Jadi Bagian Penting CPNS Kemendagri untuk Kemajuan Negara

CPNS Kemendagri merupakan bagian dari lembaga kementerian di pemerintahan yang mengurus segala permasalahan dalam negeri Indonesia. Departemen ini merupakan salah satu lembaga yang penting dalam menopang keutuhan negara untuk mempertahankan kedaulatannya.

Mengenal Kemendagri

Kemendagri merupakan singkatan dari kementerian dalam negeri yang meninjau segala kegiatan yang terkait urusan dalam negeri. CPNS Kemendagri adalah pegawai yang bekerja di bawah kepemimpinan seorang menteri dalam negeri.

Pegawai tersebut ada yang berstatus pegawai negeri sipil dan ada pegawai non PNS. Kebutuhan pegawai setiap departemen tentu sangat berbeda antara satu dengan lainnya.


Departemen ini merupakan lembaga yang pertama sekali ada semenjak negara ini dicetuskan. Jadi, sebelum Indonesia merdeka peran lembaga ini sangat penting bagi kemajuan negara tercinta.

Departemen ini tidak bisa dibubarkan begitu saja karena merupakan pilar suatu negara. Pemimpin negara hanya bisa membuka dan mengganti pegawai yang tergabung dengan kantor tersebut.

Pada awal Indonesia merdeka, Lembaga ini memerankan tugas sebagai pengganti presiden jika beliau berhalangan menjalankan tugas.

Permasalahan yang menjadi urusan kementerian dalam negeri seperti otonomi daerah setiap provinsi. Kebijakan mengatur daerah pembuat pemerintah memberikan wewenang tersendiri kepada departemen ini untuk mengaturnya dengan benar.

Kedaulatan suatu bangsa yang sedang berkembang dibuktikan dengan perkembangan setiap wilayah dengan pesat. Setiap perubahan pertumbuhan wilayah diiringi dengan semakin majunya masyarakat di wilayah tersebut.

Perkembangan suatu daerah juga memberikan ekonomi masyarakat menjadi lebih maju. Perekonomian akan berputar sehingga meningkatkan kemanpuan hidup masyarakat luas menjadi lebih baik.

CPNS Kemendagri memiliki tugas merumuskan kebijakan yang memberikan kemajuan positif suatu daerah. Pegawai pada lembaga ini diangkat setelah melewati tes calon pegawai negeri sipil yang diadakan setiap tahunnya.

Siapa saja bisa mengikuti seleksi pada tempat tersebut selama memenuhi persyaratan. Pastikan Anda sudah menyelesaikan pendidikan sarjana untuk mendaftar sebagai CPNS Kemendagri.

Tugas, Fungsi dan Kerja Kemendagri

Dalam undang-undang dasar 1945 menyebutkan bahwa lembaga ini merupakan salah satu dari tiga kementerian yang tidak bisa dibubarkan. Keberadaan kantor ini berperan penting dalam pembentukan suatu negara yang sudah merdeka.

Pemimpin lembaga ini bisa menggantikan sementara tuga pemimpin negara jika sudah mangkat atau sedang berhalangan.Hal ini terjadi karena lembaga ini memiliki wewenang yang kuat untuk melakukan tugas tersebut.

Jika pemimpin negara sedang melakukan lawatan ke luar negeri maka pergantian tugas dibebankan pada kemendagri. Lembaga ini bisa menugaskan perwakilannya untuk mengemban tugas yang diberikan oleh pemimpin negara.

Kantor ini dipimpin oleh seorang menteri dengan diberikan mandat oleh presiden untuk menjalankan tugasnya. Adapun tugas, fungsi dan lainnya tentang Kemendagri sebagai berikut:

1.  Tugas Utama

Lembaga dalam negeri ini memiliki banyak tugas penting dalam menjalankan tanggung jawabnya. Tugas kantor ini sudah tertuang dalam undang-undang tahun 2015 nomor 11.

Adapun tugas utamanya adalah menyelenggarakan tanggung jawab pemerintah dalam mengurus urusan dalam negeri. Tugas lainnya adalah merumuskan kebijakan untuk bidang politik baik umum maupun khusus, otonomi daerah, dan lainnya.

CPNS Kemendagri memiliki wewenang tersendiri dalam menetapkan peraturan tentang hak dan kewajiban pemerintahan daerah. Setiap daerah akan memiliki wewenang tersendiri dengan memperhatikan budaya dan adat yang melatarbelakanginya.

Wewenang tersebut bukan hanya terbatas pada pengaturan pemerintahan daerah tetapi juga dalam pembinaan berkelanjutan. Pembinaan tersebut akan dilakukan secara berkala untuk menyeimbangkan pembangunan setiap provinsi memiliki porsi yang sama.

2.  Fungsi Kemendagri

Lembaga ini juga memiliki beberapa fungsi utama dalam menjalankan tugasnya. Fungsi Kemendagri yang pertama adalah menetapkan peraturan dalam menjalankan politik aktif di negara Indonesia.

