Jadilah Salah Satu CPNS Kemendikbudristek untuk Kemajuan Pendidikan

CPNS Kemendikbudristek merupakan pegawai pemerintah yang bekerja pada bidang pendidikan dan kemajuan riset teknologi. Pendidikan merupakan tonggak utama kemajuan suatu negeri karena bisa memanfaatkan segala sumber daya.

Definisi CPNS Kemendikbudristek 

Kemedikbudristek merupakan departemen pemerintah yang mengurus urusan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Pendidikan adalah hal utama yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Pendidikan yang baik akan menghasilkan banyak para ahli dan ilmuan berguna untuk kemajuan bangsa. Banyaknya ahli dalam negeri membuat suatu negara akan semakin kuat dan terkenal daripada negara lainnya.


Pendidikan juga membuat manusia menjadi semakin pintar dan bijaksana. Kepintaran tersebut bisa dipergunakan untuk mengolah sumber daya alam menjadi sesuatu yang berguna.

Pendidikan juga memberikan kepada manusia beragam ilmu sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan. Ilmu sangat banyak jenisnya dan semua hal tersebut untuk memudahkan manusia untuk kelancaran hidupnya.

Indonesia sangat memperhatikan pendidikan di negeri tercinta. Pemerintah sudah menggalakkan wajib sekolah 9 tahun untuk menghindarkan masyarakat dari buta tulis dan aksara.

Masyarakat tidak bisa membaca dan menulis akan menghambat transfer ilmu baru yang akan selalu berkembang. Ilmu pengetahuan semakin hari semakin berkembang karena penelitian dan kebutuhan di lapangan akan berbeda.

CPNS Kemendikbudristek yaitu pegawai yang terikat hubungan dinas dengan departemen riset ini. Banyak bidang yang terlibat di dalamnya seperti bagian penelitian, kebudayaan, dan lain sebagainya.

Pegawai Kemendikbudristek banyak menjadi aparatur sipil negara. Ada juga pegawai lainnya yang bekerja disana karena perjanjian kerja dalam jangka waktu tertentu.

Tugas pegawai tersebut adalah mengatur serta memberikan pemerataan pendidikan pada seluruh wilayah Indonesia. Usia sekolah wajib harus merata seluruh pelosok Indonesia untuk memudahkan transfer ilmu menjadi lebih merata ke seluruh pelosok negeri.

Kemendikbudristek juga terlibat dalam segala riset ilmu pengetahuan dalam segala bidang ilmu yang ada.

Besaran Gaji, Misi, Visi, dan Gaji CPNS Kemendikbudristek 

Penyelenggaraan pengetahuan harus dilakukan untuk semua jenjang umur mulai dari balita hingga lansia. Sekolah dimulai dari usia balita terkenal dengan pendidikan usia dini dalam bentuk belajar sambil bermain.

Sekolah kemudian dilanjutkan pada jenjang sekolah dasar yang mempelajari ilmu pengetahuan dasar seperti matematika, bahasa, dan ilmu sosial. Jenjang selanjutnya adalah sekolah menengah pertama dan atas.

Sekolah menengah ada beberapa pilihan kejuruan seperti tata boga, listrik, dan kesekretariatan. Lalu, jika sekolah menengah sudah selesai maka anak akan melanjutkan di perguruan tinggi untuk melanjutkan jenjang selanjutnya.

Semua sekolah dan universitas harus mendapatkan izin operasional dari Kemendikbudristek. Lembaga ini dipimpin oleh seorang menteri pendidikan yang memperoleh mandat dari presiden untuk melakukan tanggung jawabnya.

CPNS Kemendikbudristek memiliki peranan penting dalam menyusun dan mengeluarkan segala kebijakan tentang kebudayaan dan riset. Adapun tugas, misi, visi, dan besaran gaji CPNS Kemendikbudristek yaitu sebagai berikut.

1. Tugas dan Fungsi

Pada masa kolonial penyelenggaraan pendidikan hanya untuk memajukan para orang kaya dan pemerintah Belanda saja. Setelah kemerdekaan diraih oleh bangsa ini pemerintah sangat memperhatikan masalah pengetahuan dan kebudayaan.

Pemerintah membentuk suatu lembaga khusus mengurusi tentang riset dan teknologi serta pengetahuan masyarakat negeri ini. Adapun tugas pertama diemban oleh Kemendikbudristek adalah mengeluarkan kebijakan tentang pendidikan dan tenaga pendidik.

kedua yaitu melaksanakan tri dharma perguruan tinggi untuk kemajuan negeri pada segala bidang ilmu. Ketiga, menetapkan kebijakan dalam bidang ilmu dan pengetahuan sehingga memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Keempat, mengurus tentang formasi pendidik, pemindahan pendidik dan tenaga pendidikan antara daerah. Tugas kelima menyusun kurikulum standar serta membuat buku pedoman untuk pengajaran suatu bidang ilmu.

