Gaji, Tugas, Misi, dan Visi CPNS Kepolisian Negara Republik Indonesia

CPNS Kepolisian Negara merupakan abdi negara yang menjaga keamanan dan ketertiban negeri dari segala aksi kejahatan. Polisi berperan memberikan perlindungan untuk masyarakat di daerah kepemimpinannya.

Definisi CPNS Kepolisian Negara

Kepolisian negara adalah lembaga yang memiliki wewenang dalam mengatur masalah keamanan negeri. Keamanan pada suatu wilayah sangat diperlukan supaya segala sendi kehidupan berjalan dengan baik.

Pengamanan yang terjamin membuat masyarakat bebas melakukan segala aktifitas tanpa gangguan dari pihak jahat. Institusi ini sangat diperlukan untuk mengawal kehidupan masyarakat menjadi tentram dan aman.


Masyarakat juga harus membantu kepolisian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Anda bisa memberikan informasi kepada pihak berwajib jika merasa ada yang mencurigakan.

Polisi menyediakan nomor darurat yang bisa dihubungi selama dua puluh empat jam oleh pihak umum. Nomor panggilan darurat tersebut adalah 110 yang melayani komplain selama sehari semalam.

Petugas yang berjaga akan saling bergantian dalam memantau situasi keamanan pada suatu tempat. Polisi juga harus memberikan perlindungan jika ada masyarakat mengalami perundungan kejahatan.

Kejahatan bisa muncul dimana saja tanpa terencana. Anda harus selalu meningkatkan kewaspadaan jika melewati tempat sepi.

Jangan lupa juga menyimpan nomor darurat untuk menghubungi pihak berwajib. Kepolisian juga berusaha penertiban pemakaian kendaraan dengan mengawasi pembuatan BPKB yang dilakukan di kantor polisi.

Polisi juga termasuk aparatur sipil negara yang memiliki mandate khusus mengamankan suatu tempat. CPNS Kepolisian Negara juga mengikuti tes seleksi khusus penerimaan tentara keamanan.

Tes tersebut selalu diadakan setiap tahun untuk mencari tunas-tunas muda dalam membela negara. Polisi ini bisa ditempuh setelah lulus sekolah menengah atas menjadi seorang bintara pangkat rendah.

Setiap warga negara Indonesia bisa mengikuti seleksi menjadi polisi selama sehat jasmani dan rohani. Syarat lainnya yang harus dipenuhi adalah harus bebas narkoba dan tidak pernah dipenjara dengan alasan apapun.

Gaji, Tugas, Misi, dan Visi CPNS Kepolisian Negara

CPNS Kepolisian Negara harus memiliki rastra sewakottama yang memiliki pengertian menjadi abdi nusa dan bangsa. Polisi merupakan abdi negara yang harus mematuhi semua perintah dan menjadikan negara sebagai kewajiban utama.

Perwira kepolisian tidak bisa mengutamakan keluarga atau lainnya sebagai prioritas karena panggilan negara menjadi tanggungannya. Jika ada panggilan tugas untuk membela negara maka harus berangkat saat pemanggilan tersebut dilakukan.

CPNS Kepolisian Negara memiliki tugas, gaji, visi misi dan lainnya seperti yang dijabarkan di bawah ini.

1. Visi Polri

Lembaga keamanan ini memiliki visi yang mendukung kinerjanya dalam melakukan tugas di lapangan. Visi yang diemban oleh institusi ini adalah mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan bertanggung jawab.

Keamanan masyarakat yang prima membuat lembaga ini harus bekerja dengan sebaik-baiknya.  Polisi juga harus memastikan bahwa hukum akan tegak dengan adil dan bisa mengungkapkan kebenaran dengan logis.

Visi yang diemban juga harus memperhatikan terjalinnya sinergi yang polisional aktif dan kreatif.

2. Misi Kepolisian Negara

Kepolisian juga mengeluarkan misi yang diemban yang pertama adalah melakukan deteksi dini kejahatan. Deteksi dini ini bisa dilakukan dengan sering mengadakan operasi penyelidikan, penggalangan, maupun pengamanan.

Misi kedua adalah memberikan pengayoman dengan mudah dan tidak diskriminatif. Menjaga keamanan menjadi poros utama perhatian lembaga kepolisian republik Indonesia.

Misi berikutnya adalah menjamin keberhasilan penanganan gangguan  keamanan dalam negeri. Pengembangan perpolisian berbasis kemasyarakatan juga harus diperhatikan untuk mematuhi hukum yang berlaku.

Institusi polisi ini juga harus menegakkan hukum dengan profesional, akuntabel, dan transparan. Hal ini bisa terwujud jika seluruh sumber daya Polri mendukung segala tugas yang diberikan. Misi terakhir institusi ini yaitu menbangun kerjasama antara departemen yang berwenang.

