Link NIP CPNS 2022, Fungsi dan Rincian Penetapannya

Link NIP CPNS 2022 sudah dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan sudah diperbaharui dan dapat dicek secara massal. Informasi tersebut sudah disampaikan lewat Instagram resmi BKN, menurut data para ada 110.646 yang telah diperbarui.

Pengertian NIP CPNS

Adapun pengertian NIP CPNS adalah nomor yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil sebagai identitas. Dalam NIP terdapat tanggal, bulan, tahun lahir pegawai dan ada tahun pengangkatan pertama sebagai CPNS.

Terdapat juga jenis kelamin pegawai, dan nomor urut CPNS. Untuk nomor urut pegawai terdiri atas 18 digit yang memiliki fungsi sebagai nomor identitas.


Antara lain pembinaan karir, pelayanan gaji, pensiun, asuransi, sosial, tabungan dan pengelolaan administrasi pegawai dan pelayanan lainnya.

Untuk mengecek pembaharuan NIP Anda dapat melihat lewat link NIP CPNS 2022 yang sudah disediakan. Kemudian, inilah fungsi dan rincian tentang penetapan link tersebut.

Sebelumnya pembahasan dan pembaharuan tentang NIP CPNS sudah diinformasikan. Ada beberapa orang yang belum paham dengan fungsi link NIP CPNS 2022.

Link sendiri memiliki fungsi sebagai jalan masuk dimana terdapat segala informasi tentang hal yang telah ditentukan. Misalnya link NIP CPNS ini berfungsi sebagai wadah informasi yang dapat diakses oleh siapapun yang ingin mengetahui tentang informasi CPNS.

Termasuk juga NIP CPNS terbaru yang telah diupgrade oleh BKN. Disana terdapat berbagai macam informasi mengenai semua hal tentang CPNS.

Mulai dari perekrutan CPNS, cara mendaftar, persyaratan, update NIP CPNS terbaru dan update pendataan NIP terbaru masing-masing wilayah Indonesia. Semua dapat Anda akses dengan mudah melalui link resmi tersebut.

2. Rincian Penetapan NIP CPNS 2022

NIP CPNS terbaru telah ditetapkan sebanyak 9.702 (non guru). Hal ini telah diutarakan dan disampaikan oleh kepala biro Humas, hukum yang telah bekerjasama dengan BKN.

Proses pembuatan NIP CPNS ini telah melalui proses pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) setelah ditetapkannya lulus dalam formasi CPNS. Formasi yang telah ditetapkan lulus mencapai 11.827 atau mencapai 99,2 persen.

Untuk kategori PPPK guru tahap pertama mencapai 173.387 atau 99,7 persen dan telah selesai mengisi daftar riwayat hidup. Sedangkan untuk PPPK guru tahap kedua dari 120.137 peserta yang telah ditetapkan lulus 98 persen sudah mengisi DRH.

Dan bagi CPNS 98,6 persen peserta telah lulus dan mengisi daftar riwayat hidup. Semua data tersebut telah diterbitkan dan merupakan update terbaru tahun 2022.

3. Proses Penerbitan NIP CPNS

Penerbitan NIP CPNS terbaru tidak langsung dapat diberikan, melainkan terdapat proses didalamnya. Proses ini dilakukan oleh BKN dengan menerbitkan surat yang telah di tandatangani oleh Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian.

Dalam surat tersebut BKN menuliskan tentang persyaratan kelengkapan SPTMJ (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak). Surat ini merupakan surat penerbitan NIP CPNS yang resmi.

Adapun isi dalam surat BKN sebagai berikut, berdasarkan keputusan menteri PAN-RB nomor 981 tahun 2021. Berkenaan dengan persyaratan, sertifikasi dan seleksi kompetensi teknis tambahan sebagai syarat melamar pada jabatan.

Dalam dikirim pertama terdapat pernyataan bahwasanya setiap pelamar yang melamar pada jabatan fungsional wajib memiliki pengalaman. Misalnya minimal 3 tahun kerja pada bidang yang relevan dengan mengemban jabatan fungsional untuk jenjang pemula, terampil dan ahli.

Minimal 5 tahun bidang kerja relevan, jabatan fungsional untuk jenjang mahir, penyelia, ahli muda dan madyapemula, dan terampil. Dengan adanya ketentuan tersebut instansi wajib bertanggung jawab terhadap kebenaran dalam kelengkapan administrasi.

