Materi TWK Sumpah Pemuda dan Perjuangannya

TWK sumpah pemuda merupakan materi yang selalu muncul untuk menguji pemahaman para peserta tes mengenai sejarah bangsa Indonesia. Materi ini mempunyai makna yang sangat mendalam bagi negara. Anda perlu mempelajari materi TWK sumpah pemuda untuk melancarkan proses rekrutmen CPNS yang Anda ikuti. Uraian singkat tentang sumpah pemuda berikut ini dapat membantu Anda memahami sejarah.

Apa Itu Sumpah Pemuda?

Materi TWK sumpah pemuda adalah tentang istilahnya. Istilah sumpah pemuda mulai dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia sejak adanya Kongres Pemuda 2. Sumpah pemuda sendiri merupakan hasil keputusan dari adanya agenda Kongres Pemuda 2. Pernyataan ikrar sumpah pemuda menjadi landasan yang kuat bagi munculnya pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dipandang sebagai wujud semangat para pemuda Indonesia untuk menggapai cita-cita kemerdekaan.

Bagaimana Awal Mula Kemunculan Sumpah Pemuda?

Berikutnya, materi TWK sumpah pemuda adalah awal mulanya. Sumpah pemuda dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan Kongres Pemuda. Kongres Pemuda sendiri merupakan kongres nasional yang pesertanya berasal dari organisasi pemuda seluruh Indonesia.


Kongres Pemuda 1 dilaksanakan pada tanggal 30 April 1926 hingga 2 Mei 1926, bertempat di daerah Batavia (Jakarta). Pelaksanaan Kongres Pemuda 1 ini juga dihadiri oleh Muhammad Tabrani sebagai ketuanya.

Setelah itu, agenda kedua Kongres Pemuda digelar pada tanggal 27 sampai 28 Oktober 1928 dan masih bertempat di daerah Batavia (Jakarta), yaitu gedung Pemuda Katolik dan gedung Oost Java. Agenda ini digelar dengan Sugondo Joyopuspito sebagai ketuanya dan Joko Marsaid sebagai wakilnya. Acara ini berlangsung dengan lancar. Tokok-tokoh tersebut merupakan nama yang sering muncul dalam soal TWK sumpah pemuda .

Mengapa Kongres Sumpah Pemuda Dilaksanakan?

Sebab peristiwa tersbut juga menjadi bagian dari materi TWK sumpah pemuda . Kongres Pemuda 2 atau biasa disebut Kongres Sumpa Pemuda, tentu dilaksanakan dengan penuh pertimbangan dan juga tujuan yang tersusun. Beberapa tujuan dilaksanakannya Kongres Pemuda 2 adalah sebagai berikut:

  • Mewujudkan cita-cita semua organisasi pemuda pemudi yang ada di Indonesia
  • Merundingkan beberapa permasalahan yang ada dalam pergerakan pemuda pemudi di seluruh Indonesia
  • Meningkatkan kesadaran para warga negara Indonesia dan memperkuat persatuan kesatuan Indonesia

Tujuan ini merupakan dasar utama dilaksanakannya Kongres Pemuda 2. Cita-cita seluruh bangsa Indonesia dibahas dalam agenda bersejarah ini.

Bagaimana Hasil Kongres Sumpah Pemuda?

Yang penting dari materi TWK sumpah pemuda adalah hasilnya. Pelaksanaan Kongres Sumpah Pemuda berlangsung dengan tertib. Pada 28 Oktober 1928 saat pidato berlangsung, Moh. Yamin memberikan selembar kertas pada Soegondo. Ini terjadi saat sesi penutupan pidato yang dibawakan oleh Mr. Sunario. Ketika menyerahkan secarik kertas ini, Moh. Yamin membisikkan sesuatu pada Soegondo.

Bisikan itu ternyata mengenai adanya formulasi yang lebih baik untuk digunakan dalam keputusan Kongres ini. Tak lama kemudian, Soegondo pun memberikan paraf sebagai tanda setuju dengan pernyataan Moh. Yamin tersebut. Kertas itu lalu diberikan kepada yang lain dan juga mendapatkan paraf sebagai tanda setuju.

Tulisan di secarik kertas tersebut lah yang akhirnya dikenal dengan Sumpah Pemuda dan sering di. Ikrar Sumpah Pemuda merupakan pernyataan mengenai satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa dari seluruh pemuda di Indonesia. Ikrar Sumpah Pemuda menjadi hasil utama dalam Kongres Pemuda 2. Sumpah ini menjadi bentuk penguatan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Kesimpulan

Terakhir, materi TWK sumpah pemuda yang penting adalah kesimpulan. Pada awalnya, sumpah tersebut dibaca Soegondo dengan lantang. Namun tak lama kemudian, Moh. Yamin menjelaskannya dengan panjang lebar. Beliau memberikan penjelasan dengan sangat jelas mengenai sumpah pemuda tersebut.

Berdasarkan sejarah tersebut, pada tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Penetapan hari nasional ini berlangsung sejak tahun 1959 hingga saat ini dan nanti. Itulah materi penting mengenai sejarah Indonesia. Anda harus memahami dengan benar peristiwa bersejarah ini agar dapat mengalahkan soal TWK Sumpah Pemuda.


Leave a Comment