Info Lengkap Ketetapan Passing Grade CPNS Terbaru 2021

Pendaftaran CPNS tahun 2021 telah dibuka, selain belajar dan mempersiapkan beberapa dokumen, Anda perlu mengetahui passing grade CPNS terbaru. Persentase passing grade selalu mengalami perubahan setiap tahunnya, tergantung dari jumlah peserta yang berminat mengikuti tes CPNS.

Makna Passing Grade

Menurut bahasa Indonesia, passing grade berarti nilai ambang batas yang dipakai untuk mengukur kompetensi peserta tes lewat hasil ujiannya. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengungkapkan opininya tentang passing grade.

Menurut Kemenpan-RB, passing grade CPNS terbaru dijadikan sebagai acuan diterima atau tidaknya peserta tes CPNS. Tujuan dibuatnya passing grade yaitu, karena pemerintahan memerlukan pegawai kompeten yang didukung kompetensi dasar.


Serta, kompetensi bidang yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya dalam melayani masyarakat. Selain itu, pemerintah turut memberikan jaminan kualitas pada rekrutmen CPNS, dengan menetapkan passing grade atau standar penilaian.

Berdasarkan Permenpan RB nomor 24 tahun 2019, pada pasal pertama dipaparkan mengenai passing grade SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS. Jadi, nilai ambang batas tersebut merupakan nilai terendah yang harus dicapai peserta, agar bisa lulus dalam seleksi SKD CPNS.

Bagaimana Passing Grade CPNS Terbaru Tahun 2021?

Ketika Anda sudah melalui seleksi administrasi serta verifikasi berkas, kemudian lanjut ke tahap seleksi kompetensi dasar.  SKD sendiri merupakan tes yang wajib Anda ikuti, agar dapat dinyatakan lolos menjadi CPNS.

Biasanya, SKD terdiri dari 100 soal, yaitu 35 soal TKP, TIU sebanyak 35 soal, dan TWK dengan jumlah 30 soal. Kemungkinan, passing grade CPNS terbaru tahun 2021, masih mengikuti Peraturan Menteri PANRB nomor 24 tahun 2019.

Berdasarkan peraturan tersebut, passing grade tes karakteristik pribadi adalah 126, tes intelegensi umum 80, dan tes wawasan kebangsaan 65. Namun, pemerintah telah menetapkan passing grade CPNS terbaru 2021 melalui jalur sekolah kedinasan.

Penetapan itu ada di Keputusan Men-PAN-RB nomor 921/2021 mengenai nilai ambang batas SKD seleksi penerimaan mahasiswa, praja. Serta, penerimaan bagi taruna sekolah kedinasan di kementerian atau lembaga untuk tahun anggaran 2021.

Berdasarkan keputusan itu, tes SKD penerimaan mahasiswa, praja, maupun taruna terbagi tiga materi soal, yaitu TKP, TIU, dan TWK. Dengan rincian soal TKP 45 soal, TIU 35 soal, dan TWK 30 soal.

Jadi, total 110 soal SKD tersebut, harus dikerjakan peserta dalam waktu 100 menit. Adapun, passing grade CPNS terbaru 2021 jalur sekolah kedinasan yaitu TWK 65, TIU 80, dan TKP 156.

Sementara, nilai tertinggi untuk TKP yaitu 225, TIU sebesar 175, dan TWK dengan bobot 150. Jadi, nilai kumulatif tertinggi yang dapat diperoleh peserta tes SKD ini sebesar 550.

Pelaksanaan tes SKD untuk peserta sekolah kedinasan akan berjalan di bulan Mei-Juni 2021, melalui sistem computer assisted test (CAT).

Mencari Nilai Passing Grade

Umumnya, sistem penilaian dalam setiap tes memakai skor 1-5 untuk tingkatan benar dalam menjawab. Jika Anda tidak menjawab, maka akan memperoleh nilai nol.

Namun, jika bisa menjawab seluruh soal dengan benar, maka nilai kumulatif yang bisa diperoleh adalah 500. Tetapi, nilai kumulatif itu tergantung jumlah soal, nilai 500 didapatkan jika semua soal berjumlah 100.

