Lowongan CPNS Kementan untuk Anda yang Ingin Memajukan Pangan

CPNS Kementan memegang peranan penting dalam mendistribusikan dan mengembangkan hasil bumi Indonesia dengan maksimal. Lembaga ini harus menyediakan bibit serta pupuk terbaik untuk kemajuan pangan nusantara.

Lowongan CPNS Kementan yang Selalu Diminati

Kementan adalah singkatan dari kementrian pertanian yang bertugas mengatur bagaimana pemasaran hasil bumi dengan baik. Hasil bumi berupa bidang pertanian dan perkebunan sebagai penopang makanan pokok masyarakat.

Indonesia terkenal dengan negara agraria dimana lahan tani dan perkebunan menjadi komoditi utama. Pertanian dan perkebunan memegang peranan penting penghasilan masyarakat nusantara dengan lahan luas.


Petani merupakan profesi kebanyakan masyarakat Indonesia dengan berbagai hasil tani seperti padi, karet, coklat, sawit, dan lainnya. Sayangnya hasil tani setiap masa panennya mengalami penurunan harga yang tajam.

Hal ini terjadi karena banyak oknum yang bermain untuk membeli hasil tani rakyat kecil sehingga hasilnya sangat murah. Pada masa penjajahan Belanda hasil tani masyarakat diambil paksa oleh penjajah tanpa bayaran.

Kemerdekaan memberikan angina segar kepada masyarakat untuk mendapatkan kehidupan lebih layak. Pemerintah menunjuk suatu departemen khusus untuk mengurus masalah pertanian dengan menentukan harga beli yang layak bagi masyarakat.

Pemerintah juga memberikan bantuan berupa bibit unggul dan pupuk untuk petani supaya hasil tani menjadi lebih bagus. Jika panen sudah tiba, masyarakat bisa menjual kepada lembaga resmi pemerintah sehingga harga tetap stabil di pasaran.

Pegawai yang bertanggung jawab tentang pendistribusian hasil tani dan lainnya adalah CPNS Kementan. Semua pekerja yang terlibat dalam departemen ini sudah lulus seleksi sebagai pegawai negeri sipil.

Ada juga pegawai yang diterima dengan perjanjian kontrak karena ketidakcukupan tenaga untuk mengurus segala hal tentang pertanian. Jalur ini biasanya diterima dari daerah dengan menpertimbangkan formasi yang dibutuhkan.

Visi, Misi, Tugas, dan Gaji CPNS Kementan

Setiap orang bisa mengikuti seleksi menjadi aparatur sipil negara asal memenuhi syarat. Syarat utama adalah lulusan sarjana pertanian dengan usia minimal 22 tahun serta terbukti sebagai warga negara Indonesia.

Syarat lainnya yang diperlukan diantaranya surat kesehatan jasmani dan rohani, surat bebas narkoba, serta dokumen penting lainnya. Anda bisa melihat syarat lengkapnya di halaman website resmi kementrian terkait.

CPNS Kementan bernaung di bawah kepemimpinan seorang menteri yang didaulat sebagai pemimpin. Menteri pertanian dipilih oleh presiden secara langsung dengan memberikan mandate dan tugasnya mengurus masalah pertanian.

Tugas utama seorang menteri adalah mengeluarkan kebijakan, promosi produk, dan pemasaran hasil tani. Pemasaran bisa jangkauan dalam negeri dan lebih bagus menjangkau seluruh dunia.

Menteri pertanian juga mendapatkan tugas khusus untuk menangani berbagai produk pertanian yang diinginkan. Adapun tugas, misi, visi, dan gaji CPNS Kementan adalah:

1. Tugas dan Fungsi

Pemerintah memiliki akses secara langsung untuk menangani berbagai permasalahan yang timbul dalam masyarakat. Pemerintah sudah membagi tugas dalam menangani masalah tersebut dengan mendirikan banyak kementerian.

Salah satunya adalah kementrian pertanian yang memiliki tugas sangat penting untuk kemakmuran negeri. Adapun tugas pertama kementan yaitu merumuskan serta menetapkan kebijakan terbaru terkait bidang pertanian.

Kebijakan tersebut seperti menentukan harga pupuk dan pembelian bibit unggul sama rata pada semua daerah. Hal ini membuat daya beli petani terjangkau sehingga tidak tertipu oleh tengkulak.

Tugas kedua adalah mengelola barang milik negara dengan sebaiknya sehingga bisa berguna untuk umum. Contohnya saja memanfaatkan lahan tidak terpakai diolah menjadi lahan pertanian sehingga menghasilkan.

Bagi petani akan mendapatkan keuntungan mendapatkan pekerjaan sedangkan bagi pemerintah sukses memberikan lapangan kerja kepada rakyat. Lahan gambut juga bisa menjadi lahan hijau ditanami tanaman sehingga bukan saja sebagai lahan tidur.