3. Arti lambang Polri

Lambang kepolisian Indonesia diberikan sebutan Rastra Sewakottama memiliki pengertian sebagai abdi negara. Lembaga ini harus menjadi pengayom, pelindung, dan pemberi hukuman yang adil bagi masyarakat.

Lembaga ini memiliki logo sebagai tanda menjadi institusi berdaulat di mata masyarakat. Lambang yang dibuat memiliki arti tersendiri seperti pancaran obor berfungsi sebagai penerang.

Lambang perisai memiliki arti sebagai pelindung negara dan rakyat. Tangkai padi dan kapas melamnbangkan kemakmuran sedangkan daun kapas sebagai tanda pelantikan institusi polri.

Bintang memberikan makna pedoman kehidupan anggota polisi. Terakhir lambang warna hitam menggambarkan kedamaian dan ketenangan supaya tidak goyah terhadap godaan.

4. Tugas dan Wewenang

CPNS Kepolisian Negara memiliki tugas dan tanggung jawab dalam memelihara keamanan, penegakan hukum, dan memberikan perlindungan. Tugas yang dilakukan harus dilaksanakan sesuai kebutuhan pemerintahan untuk mengadakan pengawalan dan patroli kepada masyarakat.

Tugas kedua adalah menyelenggarakan kegiatan untuk menjamin keamanan dan ketertiban untuk kelancaran lalu lintas. Pembinaan kepada masyarakat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi publik untuk taat hukum.

Tanggung jawab ketiga melakukan pembinaan hukum nasional dan memelihara ketertiban umum. Koordinasi harus dilakukan dengan memberlakukan pembinaan teknis terhadap semua anggota yang bertugas.

Lembaga ini juga berhak melakukan penyelidikan terhadap semua tindak pidana sesuai undang-undang yang berlaku. Wewenang berikutnya adalah menyelenggarakan identifikasi, laboratorium forensik, dan lain sebagainya.

Polisi bertugas memberikan perlindungan terhadap keselamatan baik jiwa maupun raga dari lingkungan jahat. Lembaga Polri juga harus menjadi tangan pertama menerima keluhan masyarakat sebelum dilimpahkan kepada instansi berwenang.

Terakhir, adalah melayani segala keluhan masyarakat sesuai kepentingan dan melakukan tugas lainnya sesuai instruksi.

5. Besaran Gaji CPNS Kepolisian Negara

Setiap aparatur sipil negara yang bertugas melayani masyarakat akan mendapatkan apresiasi berupa gaji rutin setiap bulan. Keuntungan lainnya yaitu memiliki kesempatan mendapatkan tunjangan sesuai golongan dan pangkat.

Gaji tetap akan diperoleh setiap awal bulan sejumlah nominal tertentu. Bagi golongan tamtama yang merupakan jenjang paling dasar mendapatkan pendapat kisaran Rp1.6 jutaan hingga Rp1.9 jutaan.

Golongan dua atau disebut juga para bintara mendapatkan kisaran gaji mencapai Rp2.4 jutaaan. Pangkat ini merupakan lanjutan dari tamtama yang merupakan tingkatan kedua.

Golongan ketiga merupakan para perwira yang memperoleh pendapatan sebesar Rp2,7 jutaan hingga Rp4.7 jutaan. Bagi golongan perwira menengah akan mendapat gaji kisaran Rp3 jutaan hingga Rp5.2 jutaan.

Golongan terakhir dijabat oleh perwira tinggi dengan nominal Rp5.9 jutaan. Selain gaji para polisi ini juga mendapatkan berbagai tunjangan seperti tunjangan anak, umum, makan dan jabatan.

Jika penempatan di daerah terpencil akan mendapatkan tunjangan daerah terpencil. Polisi juga akan mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas.

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab CPNS BIG atau Badan Informasi Geospasial

Mengabdi untuk Negara Bersama Polri

CPNS Kepolisian Negara merupakan pegawai lembaga non kementerian yang mendapatkan mandat langsung dari presiden. Lembaga ini dipimpin oleh seorang kepala yang mengemban tugas melakukan pengamanan dan perlindungan kepada masyarakat luas.

Tugas utama adalah menjadi abdi negara yang akan selalu menjadikan kepentingan negara diatas segalanya. Lembaga ini juga harus melakukan peradilan yang transparan tanpa diskriminatif kepada seluruh lapisan masyarakat.

CPNS Kepolisian Negara bertugas melayani masyarakat yang membutuhkan keadilan hukum dengan baik tanpa membeda-bedakan status sosial. Adapun situs yang bisa Anda cek untuk lembaga ini adalah  https://polri.go.id/.


Leave a Comment