Keenam, menentukan kurikulum standar nasional mulai dari sekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi. Pendidikan non formal juga memiliki aturan dan kebijakan tersendiri jika ditempuh oleh masyarakat.

Ketujuh, merumuskan bidang ilmu apa saja yang sesuai untuk diajarkan di perguruan tinggi dalam rangka memenuhi tridarma perguruan tinggi. Tugas kedelapan memberikan fasilitas sekolah terbaik untuk semua jenjang pendidikan di Indonesia.

Tugas kesembilan merumuskan kebijakan tentang  kemajuan kebudayaan daerah. Perfilman nasional juga merupakan tugas kesepuluh kemendikbudristek RI.

Tugas berikutnya adalah melakukan pembinaan terhadap bahasa daerah sehingga tidak punah. Tugas dua belas adalah melakukan supervisi pada seluruh cabang lembaga dai seluruh pelosok wilayah.

Lembaga ini juga bertanggung jawab memberikan pembinaan terhadap segala administrasi sekolah. Terakhir adalah mengelola barang milik negara untuk keperluan umum, melakukan pengawasan, dan mendukung segala organisasi kependidikan.

2. Struktur Organisasi

CPNS Kemendikbudristek memiliki beberapa jabatan dalam lingkungan lembaga pendidikan. Jabatan pertama diisi oleh sekretariat jenderal dengan beberapa bagian seperti guru sebagai tenaga kependidikan dan pengetahuan anak usia dini.

Direktorat jenderal juga membawahi pendidikan vokasi, pendidikan tinggi, dan kebudayaan. Jabatan kedua adalah inspektorat jenderal dengan tanggung jawab penuh terhadap tugasnya.

Dinas ini memiliki badan pengembangan bahasa, badan standar kurikulum dan asesmen pendidikan. Departemen ini juga menyediakan posisi untuk tenaga ahli seperti staf ahli bidang regulasi, inovasi, dan manajemen talenta. Staf ahli lainnya yang bertugas adalah kelembagaan masyarakat dan warisan budaya.

3. Visi

CPNS Kemendikbudristek memiliki visi untuk membuat Indonesia menjadi negara maju dan berdaulat. Dinas ini juga berusaha mewujudkan Indonesia sebagai negara mandiri, beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

4. Misi

CPNS Kemendikbudristek memiliki misi pertama mewujudkan pendidikan yang merata dan berkelanjutan. Misi kedua berusaha mengembangkan bahasa dan sastra daerah sehingga menjadi semakin maju lagi.

Misi ketiga adalah melakukan reformasi pada dunia pendidik dan kependidikan menjadi lebih maju dan berkepribadian. Hal ini memberikan suatu terobosan baru dalam dunia pendidikan sehingga bisa menghasilkan kebijakan memihak perkembangan teknologi.

5. Besaran Gaji

Pegawai yang bekerja pada dunia pendidikan memperoleh gaji per bulan dengan nominal tertentu. Guru atau dosen juga memiliki tunjangan profesi yang disebut uang sertifikasi.

Para pendidik juga mendapatkan jatah uang makan, kesehatan dan gaji pensiun jika sudah tidak bekerja lagi. Untuk guru yang belum memiliki rumah tersedia beberapa unit rumah dinas dan kendaraan .

Nominal gaji terendah yaitu Rp1.5 juta untuk golongan I yang baru menjadi pegawai negeri. Gaji tertinggi diperoleh oleh golongan IV yaitu Rp5.4 juta setiap bulan.

Baca Juga: Besaran Gaji, Tugas dan Struktur Organisasi CPNS Kemenhub

Mengabdi di Jalur Pendidikan dengan Jadi CPNS Kemendibudristek

Kemendikbutristek adalah departemen pemerintah yang mengurusi masalah kependidikan berupa pemerataan sekolah bagi siswa. Kebudayaan juga menjadi tanggung jawab dinas ini dengan memperhatikan kemajuan perkembangan bahasa daerah.

Pegawai yang bekerja pada kementrian ini merupakan pegawai negeri sipil. Ada juga pegawai yang diterima dengan mengikuti seleksi pegawai dengan perjanjian kontrak.

Lembaga ini memiliki tugas dan tanggung jawab mengeluarkan kebijakan tentang pengangkatan, pemindahan, dan pemerataan pendidik. Kemajuan pendidikan bisa dimulai dengan semakin banyaknya riset tentang berbagai bidang ilmu pengetahuan.

CPNS Kemendikbudristek memberikan pelayanan dan kontribusi positif dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Kunjungi laman  https://www.kemdikbud.go.id  apabila Anda ingin tahu lebih lanjut tentang kementerian ini.


Leave a Comment