Kisi-kisi CPNS Terbaru Sesuai dengan Masing-masing Bidang

Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka tahun 2021, berbagai persiapan dilakukan, seperti mempelajari kisi-kisi CPNS terbaru. Bisa dikatakan tes CPNS 2021 mempunyai kemiripan dengan materi soal pada tahun-tahun sebelumnya, jadi Anda bisa fokus mempelajari soal-soal.

Pendaftaran CPNS 2021

Karena pandemi Covid-19 masih ada di Indonesia, maka proses pendaftaran CPNS 2021 dilaksanakan secara online lewat situs yang tersedia. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah melakukan perbaikan maupun pengembangan situs, agar proses pendaftaran berjalan lebih optimal.

Pemerintah menjalankan keputusan Menteri Kesehatan R.I nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 mengenai protokol kesehatan untuk masyarakat di tempat serta fasilitas umum. Pedoman ini dalam rangka mencegah dan mengendalikan virus Covid-19.


Sebelum mencari kisi-kisi CPNS terbaru, Anda bisa mengakses sscasn.bkn.go.id yaitu laman resmi penerimaan CPNS 2021. Melalui website tersebut, Anda dapat mengetahui perkembangan informasi mengenai CPNS 2021.

Syarat Mendaftar CPNS 2021

Ada beberapa persyaratan yang perlu Anda ketahui sebelum mendaftar seleksi CPNS 2021, yaitu usia minimal pendaftar 18 tahun. Maksimal berusia 35 tahun, tetapi pada jabatan tertentu, batas usianya 40 tahun.

Jabatan CPNS yang bisa dilamar pada usia 40 tahun seperti, dokter spesialis maupun dokter spesialis gigI, dokter pendidik klinis. Selain itu, dosen, peneliti serta perekayasa, yang berkualifikasi pendidikan Strata 3 ATAU Doktor.

Persyaratan lainnya tidak pernah dipidana penjara, tidak pernah diberhentikan secara hormat. Serta, tidak berstatus calon PNS, TNI, pegawai swasta, maupun anggota kepolisian.

Peserta CPNS juga tidak tergabung menjadi pengurus partai politik, serta mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan. Selain itu, peserta siap ditempatkan pada seluruh wilayah Indonesia, dan sehat jasmani maupun rohani.

Adapun, persyaratan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan jabatan, akan ditetapkan oleh PPPK. Anda juga perlu melengkapi persyaratan dokumen seperti, kartu keluarga, ijazah, KTP, SKCK, transkrip nilai, pas foto.

Jangan lupa mempersiapkan dokumen tambahan sesuai ketentuan instansi yang akan Anda lamar, sebelum menemukan kisi-kisi CPNS terbaru. Namun, penerimaan CPNS 2021, ijazah, STR, serta NUPTK tidak perlu diunggah.

Sebab laman SSCASN telah terintegrasi dengan data NIK yang ada di Dukcapil, data STR pada kementerian kesehatan. Data Dapodik pada Kemdikbud, serta data ijazah dan akreditasi perguruan tinggi pada Kementerian Ristekdikti.

Pada pengembangan portal SSCASN, BKN juga menambahkan fitur Face Recognition, sehingga wajah para peserta tes dapat teridentifikasi. Hal ini juga berupaya untuk meminimalisir keberadaan calo pada pelaksanaan ujian.

Kisi-kisi CPNS Terbaru TWK

Tujuan keberadaan tes wawasan kebangsaan yaitu menilai penguasaan para peserta mengenai pengetahuan, serta kemampuan mengimplementasikan empat pilar. Adapun empat pilar kebangsaan Indonesia terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pancasila terdiri dari ideologi dasar serta ideologi NKRI, perbandingan ideologi, nilai Pancasila, dan perbandingan ideologi. UUD 1945, berkaitan dengan konstitusi, sifat konstitusi, jenis konstitusi, amandemen UUD 1945, serta penyimpangan pada konstitusi.

Bhinneka Tunggal Ika, meliputi, sejarah penemuan, lambang negara, landasan hukum, prinsip maupun paham Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu, penerapan Bhinneka Tunggal Ika bagi kehidupan berbangsa serta bernegara.

