime Security Agency)

Pengertian dari lembaga Badan Keamanan Laut RI yaitu sebagai berikut. Badan Keamanan Laut atau sering kita singkat BAKAMLA merupakan badan para militer negara yang mempunyai tugas untuk melaksanakan patroli keamanan. Serta keselamatan di  perairan Indonesia serta wilayah yurisdiksi maritim Indonesia.

BAKAMLA adalah lembaga pemerintah non kementerian yang mempunyai tanggung jawab pada presiden melalui dari mentri koordinator bidang politik, hukum serta keamanan. Lalu, sebelumnya BAKAMLA merupakan sebuah lembaga non struktural yang mempunyai nama badan koordinasi keamanan laut republik indonesia yang sering disingkat Bakorkamla RI ataupun Bakorkamla.


BAKAMLA ini sangat penting bagi perairan di Indonesia, mereka bertugas untuk menangkap kapal dari negara asing. Seperti pada pemerintahan ibu Susi Pudjiastuti. Selama beliau menjabat beliau sering meledakkan ataupun mengusir ribuan kapal asing yang masuk secara ilegal ke Indonesia.

Lalu selain untuk mencuri ikan, mereka  menyelundupkan narkoba, mengambil satwa yang dilindungi, dan memakai bahan bakar minyak subsidi dari Indonesia. Itu adalah salah satu yang harus diapresiasi kan dari ibu Susi Pudjiastuti, karena ibu Susi Pudjiastuti ini sudah menjaga perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia.

Bagaimana Cara Mendaftar CPNS Badan Keamanan Laut RI?

Cara mendaftar serta syarat dan dokumen untuk menjadi CPNS Badan Keamanan Laut RI yaitu sebagai berikut.

1. Mendaftar Melalui Situs Resmi Pemerintah

Pada situs resmi untuk pendaftaran  CPNS Badan Keamanan Laut RI ini dari lain-lain lembaga yaitu dari situs sscasn.bkn.go.id. Sedangkan untuk informasi ataupun pemberitahuan dan informasi Anda dapat mengaksesnya dari situs tersebut.

Yang harus Anda lakukan adalah pertama-tama Anda buka website resmi pendaftaran CPNS yaitu https://sscn.bkn.go.id/. Di sini ada berbagai informasi terkait CPNS yang akan diumumkan, jadi Anda akan selalu tahu update informasi Anda di sini.

2. Membuat Akun Peserta

Lalu Anda harus membuat sebuah akun pada  website resmi dari CPNS Badan Keamanan Laut ini. Akses pada menu registrasi website tersebut. Akun ini sangat dibutuhkan ketika Anda melakukan tahapan seleksi nantinya. Anda harus mempersiapkan NIK serta Nomor Kartu Keluarga ataupun NIK Kepala Keluarga.

Anda dapat mengakses situs resmi untuk mengetahui semua informasi secara detail serta mendaftar secara online. Dikarenakan pendaftaran ini dilakukan secara online, maka pendaftarannya tidak dipungut biaya.

Anda dapat log in ke akun menggunakan akun yang telah dibuat dengan password serta NIK, lalu lengkapi biodata diri Anda. Lalu Anda lengkapi biodata diri Anda dengan mengunggah foto KTP Anda serta memilih formasi ataupun jabatan yang Anda inginkan cetak kartu pendaftaran Anda.

Anda tidak perlu takut saat mendaftar pada CPNS Badan Keamanan Laut RIdikarena pada sebagian seleksi dilakukan secara online, dan penerimaan pada CPNS Badan Keamanan Laut RIini pun akan lebih adil dan jujur. Lalu, Anda tinggal menunggu hasil pengumuman seleksi administrasi dari pusat, di  sini Anda akan diberi pengumuman jadwal pelaksanaan tes seleksi pada CPNS. Anda akan diberi tahu soal time line dalam pengerjaan tes seleksi.

3. Menjalani Tes SKD dan SKB

Seperti pada halnya pada pendaftaran CPNS Badan Keamanan Laut RI ini instansi lainnya, dan cara pendaftaran dari CPNS Badan Keamanan Laut RI juga diawali dengan salah satu seleksi yaitu administrasi, wawasan, serta wawancara.

Selain itu ada juga tes yaitu:Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi yang Anda akan ikuti ketika Anda sudah diseleksi.

Seleksi awal ini dituju untuk mengetahui apakah para peserta sudah sesuai dengan kriteria yang diperlukan oleh Badan Keamanan Laut RI ataupun tidak. Jika tidak sesuai Anda dapat mencoba lagi tahun depan ataupun ketika lowongan dari CPNS ini dibuka kembali.