Perumusan kebijakan juga diperuntukkan untuk otonomi daerah sehingga membebaskan setiap wilayah memimpin daerahnya sendiri. Peraturan ini membuat setiap wilayah bisa mengembangkan diri menjadi lebih mandiri.

Fungsi kedua adalah memberikan pembinaan secara bertahap terhadap sistem pemerintahan yang dijalankan. Kantor ini bisa mengadakan pelatihan atau seminar terkait isu yang mau dibahas atau dijalankan.

Fungsi ketiga yaitu menjaga dan memanfaatkan barang milik negara untuk kesejahteraan masyarakat umum. Kekayaan ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan suatu tempat atau untuk kepentingan publik lainnya.

Fungsi keempat mengadakan pelatihan atau bimbingan teknis untuk setiap kebijakan dalam lembaga tersebut. Bimbingan tersebut berupa pemberian gambaran kegiatan yang harus dijalankan oleh suatu wilayah.

Fungsi kelima mengawasi dan memberikan pembinaan fasilitas umum atas dijalankannya pemerintahan provinsi. Fungsi selanjutnya yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan terhadap kebijakan tertulis apakah berjalan baik atau tidak.

Lembaga ini juga berfungsi mengembangkan sumber daya manusia yang terdapat di dalamnya. SDM ini diharapkan memberikan kontribusi yang positif selama terlibat di pemerintahan.

Kegiatan yang bersifat teknis harus selalu dibuat mulai dari daerah hingga pusat. Hal ini untuk mengetahui kemajuan terhadap program sudah dirumuskan bersama.

3.  Struktur Organisasi

CPNS Kemendagri terdiri dari beberapa unsur kepangkatan di dalam lembaga kementerian. Jabatan tertinggi diduduki oleh Sekretariat Jenderal yang memiliki tugas mengawasi seluruh jajaran kantor dalam negeri.

Jabatan kedua mengatur bagian politik dan pemerintahan umum. Bagian ketiga mengatur administrasi kewilayahan serta otonomi daerah.

Jabatan keempat membawahi bagian pembangunan daerah, pemerintahan desa, keuangan daerah, dan kependudukan serta pencatatan sipil. Jabatan penting lainnya adalah bidang inspektorat jenderal dengan beberapa bawahan.

Struktur organisasi selanjutnya adalah bagian penelitian, penegmbangan sumber daya manusia, dan hokum. Lalu, terdapat juga staf bagian pemerintahan, kemasyarakatan, ekonomi, dan aparatur pelayanan publik.

4.  Visi dan Misi

CPNS Kemendagri memiliki visi yang sangat mulia yaitu menjadi sahabat terpercaya masyarakat. Pegawai disana berusaha merumuskan kebijakan yang inovatif, responsif, dan antisipatif.

Misi yang diemban oleh CPNS Kemendagri adalah meningkatkan kualitas kebijakan yang dirumuskan, CPNS Kemendagri harus bisa memberikan dorongan kepada setiap daerah bisa mengembangkan inovasi sendiri. Misi selanjutnya meningkatkan integritas dan kompetensi dalam birokrasi lebih baik.

5.  Besaran Gaji

Pegawai negeri yang bekerja pada setiap kementerian memiliki gaji pokok yang hampir setara. Perbedaannya hanya pada jenis tunjangan dan fasilitas yang didapatkan

Gaji terendah pada lembaga dalam negeri ini berkisar Rp1.5 hingga Rp2.6 juta untuk golongan rendah. Gaji tertinggi dimiliki oleh golongan tinggi berpangkat eselon dengan nominal Rp3.5 hingga Rp5.6 juta setiap bulan.

Pegawai juga memiliki fasilitas berupa rumah dinas, kendaraan, serta fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis. Anda juga akan mendapatkan gaji pensiunan serta tunjangan anak dan keluarga.

Baca Juga: Berhubungan Baik dengan Negara Lain dengan Jadi Bagian CPNS Kemlu

Semangat Membangun Negeri dengan Jadi CPNS Kemendagri

CPNS Kemendagri bertugas dalam mengurus segala permasalahan yang ada dalam negeri dari daerah kota hingga pedesaan. Tugasnya adalah merumuskan segala kebijakan penting dalam menjalankan birokrasi pemerintahan daerah.

Pegawai yang bekerja dalam wilayah kementerian sudah melewati tes seleksi calon pegawai negeri sipil. Pekerja tersebut mendapat berbagai fasilitas yang disediakan seperti rumah, kenderaan, dan tunjangan.

Lembaga ini termasuk salah satu dari tiga kementerian yang berdiri sendiri sebagai pilar suatu negara. CPNS Kemendagri merupakan orang-orang yang harus menjunjung tinggi integritas dan kejujuran. Ingin tahu tentang lembaga ini lebih lanjut? Jangan lupa sering-seringlah mengupdate laman resminya di https://www.kemendagri.go.id/.


Leave a Comment