Kedua usulan penetapan NIP CPNS disampaikan kepada kepala BKN atau kepala kantor regional BKN. Hal ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan telah diatur dalam peraturan BKN.

Selanjutnya berkenaan dengan hal-hal tersebut, usul NIP CPNS selain memenuhi persyaratan administrasi Instasi harus bertanggung jawab atas kebenaran berkas dan dokumen.

4. Langkah Pengusulan NIP

Link NIP CPNS 2022 dapat diakses dan memberikan informasi yang akurat tentang dunia kepegawaian pemerintah. Adapun langkah-langkah pengusulan NIP CPNS dan diatur dalam peraturan BKN 14/2018 tentang teknis pengadaan PNS.

Pertama Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) merupakan instansi yang menyampaikan usul penetapan NIP kepada BKN. Termasuk juga dengan kelengkapan dokumen pemberkasan peserta yang telah diverifikasi oleh instansi masing-masing.

Kedua, tim pengadaan BKN melakukan pengecekan atau validasi berupa pemeriksaan serta penelitian kelengkapan dokumen. Apakah telah sesuai dengan administrasi atau persyaratan dan relugasi pelaksanaan seleksi CPNS yang dilaksanakan.

Ketiga,  memberikan usul NIP dari instansi berupa usul penetapan NIP yang memenuhi persyaratan dan telah ditetapkan oleh BKN. Penetapan NIP yang persyaratan tidak lengkap akan dikembalikan dengan surat pemberitahuan ke instansi.

Terakhir, PPK dalam waktu maksimal 30 hari kerja setelah menerima penetapan NIP dari BKN. Selanjutnya membuat keputusan pengangkatan atau diberikannya Surat Keputusan (SK CPNS).

Nantinya SK CPNS akan dibarengi dengan surat perintah pelaksanaan tugas (SPMT). Surat perintah tersebut akan dikeluarkan masing-masing instansi yang berwenang.

SK nantinya bisa digunakan sebagai pegangan para pegawai negeri untuk mengemban tugas.

5. Proses Setelah Penetapan NIP

Setelah melewati berbagai proses dan tersebut dan NIP telah selesai diterbitkan oleh BKN maka para pegawai menunggu penerbitan SK. Surat Keputusan (SK CPNS) merupakan dokumen penting bagi para CPNS.

Karena dengan SK ini para pegawai dapat bekerja dibawah payung kepemerintahan secara resmi. Adapun waktu penerbitan dari SK sendiri dilakukan maksimal satu bulan setelah penetapan NIP oleh BKN.

Apabila SK melebihi batas waktu maksimal Anda dapat mengunjungi link NIP CPNS 2022. Disana terdapat segala informasi tidak terkecuali SK CPNS yang sudah dan belum dikeluarkan oleh BKN.

Baca Juga: 4 Sanksi Peserta CPNS Lampung Didiskualifikasi Karena Remote Access

Link NIP CPNS 2022 dapat memberikan segala informasi tentang CPNS, mulai dari pendaftaran CPNS, persyaratan, langkah melamar CPNS sampai NIP. Jika Anda belum mengerti dan harus segera mendapatkan informasi Anda dapat berkunjung di link NIP CPNS 2022  tersebut.

Proses penerbitan NIP pun cukup memakan waktu serta melalui persetujuan deputi bidang kepegawaian kepegawaian. Dengan menerangkan persyaratan serta dokumen bahwa semua sesuai dengan kebenaran, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

SK (Surat Keputusan) merupakan surat atau dokumen penting yang berguna sebagai identitas para pegawai. Dengan adanya SK para CPNS dapat bekerja dengan tenang di bawah payung pemerintah.

Surat keputusan ini juga dapat keluar setelah NIP keluar dan diterbitkan oleh BKN. Dengan maksimal waktu 30 hari dari tanggal terbitnya NIP CPNS.

Untuk memudahkan Anda dalam melihat dan memantau perkembangan NIP tersebut kunjungi link NIP CPNS 2022  http://s.id/UpdateNIP_NIP3K2021 . Dengan segala kemudahan yang diberikan Anda dapat segera mendapatkan informasi yang akurat serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Itulah beberapa informasi tentang link NIP CPNS 2022 yang mungkin dapat membantu Anda dalam mencari informasi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi yang bermanfaat.


Leave a Comment