4. Mengikuti Masa Sanggah Apabila Dibutuhkan

Anda dapat melakukan sanggah dengan caranya Buka web SSACN. Lalu lakukan login, Anda klik “ajukan sanggah” pada kotak warna kuning pada bawah keterangan alasan tidak memenuhi syarat.

Anda dapat memberikan alasan sanggah Anda dari hasil seleksi administrasi pada sebuah kolom alasan sanggah, lalu perlu diketahui, sanggahan ini dilakukan untuk menyanggah hasil verifikasi instansi yang salah atau bukan dari kesalahan pelamar.

Semisal, jika jabatan analis kepegawaian dengan kualifikasi pendidikan dari beberapa jurusan, seperti administrasi negara, lalu kemudian, akan tampil form sanggah yang berisikan tentang sebuah informasi persyaratan yang tidak terpenuhi, dokumen yang telah Anda unggah serta kolom isian sanggahan.

5. Penuhi Semua Persyaratan dan Dokumen

Serta adapun persyaratan yang harus Anda penuhi yaitu terdiri dari persyaratan yang bersifat umum dan persyaratan yang memiliki sifat khusus. Untuk persyaratan umum biasanya yaitu persyaratan yang sama pada halnya yang disyaratkan oleh semua instansi yang membuka sebuah lowongan  CPNS Badan Keamanan Laut RI.

Persyaratan khusus yaitu persyaratan yang khusus diberikan untuk instansi tertentu. Untuk persyaratan umum yaitu sebagai berikut: Berusia 18 serta maksimal 35 tahun ketika mendaftar.

Serta tidak pernah dipidana, tidak pernah diberhentikan dengan secara hormat, tidak mempunyai kedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau kepolisian. Pelamar juga tidak menjadi anggota yang terlibat politik praktis dan mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan.

Syarat lain yaitu sehat jasmani dan rohani. Serta di beberapa posisi wajib bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia ataupun negara lain. Anda harus memenuhi persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang disetujui oleh PPK.

Adapun dokumen yang diperlukan seperti: Surat lamaran harus diketik, ada pas foto, kartu tanda penduduk, Ijazah serta transkrip nilai, dan sertifikat tambahan, surat keterangan Perguruan tinggi negeri atau swasta terakreditasi A dengan ijazah, surat tanda registrasi yang masih berlaku, Akta kelahiran, surat pernyataan dengan materai Rp. 10.000.

Baca Juga: Pahami 12 Poin Penting Ini Agar Lolos Tes CPNS Setjen Komnas HAM

Tugas dan Wewenang CPNS Badan Keamanan Laut RI

Tugas serta wewenang dari CPNS Badan Keamanan Laut RI yaitu sebagai berikut. Pada Badan Keamanan Laut ini mempunyai tugas untuk melakukan patroli keamanan serta keselamatan di wilayah perairan di Indonesia dan wilayah yurisdiksi di Indonesia.

Untuk dalam melaksanakan tugas, Badan Keamanan Laut memiliki fungsi yaitu sebagai: Menyusun kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia.

Menyelenggarakan sistem peringatan dini keamanan serta keselamatan pada wilayah perairan di Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia. Melakukan pengawasan, pencegahan, penindakan pelanggaran hukum, dan penjagaan di wilayah perairan di Indonesia serta wilayah yurisdiksi Indonesia. Memonitor pada pelaksanaan patroli perairan oleh instansi yang terkait.

Memberi dukungan teknis dan operasional kepada instansi yang terkait. Memberi bantuan kepada pencarian dan pertolongan pada wilayah perairan di Indonesia serta wilayah yurisdiksi Indonesia. Serta, melakukan tugas lain dalam sebuah sistem pertahanan.

Pada melaksanakan tugas serta fungsi, Badan Keamanan Laut yang berwenang: Melakukan pengejaran seketika, memberhentikan, memeriksa, menangkap, membawa, serta menyerahkan kapal ke instansi yang terkait yang berwenang untuk pelaksanaan proses hukum lebih lanjut.

Serta menginterogasi sistem informasi keamanan dan keselamatan di wilayah Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia. Bisa disimpulkan bahwa Badan Keamanan Laut ini sangat penting bagi Indonesia karena mereka yang menjaga perairan di Indonesia ini.

Sesuai yang sudah dijabarkan, CPNS ini tebuka untuk umum dan jika Anda ingin mengetahui tentang Badan Keamanan Laut RI ini, Anda dapat membuka web https://BAKAMLA.go.id/ . Di  sini Anda akan mendapatkan semua informasi yang ada.


Leave a Comment