CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara dan Bidang-bidang yang Tersedia

CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara atau Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara selalu membuka pendaftaran tiap tahunnya. Namun, Anda juga harus mengetahui apa saja bidang-bidang yang ada sekaligus apa saja tes yang diberikan. Untuk mengetahuinya, simak terus artikel yang satu ini.

Pengertian CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara Secara Umum dan Singkat

CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara atau Calon Pegawai Negeri Sipil adalah nama atau julukan yang disematkan bagi orang-orang yang sudah lulus SKD dan SKB, atau tes untuk bekerja di pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara. Tentu saja untuk menguji Calon Pegawai Negeri Sipil, akan diberikan beberapa ujian yang harus dilalui sebelum menjabat sebagai PNS resmi.

Banyak sekali bidang yang diadakan, dari mulai Badan Intelijen Negara, Badan Pengawas Pemilu, Kementerian Perhubungan, dan sebagainya. Syarat yang harus Anda siapkan untuk administrasi tes SKD-nya sendiri mudah.


Beberapa yang harus dibawa adalah KTP atau Kartu Tanda Penduduk asli, kartu peserta ujian, formulir deklarasi sehar. Adapun sebagai tambahan, Anda harus menyertakan sertifikat vaksin minimal dosis pertama dengan keterangan hasil tes PCR 2×24 yang masih berlaku.

Adapun surat tes antigen 1×24 dengan hasil negatif, yang mana sangat penting untuk membuat Anda bisa mengikuti ujian atau tes berikutnya. Sebab sejak tahun 2021, syarat ini dianggap wajib untuk menjaga agar penyebaran Covid tidak sampai menjangkit peserta CPNS.

Diperkirakan, sampai tahun sekarang alias 2022, persyaratan membawa tes PCR dan sertifikat asli tanda sudah vaksin akan terus diberlakukan. Mengingat Covid belum sepenuhnya menjadi endemi di Indonesia, maka peserta tes CPNS pun harus tetap waspada.

Bidang-bidang untuk CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara

Bidang-bidang yang ada pada tes CPNS Pemprov Sulawesi tahun 2021 ada 10, yang mana diprediksi bisa saja membuka pendaftaran untuk tahun sekarang. Beberapa bidang yang domaksud adalah sebagai berikut.

1. Bidang Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan adalah bidang pertama yang dibuka untuk CPNS Pemprov Sulawesi. Kementerian Perhubungan sendiri mempunyai tugas untuk menyelesaikan urusan yang ada pada bidang perhubungan dalam pemerintahan.

Dimana, bidang perhubungan dalam pemerintahan ini biasanya digunakan untuk membantu Presiden dalam urusan kenegaraan sekaligus dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Untuk SKB CPNS Kementerian perhubungan tahun 2021, terdapat tes substansi jabatan. Tes substansi jabatan ini diselenggarakan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), Anda akan mendapatkan bobot sebanyak 50 persen jika berhasil melalui ujian ini. Kemudian, ada juga tes jasmani yang memiliki bobot atau persentase sebanyak 30 persen.

Sisa 20 persennya lagi ada pada tes berikutnya yakni tes kesehatan jiwa. Pada tahun 2021, kementerian perhubungan mengumumkan bahwa kebutuhan formasi untuk CPNS 2021 adalah sekitar 2.445 formasi.

Untuk tahun-tahun berikutnya, kemungkinan formasi tersebut bisa saja bertambah atau bahkan sebaliknya yakni berkurang. Tahapan seleksi CPNS kementerian perhubungan sendiri terdiri dari seleksi administrasi.

Lalu ada juga seleksi Kompetensi Dasar sebanyak 40% dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebanyak 60%.

Bagi persyaratan pendidikan CPNS Kemenhub sendiri, Anda bisa memulainya dari sekolah SLTA atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Persyaratannya sendiri dibuka sampai dengan pendidikan S2. Kelengkapan surat yang harus dibawa sama saja seperti CPNS bidang lain, yakni ijazah lengkap Kartu Tanda Penduduk, dan beberapa surat lainnya.

2. Bidang Basarnas

Badan SAR Nasional atau BASARNAS, merupakan salah satu lembaga pemerintahan non kementerian yahgbadandi Indonesia. Tugas dari Basarnas sendiri adalah mencari dan menolong alias search and rescue atau biasa disingkat menjadi SAR.

