Fungsi MPR di TWK yang Muncul di Tes CPNS

Fungsi MPR di TWK biasanya muncul dalam tes CPNS. Apakah Anda bercita-cita menjadi PNS? Atau Anda sedang mempersiapkan diri mengikuti tes CPNS? Siapapun Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana bentuk soal TWK yang kemungkinan akan muncul.

Dalam bidang TWK, Anda dituntut untuk menguasai pengetahuan bidang kenegaraan. Tes ini juga digunakan untuk mengukur seberapa dalam sikap nasionalisme yang Anda miliki. Anda harus berusaha agar mendapatkan nilai tes yang memuaskan atau paling tidak lolos passing grade.
Fungsi MPR di TWK dalam Tes CPNS.

Contoh Soal Fungsi MPR di TWK

Saat mengerjakan tes TWK, biasanya Anda akan menemui soal yang membahas fungsi MPR. Karena itu, ada baiknya Anda mempelajari soal tersebut. Berikut contoh soal fungsi MPR di TWK tes CPNS:


  1. Sebelum terjadi amandemen UUD 1945, kedudukan MPR adalah sebagai lembaga tinggi negara. Namun setelah amandemen UUD 1945 terjadi, istilah lembaga tinggi negara berubah menjadi…..
    A. Presiden
    B. DPR
    C. MA
    D. MK
    E. Tidak ada lembaga tinggi negara, yang ada hanya lembaga negara
    Pembahasan:
    Jawaban E, karena ketika UUD 1945 sudah diamandemen, maka tidak ada lagi lembaga tinggi negara. Yang ada hanyalah lembaga negara. Ini menunjukkan upaya menyamaratakan fungsi MPR di TWK dan kedudukan rakyat.
  2. Menurut UUD 1945, lembaga negara yang memegang kekuasaan adalah…..
    A. MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK
    B. MPR, DPR, Presiden, MA, DPA dan BPK
    C. DPA, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK
    D. DPA, DPR, Presiden, MA, MK dan KY
    E. MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan KY
    Pembahasan:
    Jawaban A. Karena lembaga-lembaga negara yang memegang kekuasan dalam pemerintahan adalah MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK. Lembaga-lembaga tersebut merupakan bentuk dari kedaulatan rakyat yang menunjukkan bahwa kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.
  3. Amnesti dan abolisi diberikan oleh presiden. Pemberian tersebut didasarkan dengan memperhatikan pertimbangan dari…
    A. MPR
    B. DPR
    C. DPD
    D. MK
    E. MA
    Pembahasan:
    Jawaban B. Karena presiden memiliki hak untuk memberikan amnesti dan abolisi kepada pihak tertentu yang diatur dalam pemerintahan negara. Amnesti dapat diberikan oleh Presiden tanpa adanya pengajuan permohonan terlebih dahulu. Sedangkan abolisi dapat diartikan sebagai penghapusan proses hukum seseorang yang masih sedang berjalan.
  4. Fungsi MPR di TWK juga berhubungan dengan anggota MPR. Anggota MPR terdiri dari anggota DPR dan DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. Masa jabatan yang dimiliki oleh anggota MPR adalah selama lima tahun dan berakhir…….anggota MPR yang baru mengucapkan sumpah/janji. Pengambilan ucapan sumpah/janji ini dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung dalam sebuah sidang paripurna MPR.
    A. Sebelum
    B. Sesudah
    C. Bersamaan
    D. Satu bulan setelah
    E. Satu bulan sebelum
    Pembahasan:
    Jawaban C. Karena sudah diatur dalam undang-undang bahwa yang yang terpilih melalui pemilihan umum untuk masa jabatan selama lima tahun akan mengakhiri masa jabatan bersamaan dengan anggota MPR yang baru mengucapkan sumpah/janji. Pengambilan sumpah/janji ini juga sudah diatur dalam peraturan harus dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung dalam sidang paripurna MPR yang sedang berlangsung.

Itulah beberapa contoh soal fungsi MPR di TWK dalam tes CPNS. Anda akan menemui soal model seperti ini jika mengikuti proses seleksi penerimaan ASN. Teruslah belajar dan berusaha agar Anda dapat menjalani tes dengan lancar, sehingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Terus semangat dan semoga berhasil, ya.


Leave a Comment