Menilik Tugas dan Fungsi CPNS Kementerian ESDM Bagi Negara

CPNS Kementerian ESDM merupakan calon pegawai dari suatu lembaga pemerintahan yang mengurusi  pertambangan dan hasil bumi di Indonesia. Pertambangan dilakukan setelah penelitian tentang sumber daya yang ada dalam tanah.

Definisi CPNS Kementerian ESDM

Pertambangan mulai dilakukan secara resmi pada tahun 1945 dengan dibentuknya suatu organisasi atau badan yang melindungi jalannya proses tambang. Hasil tambang pertama yang bisa dinikmati adalah pertambangan minyak bumi dengan kapasitas sekian barel ditemukan di daerah Sumatra Utara.

Badan berwenang dibentuk untuk melindungi para pekerja serta bagaimana membagi hasil tambang dengan adil. Lembaga ini juga untuk menghindari kecurangan para pemilik asing sehingga menguasai hasil kekayaan negara untuk kepentingan pribadi.


Pada tahun 1952 pertambangan di bawah kementerian perindustrian dan digabungkan dengan industri rakyat.  Badan ini dinamakan dengan badan survei geologi yang bertugas melakukan pencarian dan pengecekan lokasi tambang.

Sekarang, bagian pertambangan menjadi urusan kementerian energi dan sumber daya mineral. Kementerian ini juga sering disingkat dengan nama kementerian ESDM RI.

CPNS Kementerian ESDM merupakan pegawai yang bekerja melakukan pencarian daerah yang untuk pertambangan. Pertambangan ini bisa berupa nikel, mineral, emas, batubara, gas alam, dan minyak bumi.

Pegawai pada lembaga tambang ini ada yang berstatus aparatur sipil negara da nada yang pegawai tidak tetap. Pegawai tidak tetap ini dibutuhkan selama kurun waktu tertentu untuk melakukan tugas yang dibebankan kepadanya.

CPNS Kementerian ESDM merupakan tonggak utama jalanya pertambangan di negeri ini. Pekerja tersebut bertugas melakukan pengawasan, pengecekan, dan pertambangan dengan baik.

Hasil alam tersebut akan dipergunakan untuk kepentingan umum seperti pembangunan jalan, bendungan, rumah sakit, dan lainnya. Pertambangan memberikan bagi hasil yang sangat menakjubkan bagi Indonesia.

Hasil tambang negara ini banyak di ekspor ke luar negeri sesuai jenis kesepakatan kerjasama. Jika Anda tertarik bergabung maka harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh perusahaan terkait.

 Tugas, Misi, Visi CPNS Kementerian ESDM

Hasil bumi seperti minyak sangat berguna untuk kepentingan masyarakat luas. Contohnya saja sebagai sumber energi bagi manusia serta sumber bahan bakar untuk kendaraan bermotor.

Hasil bumi lainnya berupa gas alam juga berguna untuk keperluan rumah tangga, industri, dan lainnya. Semua hal tersebut dimanfaatkan untuk kemudahan dan kesejahteraan manusia masa kini.

CPNS Kementerian ESDM dipimpin oleh seorang menteri yang mendapatkan tanggung jawab langsung dari presiden. Tugasnya adalah mengurus segala masalah sumber daya alam serta hasil tambang.

Menteri ESDM dibantu oleh jajaranya dalam menjalankan kewajiban membantu presiden dalam masa kepemimpinannya. Menteri tersebut harus menguasai ilmu geologi dengan baik sehingga bisa mengetahui memanfaatkan hasil tambang dengan baik. Adapun tugas, misi, dan kisaran gaji CPNS Kementerian ESDM sebagai berikut.

1.  Tugas dan Fungsi

Lembaga energi dan sumber daya mineral memiliki tugas serta fungsi penting dalam pemerintahan negara. Tugas pertama yang diemban dinas ini adalah merumuskan kebijakan yang berhubungan dengan sumber daya mineral dan energi.

Kebijakan tersebut bisa berupa pemanfaatan hasil sumber daya untuk diolah dengan cara modern. Kebijakan yang dikeluarkan harus memahami kepentingan rakyat.

Jika perusahaan tambang bekerjasama dengan pihak asing maka bagi hasil harus lebih besar untuk negara bukan pihak luar. Kebijakan pro rakyat semakin membuat negara menjadi maju dan cepat berkembang.

Tugas kedua adalah mengelola barang milik negara untuk dimanfaatkan bagi publik. Misalnya hasil tambang minyak bumi atau batubara harus masuk ke kas negara buka kepentingan personal.

