Materi TIU, TWK, dan TKP serta Contoh Soal E CPNS Kemenkeu

Sejak beberapa tahun lalu, seleksi E CPNS Kemenkeu kabarnya tidak akan digelar secara umum sampai 2024, apakah benar? Hal ini disebutkan Menteri Keuangan sendiri, Sri Mulyani Indrawati.

Sementara, seleksi penerimaan pegawai baru di kementerian ini akan menggunakan skema kedinasan, yakni dari PKN STAN. Meski tahun pembukaan pendaftaran E CPNS Kemenkeu masih cukup lama, tidak ada salahnya bersiap sejak sekarang. Lebih lengkapnya, ada beberapa informasi terkait di portal resmi https://rekrutmen.kemenkeu.go.id/.

Persiapan bisa mengenai banyak hal, salah satunya tentang kesiapan menghadapi ujian di seleksi perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil nanti. Untuk diketahui terdapat dua seleksi yang wajib dilewati peserta uji kompetensi, yakni Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang.


Seputar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Ujian SKD akan dilewati pelamar CPNS yang telah berhasil melewati tahapan administrasi. Ujian ini menggunakan sistem ujian berbasis CAT atau Computer Assisted Test, selengkapnya di bawah ini!

1. Sekilas Tes SKD E CPNS Kemenkeu

Sebagai informasi, kini, tes SKD tidak hanya memanfaatkan sistem komputer yang membuat nilai muncul di layar setelah penyelesaian ujian. Akan tetapi, satuan panitia penyelenggara tes telah menerapkan webcam sehingga kecurangan dapat lebih diminimalisir.

Untuk diketahui, khususnya bagi yang baru akan mengikuti CPNS, tes ini memiliki 3 materi ujian dengan total soal berbeda-beda. Di antaranya, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terdiri dari 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan jumlah 45 soal.

Kemudian, terdapat materi Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan total 35 soal. Nilai kumulatif maksimal dari semua soal berjumlah 110 di atas adalah 550, dengan penilaian yang akan dibahas di poin berikutnya.

2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) E CPNS Kemenkeu

Perlu diketahui, TWK adalah ujian dengan materi yang mengangkat pengetahuan mengenai dasar-dasar NKRI. Di antaranya, Pancasila, Undang-Undang 1945, Bhineka Tunggal Ika, Sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Literasi Bahasa Indonesia.

Berdasarkan informasinya, materi utama dalam TWK terdiri dari pengetahuan sosial, sejarah, serta peranan Indonesia terhadap regional dan global. Selain itu, terdapat juga soal dengan materi yang menguji kemampuan berbahasa Indonesia serta pemahaman sistem tata negara.

Setiap satu soal bernilai 5, apabila salah atau tidak terisi, bernilai 0. Kemudian, passing grade dari TWK adalah 65.

3. Contoh Soal TWK E CPNS Kemenkeu

Berikut beberapa contoh soal serta pembahasan dari Tes Wawasan Kebangsaan yang biasa muncul di SKD E CPNS Kemenkeu.

Soal Pertama

Sebuah perundingan antara Indonesia dan Belanda dilakukan pada 10 November 1945 dengan perwakilan Perdana Menteri Sutan Syahrir dari Indonesia. Sementara itu, perwakilan Belanda adalah Profesor Schermerhorn.

Perundingan ini disebut ….

A Linggarjati

B Bongaya

C Renville

D Giyanti

E Roem Royen

Jawabannya: A

Pembahasan:

Perundingan yang dilakukan pada 10 November tahun 1945 disebut sebagai Perundingan Linggarjati atau Perundingan Cirebon. Berlokasi di Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat, perundingan ini dilakukan agar Belanda mengakui Sumatera, Jawa, dan Madura adalah wilayah Indonesia.

Soal Kedua

Kandungan dari nilai-nilai Pancasila salah satunya merupakan nilai praksis yang kerap diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, ketika terjadi musibah di suatu daerah, banyak relawan membantu soal pangan untuk korban bencana.

Aktivitas tersebut merupakan penerapan dari nilai sila ….

A Kesatu

B Kedua

C Ketiga

D Keempat

E Kelima

Jawaban: B

Pembahasan:

Praksis dalam KBBI berarti praktik atau kegiatan praktis manusia. Nilai praksis dalam Pancasila artinya realisasi kandungan yang terdapat dalam Pancasila ke dalam kehidupan.

Jabarkan Pancasila, (1) Ketuhanan Yang Maha Esa, (2) kemanusiaan yang adil dan beradab, (3) persatuan Indonesia. Kemudian, (4) kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, (5) keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selanjutnya, fokus pada kata relawan. Membantu soal pangan merupakan bentuk kemanusiaan, yakni realisasi dari sila kedua, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

4. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Materi yang diangkat dalam tes ini akan menguji seputar karakter peserta CPNS, kelebihan dan kekurangannya. Tidak ada soal yang benar ataupun salah, sebab pertanyaan layaknya meminta tanggapan pelamar jabatan terhadap sesuatu.

