Info Syarat dan Berkas untuk CPNS Pemerintah Provinsi Lampung

Pendaftaran untuk lowongan CPNS Pemerintah Provinsi Lampung bisa jadi akan dibuka pada tahun 2023. Hal ini menjadi hal yang telah ditunggu-tunggu bagi masyarakat. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa Itu CPNS?

Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS merupakan status yang disematkan oleh pemerintah terhadap orang yang dianggap telah siap menjadi PNS. Selama masa menjadi CPNS tersebut, akan ada uji kinerja sebagai penilaian kompetensi dari pegawai dengan gelar yang akan disandang. CPNS bukanlah pegawai yang tengah mengikuti seleksi rekrutmen, melainkan pegawai yang telah lolos dari beragam tahap seleksi.

Terdapat beberapa tahapan seleksi CPNS Pemerintah Provinsi Lampung yang diantaranya adalah tahap administrasi. Dimana merupakan tahan penyesuaian antara ketentuan ang dibutuhkan pemerintah dengan data diri pelamar. Lalu dilanjutkan dengan seleksi kompetensi dasar pegawai. Pada tahap ini peserta akan diuji mengenai wawasan dan pengetahuan terkait jabatan yang dilamar.


Sistem uji kemampuan dasar CPNSmenggunakan Computer Assissted Test (CAT). Kemudian tahap akhir ialah tes kompetensi bidang yang terbagi menjadi beberapa jenis tes sesuai ketentuan instansi.

Umumya pembukaan pendaftaran CPNS dilakukan setiap tahun oleh pemerintah. Saat ini telah beredar kabar terkait lowongan CPNS Pemerintah Provinsi Lampung yang tentu menjadi angin segar bagi para pencari kerja.

Syarat Pendaftararan Calon Pegawai Negeri Sipil

Terdapat beberapa syarat yang harus dipersiapkan oleh para pegawai untuk dapat mendafatar CPNS. Sebagai seorang pelamar, setidaknya harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) atau tidak mempunyai kewarganegaraan ganda.
  2. Memiliki usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun ketika mendaftar.
  3. Pelamar bukan seorang yang pernah dipidana penjara selama dua tahun atau lebih.
  4. Bukan pegawai yang pernah diberhentikan dengan hormat sebagai PNS/Kepolisian/Prajurit TNI atas permintaan pribadi.
  5. Pelamar bukan seorang yang diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai anggota Kepolisian RI/Prajurit TNI/PNS dan CPNS.
  7. Bukan anggota pengurus partai politik atau yang termasuk dalam politik praktis.
  8. Mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan syarat jabatan yang dilamar.
  9. Sehat baik jasmani maupun rohani sesuai dengan syarat ketentuan jabatan.
  10. Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia maupun luar negeri yang ditentukan instansi pemerintah.

Berkas Pendaftararan Calon Pegawai Negeri Sipil

Adapun berkas yang harus dilengkapi untuk mendaftar CPNS Pemerintah Provinsi Lampung oleh pegawai yakni sebagai berikut.

  1. Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) asli pelamar.
  2. Kartu Keluarga
  3. Surat Keterangan Lahir atau Akta Lahir.
  4. Pas foto ukuran 4×6 berlatar belakang merah.
  5. Ijazah Asli.
  6. Transkrip Nilai Asli.
  7. Dokumen surat lamaran bermaterai.
  8. Surat Pernyataan.
  9. Surat Keterangan Sehat dari dokter atau rumah sakit pemerintah.

Persiapan Sebelum Daftar CPNS

Selain kelengkapan dokumen yang telah disebutkan di atas ada beberapa hal yang juga patut diperhatikan sebelum daftar CPNS Pemerintah Provinsi Lampung.

1. Buka Laman Resmi SSCASN BKN

Agar mendapatkan informasi terbaru terkait informasi CPNS, maka rajinlah untuk membuka laman website dari SSCASN BKN. Akses berbagai informasi akurat seputar seleksi CPNS, syarat administrasi, dan lain sebagainya. Ragam info terkait seleksi ASN bisa dengan mudah di akses, tidak seperti dulu dimana pelamar harus membuka web dari masing-masing instansi.

2. Pilih Formasi

Jika ingin mendapatkan peluang besar lolos seleksi, maka pilihlah formasi yang tepat. Carilah informasi terkait formasi CPNS tahun 2022 dari tiap instansi baik pusat maupun daerah. Laku pilih formasi yang sedikit peminatnya. Namun dalam memilih harus mempertimbagkan bakat, minat, kemapuan, serta latar belakang pendidikan yang di miliki.