Tugas ketiga adalah melakukan pengawasan secara terus menerus untuk memastikan segala aturan dilakukan dengan tepat. Pengawasan bisa menugaskan tenaga ahli untuk diturunkan ke lapangan sehingga menghasilkan laporan yang benar.

Tugas keempat adalah melakukan bimbingan teknis dan supervisi sehingga menghasilkan ahli baru yang kompeten. Bimbingan ini dilakukan oleh para senior kepada junior yang baru mulai melakukan tugas pada dinas pertambangan.

Tugas akhir adalah melakukan kegiatan teknis baik skala nasional maupun internasional. Hal ini berguna untuk memperkenalkan hasil sumber daya alam Indonesia kepada pihak luar negeri.

2.  Struktur Organisasi

Lembaga energi ini memiliki beberapa struktur organisasi yang dipenuhi oleh para ahli terbaik di bidang geologi. Jabatan pertama diisi oleh sekretariat jenderal yang kedudukannya langsung dibawah menteri ESDM.

Jabatan kedua adalah direktorat jenderal dengan membawahi empat bidang di bawahnya. Bidang tersebut berupa direktorat jenderal minyak bumi, gas, ketenagalistrikan, mineral, batubara, dan energi baru.

Jabatan selanjutnya adalah bidang inspektorat jenderal  yang bekerja dengan keras dalam menanggulangi segala masalah sumber daya alam. Ada beberapa badan yang terlibat dalam kementerian sumber daya mineral ini.

Badan pertama adalah geologi yang mengurus tentang minyak bumi dan gas. Kedua adalah bagian penelitian dan pengembangan serta ada satu bagian lagi yaitu pengembangan sumberdaya manusia energi.

Dinas pemerintahan ini juga menyediakan tenaga ahli seperti bidang perencana strategis dan investasi pengembangan infrastruktur. Staf lainnya berupa ahli ekonomi dan bidang lingkungan hidup.

3.  Visi CPNS Kementerian ESDM

Lembaga pemerintahan ini memiliki visi sangat mulia dan sangat memperhatikan kepentingan negara. Visinya berupaya menjadikan Indonesia negara yang berdaulat dan bisa berdiri dengan kekuatan sendiri.

Harapannya masyarakat Indonesia memiliki kepribadian yang berlandaskan gotong royong. Rakyat akan saling tolong menolong dalam menbangunnegeri menjadi negara maju.

4.  Misi CPNS Kementerian ESDM

Misi lembaga sumber daya mineral dan energi ini memiliki tujuh butir isi di dalam aturannya. Pertama adalah mewujudkan keamanan nasional sehingga bisa menjaga batas wilayah negara sendiri dengan kekuatan prima.

Kedua, berupaya menjadikan masyarakat maju dan demokratis sesuai negara hukum. Ketiga, menjadikan negara sebagai tempat terlaksananya politik luar negeri bebas aktif serta memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

Keempat, mengupayakan masyarakat maju dan sejahtera. Kelima, bisa bersaing di kancah Internasional dengan inovasi dan metode terkini.

Keenam, adalah Membuat negara Indonesia sebagai negara maritim terkuat. Terakhir yaitu mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya khas tersendiri.

5.  Kisaran Gaji

Kementerian ESDM juga memberikan gaji pokok kepada setiap pegawai yang bekerja di kantor tersebut. Kisaran gaji terendah diterima oleh lulusan sekolah menengah antara Rp1.5 hingga Rp2.6 juta sesuai pangkat dan golongan.

Gaji tertinggi diperuntukkan untuk golongan eselon yang lulusan sarjana menghasilkan nominal Rp3.5 hingga Rp4.9 juta per bulan. Pegawai juga mendapatkan fasilitas mobil, rumah, serta tunjangan makan dan asuransi kesehatan.

Baca Juga: Lowongan CPNS Kementan untuk Anda yang Ingin Memajukan Pangan

Pentingnya Peran CPNS Kementerian ESDM

Kementerian energi dan sumber daya mineral khusus mengurus pertambangan dan sumber daya alam di Indonesia. Hasil tambang bisa berupa minyak bumi, gas, nikel, emas, bijih besi, batubara, dan lainnya.

Pertambangan dilakukan secara resmi dengan mendapatkan izin dari negara untuk mengekspor hasil di bawah permukaan bumi. CPNS Kementerian ESDM merupakan lulusan terbaik jurusan tambang negeri ini sehingga memberikan pelayanan terbaik kepada negara. Melalui situs https://www.esdm.go.id, Anda akan lebih jelas mengenal tentang kementerian ini.


Leave a Comment