Bagaimana cara agar nilai bisa lulus dari passing grade CPNS terbaru? Misalkan, dalam soal TKP, Anda menentukan target nilai minimal. Pencapaian target itu diperoleh dengan menjawab 26 soal, sehingga bobot nilai Anda bisa melebihi passing grade dengan perolehan 130.

Berkaitan dengan penggunaan sistem skor, Anda juga bisa lulus tanpa nilai yang harus sempurna dengan skor 5. Contohnya, pada soal TKP, Anda bisa memperoleh nilai melewati 126, dengan 10 soal yang memperoleh skor 5.

Terdapat 14 soal mendapatkan skor 4, 7 soal memperoleh skor 3, serta 4 soal salah sehingga memperoleh skor 0. Jadi, perolehan nilai Anda secara kumulatif untuk soal TKP sebesar 127.

Ketentuan Penetapan Passing Grade CPNS Terbaru

Menurut PermenPANRB nomor 24 tahun 2019, terdapat 4 kategori peserta, yang memiliki ketentuan passing grade berbeda. Pertama, putra/putri lulusan terbaik yang berpredikat cumlaude, maka nilai kumulatif SKD paling rendah yaitu 271, sementara TIU 85.

Kedua, penyandang disabilitas ditetapkan nilai kumulatif paling rendah, agar dinyatakan lolos dalam SKD sebesar 260. Adapun, nilai TIU paling rendah sebesar 70.

Ketiga, putra atau putri Papua serta Papua Barat. Bagi putra atau putri wilayah tersebut, ditetapkan nilai kumulatif terendah dalam SKD sebesar 260, dan TIU terendah yaitu 60.

Keempat, diaspora, bagi Anda yang memiliki status diaspora, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Maka, batas nilai yang harus diperoleh dalam tes SKD, agar dinyatakan lolos, sekurang-kurangnya 271, sementara TIU terendah yaitu 85.

Tips Melewati Passing Grade dalam Tes CPNS 2021

Setelah mencari tahu passing grade CPNS terbaru, saatnya Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi tes SKD. Tentunya, Anda ingin mendapatkan bobot nilai yang melebihi passing grade.

Hal yang bisa Anda lakukan yaitu fokus belajar, baik dari jauh-jauh hari. Atau, fokus belajar selama satu pekan menjelang tes SKD dilaksanakan. 

Jadi, Anda atur senyamannya, dalam menjadwalkan waktu belajar. Selain dari buku, Anda bisa belajar melalui Youtube, tentang Pancasila, UUD 1945, nasionalisme, cara menghitung cepat, dan lainnya.

Kedua, berlatih membaca cepat dan memahami soal. Karena soal tes di SKD cukup panjang, sehingga kemampuan membaca cepat sekaligus memahaminya diperlukan.

Kira-kira, waktu yang diperlukan untuk menjawab satu soal yaitu 56 detik, sehingga membaca soal berulang kali membuat waktu terbuang. Trik menjawab soal panjang yaitu langsung membaca pertanyaannya, kemudian pahami kunci pertanyaan tersebut, lalu mencarinya dalam wacana.

Setelah itu, Anda bisa langsung menentukan pilihan jawaban, sebenarnya trik cepat menjawab soal bacaan bisa ditemukan melalui Youtube. Ketiga, kerjakan soal termudah terlebih dahulu, jangan membuang waktu di soal yang sulit.

Anda bisa menyelesaikan soal yang mampu dijawab terlebih dahulu, setelah itu fokuslah dengan soal yang belum terjawab atau sulit.

Sebenarnya, passing grade CPNS terbaru cenderung berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung dari banyaknya peminat tes CPNS. Setelah mencari tahu passing grade, selanjutnya Anda harus mempersiapkan diri secara maksimal dengan belajar, agar bisa lolos tes SKD dan mencoba soal simulasi maupun membaca materi di website info lengkap CPNS.


Leave a Comment