3. Belajar Kisi-kisi Sola CPNS Terbaru

Selain selalu akses informasi tentang teknis, syarat, dan formasi, tak kalah pentingnya untuk update soal-soal CPNS Pemerintah Provinsi Lampung terbaru. Pelamar bisa mempelajari soal SKD menyesuaikan dengan yang tertuang dalam Permenpan RB No.27 tahun 2021. Terdapat kisi-kisi tambahan pada kategori butir soal TKP yakni anti radikalism.

4. Perbanyak Latihan Soal

Peserta seleksi untuk CPNS selalu membeludak, sebagai contoh adalah pada seleksi CPNS tahun 2019 mencapai 5 juta pelamar. Tahun berikutnya pun peserta semakin banyak mengingat penambahan formasi yang dibuka.

Agara bisa bersaing dengan pelamar lainnya serta lolos passin grade, maka harus rutin mengerjakan latihan soal. Pelamar CPNS Pemerintah Provinsi Lampung juga dapat melakukan simulasi CAT di laman resmi BKN.

5. Mengetahui Urutan dan Mengerjakan Soal

Soal ujian SKD dibagi menjadi tiga matari yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawancara Kebangsaan (TWK), dan Tes Integensi Umum (TIU). Pengerjaan soal yang membutuhkan waktu relatif lama adalah TIU.

Supaya tidak membuang waktu pengerjaan soal CPNS Pemerintah Provinsi Lampung kerjakanlah soal SKD terlebih dahulu. Taruh lah pengerjaan Tes Integensi Umum (TIU) di tengah durasi ujian agar lebih efektif.

Tips Saat Mengerjakan Tes

Ada beberapa tips yang harus dilakukan saat akan mengerjakan tes CPNS. Beberapa tips lolos tes CPNS sebagai berikut.

1. Awali Kegiatan dengan Do’a

Usai persiapan diri sebelumnya, selanjutnya pelamar akan menghadapi hari ujian. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berdo’a untuk kemudahan dan kelancaran dari segala urusan. Jangan lupa pula untuk memohon restu kedua orang tua sebelum berangkat ke lokasi tes.

2. Tepat Waktu

Agar terhindar dari keterlambatan, datanglah 30 menit sebelum pelaksanaan tes. Sebelumnya pasang alarm agar bangun dan datang ke lokasi tes CPNS Pemerintah Provinsi Lampung dengan tepat waktu.

3. Pilihlah Kategori Soal Prioritas

Tentukanlah kategori soal mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Sebagaimana di ketahui terdapat soal SKD dimana masing-masing peserta harus menyelesaikan 110 soal tes dalam 100 menit. Sehingga untuk mengerjakan satu butir soal dibutuhkan waktu kurang lebih 54 detik saja.

Agar lebih mudah dan cepat selesai, pilih kategori soal yang dikuasai. Kemudian jangan terpaku pada soal yang sulit hingga menghabiskan waktu terlalu lama untuk berpikir. Jika terlalu sulit maka kerjakanlah soal yang lebih mudah terlebuh dahulu.

4. Beri Jawaban yang Konsisten

Ragu-ragu saat menjawab kemungkinan besar terjadi, sehingga terkadang berpikir untuk mengganti jawaban tersebut. Sebisa mungkin jangan lakukan hal ini, sebab umumnya jawaban pengganti justru tidak tepat. Selain itu mengganti jawaban hanya akan menghabiskan waktu.

Baca Juga: CPNS Pemprov Sulawesi Tenggara dan Bidang-bidang yang Tersedia

5. Ketahui Passing Grade

Tak jarang meskipun sudah banyak berlatih latihan soal CPNS Pemerintah Provinsi Lampung selalu ada butir soal yang tidak sanggup dikerjakan. Tapi jangan panik, karena wajar jika ada beberapa soal yang tidak mempu untuk dikerjakan.

Untuk itu, cari tahulah terkait passing grade dari tiap-tiap kategori soal. Sehingga tahu kemudian memperkirakan berapa minimal jumlah soal yang harus dijawab dengan benar.

Akan sangat bagus jika dapat menjawab lebih dari batas minimal yang telah ditentukan. Sehingga peluang untuk lolos seleksi CPNS akan terbuka lebar.

Demikianlah ulasan mengenai syarat dan tips untuk daftar seleksi CPNS Pemerintah Provinsi Lampung. Pastikan syarat dan ketentuan untuk mengikuti seleksi terpenuhi, kemudian lakukan tips-tips di atas agar mampu mengerjakan soal tes seleksi CPNS dengan baik.


Leave a Comment