Pada tahun 2021, lowongan CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara Basarnas yang dibuka adalah 27 formasi jabatan, dan berpotensi naik pada tahun setelahnya. Dari total 27 formasi tersebut, banyak yang menerima lulusan SMA/SMK seperti pada bagian rescue pemula.

Ada juga formasi yang membuka lowongan untuk jenjang pendidikan lain contohnya Diploma 3 atau D3, Diploma 4, Strata 1 atau S1, sampai dengan Strata 2 atau S2.

Selebihnya ada juga formasi lain yang dibuka lowongan lainnya seperti nahkoda, mualim, juru mudi, juru minyak, dan masinis. Ada juga tambahannya yakni kelasi, hingga Markonis yang mana mengharuskan pelamarnya memiliki sertifikasi khusus.

3. Bidang Kementerian Luar Negeri

Kemenlu atau Kementerian Luar Negeri telah mengumumkan sebanyak 332 formasi pada CPNS tahun laku yang sudah termasuk dengan  Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga jabatan Pejabat Dinas Luar Negeri atau PDLN.

Untuk rinciannya sendiri bagi Jabatan Fungsional Diplomat terdapat sebanyak 140 formasi yang memerlukan tambahan anggota. Ada juga Jabatan Fungsional Penata Kanselerai sekitar 80 formasi, Jabatan Fungsional Pranata Informasi Diplomatik sekitar 44 formasi, serta berbagai jabatan lain di dalamnya.

4. Bidang Kejaksaan

Untuk tahun 2021, Bidang Kejaksaan telah membuka banyak formasi yakni 4.148 formasi. Dari total 4.148 formasi yang membuka lowongan tersebut ada 1.000 formasi yang memerlukan orang untuk mengisi posisi Jaksa.

Ada juga total 527 formasi untuk posisi Pranata Barang Bukti, sedangkan sebanyak 495 lainnya membuka lowongan untuk posisi Pengolah Data Perkara dan Putusan. Dari banyaknya formasi yang masih kosong tersebut, besar kemungkinan Anda bisa mengisi salah satu di antaranya.

Untuk posisi jaksa sendiri, terdapat beberapa syarat yang tentunya harus Anda penuhi. Syarat utamanya sendiri adalah Anda merupakan lulusan S1 dengan jurusan hukum. Sedangkan untuk posisi lainnya yakni Pranata Barang Bukti, Anda bisa melampirkan persyaratan berupa sertifijat lulusan D3 jurusan Administrasi, Komputer, Perkantoran, Manajemen, dan Sekretaris.

Sama dengan posisi Pranata Barang Bukti, posisi Pengolah Data Perkara dan Putusan pun dibuka untuk lulusan yang sama yakni mulai dari D-3. Dengan jurusan yang lebih beragam yakni Administrasi Pemerintah, Teknik Informatika, dan ada juga untuk jurusan Manajemen Informatika, serta Administrasi Perkantoran, sekaligus jurusan  Manajemen.

5. Bidang BPK

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2021 telah membuka banyak sekali lowongan yakni sekitar 1.320 formasi. Jabatannya sendiri banyak, yakni jabatan pemeriksa, pranata komputer, serta pengelolaan data informasi dan hukum.

Dari total 1.320 formasi tersebut, 1.257 formasi diantaranya dibuka untuk  jabatan pemeriksaan ahli pertama. 35 formasi dibuka untuk jabatan pranata komputer, sedangkan sebanyak 28 formasi dibuka untuk pengelolaan data informasi dan hukum.

Adapun dari total angka yang sudah disebutkan tersebut, terdapat 2% atau total 27 formasi yang dibuka untuk disabilitas.

Baca Juga: 37 Formasi dan Jurusan Linear CPNS Setjen Dewan Perwakilan Daerah

Bergabunglan Menjadi Bagian dari CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara

Anda bisa mengikuti CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara dengan bebas, tentunya sudah harus mengikuti persyaratan dan melampirkan surat-surat tertentu. Bisa jadi, CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara merupakan kesempatan besar bagi Anda yang bercita-cita ingin menjadi PNS atau pegawai negeri sipil.

Maka dari itu, jangan ragu untuk mengikuti CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara untuk membuka peluang besar bagi dunia kerja Anda kedepannya. Untuk tahun 2022 sendiri, kemungkinan akan ada banyak formasi yang dibutuhkan.

Itulah dia beberapa penjelasan seputar CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara, berikut bidang dan pengertiannya. Sudahkah Anda menyiapkan persyaratan untuk mengikuti tes CPNS tahun ini?


Leave a Comment