Menggali Materi TWK UUD 1945 Pembukaan

TWK UUD 1945 tentang makna dan pembukaan menjadi pengetahuan yang harus Anda pahami dengan benar. Materi mengenai makna UUD 1945 biasanya akan muncul. Yaitu dalam tes CPNS bagian TWK. TWK tentang makna UUD 1945 harus bisa Anda lewati dengan baik agar mendapatkan hasil tes yang memuaskan. Untuk itu, pelajari materi TWK tentang makna UUD 1945 berikut ini dengan seksama.

Isi Undang-Undang Dasar 1945

TWK UUD 1945 menanyakan tentang UUD 1945 yang merupakan dasar hukum tertinggi yang ada di Indonesia. Dasar hukum ini menjadi landasan setiap hukum baik tertulis maupun tidak tertulis. Dengan sifatnya yang mengikat setiap warga negara tanpa memandang status sosial, UUD 1945 berisi nilai-nilai masyarakat dan ketentuan hukum yang harus dipatuhi.

Isi UUD 1945 yang pertama adalah pembukaan UUD 1945, lalu diikuti batang tubuh yang berisi mengenai pasal-pasal yang mengatur tatanan kehidupan masyarakat. Seluruh isi UUD 1945 ini harus ditaati oleh semua warga negara tanpa kecuali. Mengapa demikian? Tentu karena UUD 1945 merupakan konstitusi tertinggi di Indonesia.


Makna Pembukaan dalam TWK UUD 1945

Materi TWK UUD 1945 berikutnya adalah pembukaan. Di setiap bagian UUD 1945 selalu ada makna yang terkandung dalam balutan aturan yang jelas. Aturan ini sifatnya mengikat tanpa kecuali. Apabila ada warga negara yang melanggar aturan ini, tentu sanksi pidana sudah menanti.

Hal ini menjadikan semua warga negara memiliki hak yang sama rata. Selain itu, kewajiban yang ada menurut ketentuan yang diatur dalam UUD 1945 harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Pembukaan UUD 1945 yang merupakan bagian pertama dalam UUD 1945 mengandung makna bahwa kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan dari seluruh bangsa. Pembukaan UUD 1945 sangat bermakna bagi bangsa Indonesia. Itulah yang sering ditanyakan dalam TWK UUD 1945.

Suasana kebatinan saat proklamasi kemerdekaan tergambar jelas dalam pembukaan UUD 1945. Selain itu, ada pula sumber hukum dan cita-cita bangsa Indonesia yang membuat makna pembukaan UUD 1945 semakin jelas.

Materi TWK UUD 1945 berikutnya adalah alinea penting. Dalam setiap alinea pembukaan UUD 1945 mengandung makna tersendiri. Alinea pertama mengandung makna bahwa kemerdekaan merupakan hak yang harus diperoleh setiap manusia. Segala bentuk penjajahan tidak dibenarkan dalam hal apapun.

Alinea kedua mengandung makna bahwa perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia layak mendapat penghargaan. Kemerdekaan yang telah dinyatakan membawa Indonesia ke negara yang adil dan juga makmur.

Alinea ketiga mengandung makna bahwa kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia bukan hanya hasil dari perjuangan bangsa, namun juga hasil dari rahmat Tuhan yang disematkan pada kemerdekaan.

Alinea keempat mengandung makna tujuan bangsa Indonesia yang luhur, asas negara dan juga dasar negara yang tak lain adalah Pancasila. Bunyi Pancasila mengandung nilai-niai ketuhanan, persatuan, keadilan, kedaulatan rakyat dan kemanusiaan.

Makna Batang Tubuh UUD 1945

Materi TWK UUD 1945 berikutnya adalah tentang batang tubuh. Batang tubuh UUD 1945 memuat pasal-pasal yang harus ditaati oleh seluruh warga. Semua pasal yang terkandung dalam batang tubuh UUD 1945 dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Pasal yang berisikan aturan sistem pemerintahan negara dan aturan lembaga negara.
  2. Pasal yang berisikan tentang suatu hubungan negara dengan penduduknya, seperti kewarganegaraan, agama, pertahanan, pendidikan dan kesejahteraan.
  3. Pasal yang berisikan tentang bahasa,  bendera, lambang dan lagu kebangsaan. Selain itu, ada pula beberapa aturan tambahan, aturan peralihan dan perubahan atau amandemen.

Setiap bagian batang tubuh UUD 1945 memiliki makna mengenai aturan atau ketentuan yang harus diikuti seluruh warga negara Indonesia. Pasal-pasal yang ada dalam batang tubuh UUD 1945 juga bermakna sebagai perwujudan dari sistem pemerintahan dan nilai-nilai kehidupan yang sesuai dengan cita-cita bangsa. Itulah sekilas tentang materi TWK UUD 1945 pembukaan dan batang tubuhnya.


Leave a Comment