Ketahui, Seberapa Pentingnya Ebook CPNS dan Tryout Online

Memahami betapa pentingnya Ebook CPNS memang harus diketahui baik-baik bagi siapa saja yang ingin sukses dalam SKD dan SKB. Hal ini berguna untuk mempermudah jalan Anda ketika melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Ingin tahu apa pengertian hingga tips mendapatkan jenis Ebook terbaik? Yuk simak ulasan berikut ini hingga bagian akhir ya.

Apa Itu Ebook CPNS dan Seberapa Pentingnya Ebook CPNS?

Jika diulas lebih dalam terkait dengan pentingnya Ebook CPNS, memang berpengaruh sangat besar terhadap keberlangsungan ketika Anda akan melakukan seleksi. Namun apa sih Ebook dan CPNS itu? Pada dasarnya Ebook merupakan singkatan dari electronic book yang berarti buku digital.

Semakin berkembangnya teknologi masa kini, membuat segala macam hal dapat hadir lebih simple karena berwujud digital, termasuk juga dengan buku digital CPNS. Lambat laun, keberadaan buku elektronik ini semakin menggeser buku fisik yang telah hadir puluhan abad yang lalu.


Sedangkan definisi dari CPNS sendiri yaitu pegawai yang dikategorikan telah selesai dan lulus dalam tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Pada dasarnya, untuk dapat bekerja sebagai pegawai negeri harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu.

Salah satunya yakni dengan melalui tes tulis dan masih banyak jenis tes-tes yang lainnya. Oleh sebab itu, sebelum melakukan tahap seleksi alangkah baiknya jika mencari informasi sebanyak-banyaknya. Baik itu melalui kerabat, sosial media ataupun melalui buku. Namun, mengingat bahwa buku fisik mulai tergusur, namun masih ada cara yang lebih mudah yaitu menggunakan ebook.

Keberadaan ebook CPNS juga tentunya dapat diperoleh sangat mudah sekali. Bahkan, Anda juga dapat memperoleh ilmu yang lebih luas lagi dari berbagai macam jenis buku elektronik yang ada. Terlebih lagi untuk segi format juga tersedia berbagai macam variasi. Mulai dari PDF, TXT, Mobi, HTML dan masih banyak format-format lainnya.

Tips Memilih Ebook CPNS yang Tepat

Setelah mengetahui seberapa pentingnya Ebook CPNS ini, selanjutnya akan dijelaskan terkait dengan tips dalam memilih Ebook CPNS. Berikut ini beberapa poin penting yang harus dipahami dan dicermati secara baik-baik.

1. Mencari Ebook CPNS yang Lengkap Disertai dengan Pembahasan

Seperti yang telah diketahui, pentingnya Ebook CPNS memang tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, agar lolos dalam uji tersebut harus memanfaatkan ebook tersebut dengan baik dan benar. Dengan demikian, untuk memudahkan Anda dalam berlatih soal-soal, akan jauh lebih menguntungkan apabila mengunduh ebook yang lengkap disertai pembahasannya.

2. Mengetahui Terlebih Dahulu Apa Saja Materi yang Diujikan

Pentingnya Ebook CPNS ini memang ditunjukkan dalam hal apa saja materi yang diujikan. Umumnya tes CPNS diawali dengan melakukan tes tulis yang akan mengujikan materi TKD berupa TKP, TIU dan TWK. Akan tetapi, setiap calon harus melalui tahap administrasi terlebih dahulu sebelum menuju tes tulis tersebut.

Setelah berhasil melalui tahap administrasi maka dapat dilanjutkan dengan tes tulis dan beberapa tes lainnya. Pada dasarnya, tes karakteristik pribadi atau TKP merupakan beberapa indikator terkait dengan sikap pelayanan publik, profesionalisme dan komunikasi. Sedangkan untuk jumlah soal yang diujikan pada materi ini yaitu 45 soal.

Di samping itu, sistem penilaian yang digunakan dari tahun ke tahun yaitu nilai 1 hingga 5, namun apabila tidak dijawab akan diberikan skor 0. Berdasarkan setiap soal yang diujikan tersebut mempunyai tujuan utama untuk menilai kemampuan seluruh calon atau peserta dalam mengimplementasikan berbagai macam keterampilan.

Beberapa diantaranya yaitu terkait dengan jejaring kerja, anti radikalisme, sosial budaya, pelayanan publik, teknologi dan komunikasi serta profesionalisme. Selain itu, untuk TWK atau Tes Wawasan Kebangsaan ini memuat terkait implementasi bela negara, jiwa nasionalisme dan integritas.