NKRI, yakni sistem tata negara Indonesia, kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik, sejarah perjuangan bangsa. Serta, berkaitan dengan peranan bangsa Indonesia terhadap tatanan regional dan global.

Jika sebelumnya penjabaran mengenai pilar kebangsaan Indonesia, maka kisi-kisi CPNS terbaru dalam TWK yaitu nasionalisme. Jadi, nasionalisme mengenai kemampuan mewujudkan kepentingan nasional lewat cita-cita serta tujuan yang sama, dengan mempertahankan identitas nasional.

Kedua, integritas yaitu kemapuan menjunjung tinggi kejujuran, komitmen, ketangguhan, serta konsistensi menjadi satu kesatuan sikap. Kemampuan ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan nasional.

Ketiga, bela negara yaitu dapat berperan aktif mempertahankan eksistensi bangsa maupun negara. Keempat, pilar negara, yakni pemahaman serta pengamalan nilai-nilai pada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kisi-kisi CPNS Terbaru TIU

Dalam kisi-kisi CPNS terbaru terdapat beberapa materi dalam soal TIU, yang harus dikerjakan peserta. Pertama, kemampuan verbal merupakan tes mengenai kemampuan peserta dalam menyampaikan informasi, baik dengan lisan maupun tulisan.

Kemampuan verbal yang diujikan terdiri dari analogi, analitis, dan silogisme. Kedua, kemampuan numerik yang menguji sejauh mana kemampuan peserta menerapkan operasi hitung angka, serta mengamati hubungan antar angka-angka.

Dalam kemampuan numerik terdapat materi berhitung, perbandingan kuantitatif, deret angka, serta soal cerita. Ketiga, kemampuan berpikir logis merupakan kemampuan seseorang dalam menerapkan penalaran dengan runtut.

Keempat, kemampuan berpikir analitis yang bertujuan mengetahui kemampuan seseorang mengurai sebuah permasalahan. Pada kisi-kisi CPNS terbaru dalam soal TIU, terdapat kemampuan figural yang meliputi analogi, ketidaksamaan, dan serial.

Kisi-kisi CPNS Terbaru TKP

TKP termasuk serangkaian tes dalam seleksi kompetensi dasar, selain TIU dan TWK. Kisi-kisi CPNS terbaru terdiri dari pelayanan publik, sosial budaya, jejaring kerja, profesionalisme, anti radikalisme, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Umumnya, soal TKP terdiri dari semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, integritas diri, orientasi terhadap pelayanan, kemampuan beradaptasi. Selain itu, orientasi kepada orang lain, kemampuan bekerja mandiri serta tuntas, dan kemampuan pengendalian diri.

Ada juga kemampuan bekerja sama terhadap kelompok, kemampuan menggerakan maupun koordinir orang lain, serta kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Selain tes SKD yang terbagi menjadi TIU, TWK, dan TKP, ada juga tes seleksi kompetensi bidang. Tes yang bertujuan mengukur kemampuan dan mengetahui karakteristik seseorang melalui pengetahuan, keterampilan, serta perilaku.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi seseorang, sesuai atau tidaknya dengan jabatan yang dilamar. Umumnya, TKB dapat dilaksanakan, jika peserta yang bersangkutan lulus dalam tes SKD.

Sama halnya seperti SKD, terdapat kisi-kisi mengenai tes SKB. Namun, materi tes soal SKB ditentukan posisi formasi serta jabatan yang Anda pilih.

Soal SKB terdiri dari peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi atau MenPAN-RB, peraturan instansi yang Anda lamar. Selain itu, terdapat relevansi yang berkaitan dengan latar belakang studi, dan soal-soal yang instansi tanyakan.

Setelah mengetahui kisi-kisi CPNS terbaru, selanjutnya jadikan kisi-kisi itu sebagai acuan belajar, baik dari buku-buku atau internet. Pelajari soal CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, siapa tahu Anda menemukan kemiripan soal tes CPNS 2021 dengan soal lalu, sehingga bisa menembus passing grade CPNS terbaru tahun ini.


Leave a Comment