Tugas ketiga melakukan pengawasan pada departemen pertanian dengan lebih ketat lagi. Pengawasan bisa dilakukan mulai dari daerah hingga ke pusat.

Tugas keempat adalah memberikan bimbingan teknis atau supervisi pada kantor bagian daerah. Bimbingan teknis bisa berupa pelatihan bagaimana menghasilkan panen yang berlimpah serta cara menanam bibit yang baik.

Lembaga juga bisa memberikan pelatihan secara langsung dengan turun ke lapangan. Tugas kelima adalah melakukan kegiatan teknis dengan skala nasional maupun internasional.

Kementrian bisa mengadakan pameran pertanian dengan memasarkan hasil tani berkualitas. Pemeran tersebut juga bisa dipamerkan pada panggung internasional dengan menguasai public speaking dengan baik.

2. Struktur Organisasi

Dalam kementan terdapat berbagai pilihan jabatan yang diisi oleh pakar di bidangnya. Pertama diisi oleh sekretariat jenderal sebagai pimpinan tertinggi setelah menteri pertanian.

Kemudian yang kedua dipegang oleh inspektorat Jenderal yang membawahi bidang prasarana, tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan. Jabatan ketiga didik oleh badan penelitian , penyuluhan, ketahanan pangan, dan karantina pertanian.

Jabatan penting lainnya yaitu staf ahli seperti bidang infrastruktur pertanian, lingkungan, bio industri, dan hubungan internasional. Sedangkan golongan eselon IIa membawahi bagian pusat data, perizinan varietas pertanian, perpustakaan, dan sosial ekonomi pertanian.

3. Visi

CPNS Kementan  memiliki visi terwujudnya Indonesia sebagai negara yang maju dan berdaulat di mata Internasional. Indonesia sebagai negara agraris diharapkan mandiri dan memiliki kepribadian gotong royong sebagai ciri khas bangsa.

Kemajuan pada bidang pertanian bisa dilihat semakin banyak produksi hasil panen yang berkualitas tinggi. Penelitian berbagai varietas tanaman unggul juga semakin banyak dilakukan para ahli tani.

4. Misi

Misi lembaga ini adalah bisa mewujudkan ketahanan pangan Indonesia. Artinya negara bisa menjamin tercukupinya pangan masyarakat tanpa bantuan negara lain.

Misi kedua berupa peningkatan nilai saing berupa menghasilkan produk baru yang bisa mengalahkan produk sebelumnya. Misi ketiga adalah meningkatkan sumber daya manusia dan peralatan di bidang pertanian dengan lebih layak.

5. Besaran Gaji CPNS Kementan

Gaji pegawai kementan sama dengan kementerian lainnya pada pemerintahan Indonesia. Perbedaannya biasanya terletak pada tunjangan dan fasilitas yang diberikan oleh lembaga masing-masing.

Nominal terendah gaji pada Kementan berkisar antara Rp1.5 hingga Rp1.8 juta pada golongan lulusan sekolah menengah atas. Gaji paling tinggi diterima oleh pegawai golongan IV sebesar Rp3.4 hingga Rp5.9 juta per bulan.

Pegawai tersebut juga mendapatkan tunjangan pensiun, makan, keluarga, dan kesehatan. Fasilitas dinas juga diberikan berupa mobil bagi pemimpin dan motor bagi bawahannya.

Baca Juga: Tegakkan Keadilan dengan Menjadi Bagian dari CPNS Kemenkumham

Jadikan Profesi CPNS Kementan Sebagai Amanah dari Negara

CPNS Kementan adalah pegawai yang terlibat dan bertanggung jawab terhadap urusan pertanian dan perkebunan. Pegawai tersebut ada berstatus ASN dan pekerja dengan perjanjian kontrak.

Kementerian pertanian dipimpin oleh seorang menteri dengan beberapa jajaran penting di bawahnya. Tugas utamanya adalah mengeluarkan kebijakan, melakukan penelitian pertanian, promosi produk, dan memasarkan hasil tani.

Pemasaran bisa dilakukan pada tingkat nasional maupun internasional dengan mengadakan pameran pertanian. Anda bisa menemukan beragam hasil bumi dan bisa menanyakan secara langsung bagaimana cara pembudidayaannya.

Indonesia sebagai negara agraris diharapkan bisa mewujudkan ketahanan pangan nasional. CPNS Kementan akan mengupayakan pelayanan terbaik untuk mewujudkan semua kebijakan yang dirumuskan oleh pemerintah khususnya bidang pertanian. Untuk laman resmi dari lembaga negara ini, Anda bisa membuka https://www.pertanian.go.id.


Leave a Comment