Berbeda dengan TKD, apabila dalam materi ini jumlah soal yang diujikan yaitu mencapai 30 butir. Sedangkan untuk penilaiannya menerapkan pemberian poin 5 serta 0 apabila salah. Sehingga, pada tahap ini, nilai tertinggi diperoleh hingga angka 150. Untuk materi yang terakhir yaitu TIU atau Tes Intelegensi Umum.

Tujuan utama dilakukannya tes ini yaitu untuk mengukur bagaimana kemampuan verbal, figural dan numerik. Sedangkan jumlah soal yang diberikan umumnya sebanyak 35 butir.

3. Mempertimbangkan Setiap Bonus yang Diberikan

Tidak jarang bahwa keluaran ebook CPNS memberikan berbagai macam bonus. Biasanya, hal ini dapat diperoleh untuk jenis-jenis ebook berbayar. Kebanyakan, bonus tersebut berupa grup belajar secara intens, video pembahasan, tutorial psikotes, try out online serta beberapa materi TOEFL dan TOEIC.

4. Memilih Materi yang Sesuai dengan Permenpan RB Paling Terbaru

Tips selanjutnya yaitu dengan memilih materi yang sesuai dengan Permenpan RB paling terbaru. Karena mengingat betapa pentingnya Ebook CPNS ini, sehingga Anda harus memanfaatkan sebaik mungkin guna mendapatkan hasil yang memuaskan.

Biasanya, apabila para calon telah berhasil melalui tahap SKD akan dilanjutkan dengan SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang. Namun perlu untuk diketahui bahwa setiap formasi dan lembaga pemerintahan mempunyai kriteria masing-masing untuk tes satu ini.

Sehingga, agar memperoleh informasi yang akurat, Anda perlu mencari jenis ebook yang memenuhi kriteria SKB di daerah setempat. Terlebih lagi, akan jauh lebih komplit apabila ebook yang diunduh telah mengulas lebih dalam terkait formasi atau lembaga tertentu.

Umumnya, formasi favorit yang selalu diperebutkan yaitu tenaga pendidik, Kemenkumham dan tenaga medis. Poin penting lain yang harus diketahui yaitu setiap tahun pemerintah akan memberikan kisi-kisi materi, begitu juga untuk setiap materi tes tulisnya. Sehingga sangat penting bahwa ebook yang dipilih telah sesuai dengan Permenpan RB terbaru.

5. Mempunyai Variasi Soal yang Banyak

Salah satu hal yang menentukan pentingnya Ebook CPNS ini disesuaikan dengan seberapa banyak varian soal didalamnya. Hal ini dikarenakan semakin sering Anda berlatih soal tentu kemudahan dalam mengerjakan cenderung lebih tinggi. Seringkali uji CPNS ini tidak jauh-jauh dengan soal-soal tahun lalu yang telah diujikan sebelumnya.

Sehingga, Anda dapat benar-benar memilih Ebook CPNS yang mempunyai banyak keunggulan guna menunjang impian sebagai pegawai negeri. Bukan hanya itu saja, dalam memilih Ebook juga dapat disesuaikan dengan keinginan, apakah itu berbayar atau disediakan secara gratis.

Memang, seringkali Ebook berbayar menawarkan sejuta manfaat. Namun bukan tidak mungkin apabila Ebook CPNS gratis juga mampu memberikan segudang manfaat untuk Anda. Oleh sebab itu, setiap ingin memutuskan untuk mengunduh atau membelinya, selalu pertimbangkan secara baik-baik.

Baca Juga: Arti Kode P/L CPNS di Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar

Yuk Beli Ebook CPNS dan Ikuti Tryout Online

Demikian ulasan singkat terkait dengan betapa pentingnya Ebook CPNS itu. Setelah mengetahui pengertian hingga tips-tips untuk memilih Ebook, dapat menjadi harapan besar agar Anda dapat berhasil untuk meraih mimpi menjadi seorang pegawai negeri sipil.

Bagi Anda yang ingin mencoba mendaftar sebagai anggota CPNS, kunjungi dan pantau terus https://sscasn.bkn.go.id/ untuk mendapatkan informasi lebih jauh. Sehingga, Anda dapat terus update mengenai apa saja kisi-kisi uji tulis, kapan dibukanya pendaftaran CPNS dan masih banyak informasi lainnya yang bisa diperoleh.


Leave a Comment