Sebagai informasi, tiap soal TKP bisa bernilai 1 hingga 5, jika tidak menjawab nilainya 0. Sementara itu, passing grade dari tes ini bernilai 166. Lihat contoh soal di poin berikutnya.

5. Contoh Soal TKP

Setiap peristiwa yang terjadi tidak pernah terduga, bahkan kadang kala bisa dianggap sebagai bentuk kesialan manusia. Misalnya, Anda tidak sengaja merusak fasilitas di lembaga tempat bekerja.

Anda tahu bahwa sebelumnya benda tersebut telah memiliki kerusakan, tetapi tidak begitu diketahui banyak orang. Nahasnya, atasan mendapati kerusakan tersebut diakibatkan oleh Anda.

Bagaimana sikap Anda menanggapi peristiwa tersebut?

A Segera bermonolog, “Ah, sudah tau barangnya rusak, kenapa mesti kesenggol, sih. Sekarang jadi pecah.” Anda bermaksud mencari simpati agar atasan dapat memahami peristiwa tersebut.

B Berbicara langsung pada atasan bahwa barangnya sudah rusak.

C Segera berbicara pada atasan dengan meminta maaf dan menjelaskannya

D Bermonolog dengan kalimat lebih teratur agar atasan paham kejadiannya dan tidak memperpanjang masalah sehingga Anda tidak perlu memikirkannya lagi.

E Meminta maaf, memberi penjelasan, dan mengatakan siap mengganti rugi pada atasan serta segera menggantinya.

Jawaban: ECDBA

Pembahasan:

Pilihan A tampak terkesan tidak merasa bersalah, sementara pilihan B, Anda tidak profesional. Mulailah pembicaraan kepada atasan dengan meminta maaf, bukan hanya karena bersalah melainkan karena rasa hormat juga.

Pilihan C, Anda meminta maaf tetapi lupa memberikan penyelesaian atas masalah yang diperbuat. Pilihan D, tidak ada rasa bersalah sama sekali dan Anda terkesan tidak tahu soal tanggung jawab.

Terakhir, opsi E merupakan pilihan paling tepat. Anda meminta maaf, mengakui kesalahan, menjelaskan masalahnya, dan memberikan solusi atas masalah tersebut.

6. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Untuk diketahui TIU di CPNS, khususnya E CPNS Kemenkeu, akan menguji seberapa paham peserta mengenai numerik, penghitungan, dan lain-lain. Di sini, kemampuan memahami soal, menganalisis, serta memecahkan jawabannya sangat diperlukan.

Logika sangat diutamakan untuk mengisi lembar soal di tes ini. Sebagai informasi, terdapat 12 klasifikasi soal matematika yang kerap muncul di TIU E CPNS Kemenkeu.

Di antaranya, (1) bilangan bulat, (2) pecahan, (3) pangkat dan akar, (4) kuadrat, (5) bangun ruang, (6) bangun datar. Selanjutnya, (7) deret dan baris, (8) aritmetika, (9) skala, (10) statistik, (11) peluang, serta (12) jarak, kecepatan, dan waktu.

7. Contoh Soal TIU

Arif dan Budi mempunyai pekerjaan dengan waktu untuk mendapatkan uang berbeda-beda. Waktu yang dibutuhkan Arif untuk mendapatkan gaji adalah setiap 36 menit, sedangkan Budi setiap 18 menit.

Apabila keduanya bekerja sama untuk mendapatkan uang, berapa lama waktu yang dibutuhkan?

A 36 menit

B 18 menit

C 35 menit

D 12 menit

E 28 menit

Jawaban: D

Lihat pembahasan dalam gambar:

Selain soal matematika, Anda juga akan menemukan soal verbal atau analogi juga.

8. Seleksi Kompetensi Bidang E CPNS Kemenkeu

Berdasar informasi dari tes SKB tahun lalu, soal yang diangkat di tes ini berupa materi Jabatan Fungsional dan Jabatan Pelaksana. Materi disusun oleh instansi pembina jabatan, contohnya pada Pranata Humas yang dibina oleh Kementerian Kominfo, perencananya adalah Bappenas.

Materi yang biasanya keluar berdasarkan pada pendidikan peserta sehingga tiap-tiap peserta bisa jadi mendapatkan soal berbeda. Klasifikasi materi di antaranya adalah Tes Bahasa Asing, Tes Potensi Akademik, Unjuk Kerja, Tes Fisik, Tes Psikotes, dan Wawancara.

Baca Juga: Serba Digital, Ikuti Aturan Terkait Sistem E CPNS Kemdikbud 2022

Bersiap dengan Banyak Belajar untuk E CPNS Kemenkeu

Setelah mengetahui sedikit informasi mengenai materi SKD dan SKB, sebaiknya Anda mulai bersiap untuk melaju ke E CPNS Kemenkeu. Salah satu persiapan bisa dengan mengikuti bimbel online ataupun offline agar persiapan makin matang.

Demikianlah ulasan seputar tes di E CPNS Kemenkeu disertai contoh soal dan pembahasannya. Semoga bermanfaat dan lulus di E CPNS Kemenkeu nanti!


Leave a Comment