Menilik Prosedur Seleksi CPNS BUMN untuk Transformasi Industri Negeri

CPNS BUMN merupakan rancangan kegiatan upaya pemenuhan kebutuhan jabatan di Badan Usaha Milik Negara yang rata-rata diselenggarakan setiap tahun. Ya, hampir setiap tahun kementerian yang sempat berada di bawah naungan Departemen Keuangan Republik Indonesia ini selalu berusaha untuk bertransformasi

Erick Thohir, yang merupakan pimpinan atau menteri BUMN, mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung di instansinya. Menjadi kontributor terdepan untuk memajukan perusahaan-perusahaan milik negara dan demi kesejahteraan Indonesia.

Dalam putusan menteri tahun 2022, seleksi perekrutan ASN akan difokuskan pada tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Meski begitu, seleksi Aparatur Sipil Negara formasi CPNS akan tetap ada, tetapi hanya diselenggarakan di lingkup Sekolah Kedinasan.


Seputar CPNS BUMN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi menyebut, seleksi CPNS akan dibuka kembali untuk umum di tahun 2023. Namun, tetap dalam jumlah yang terbatas, sebab ini merupakan langkah modernisasi birokrasi.

Walau disebut unit kerja di BUMN tidak terlalu banyak, tetapi kesempatan kerja di lembaga ini tetap dibuka selebar-lebarnya. Selain memberikan ketentuan S1 untuk umum, BUMN juga membuka lowongan jabatan untuk disabilitas, putra-putri Papua, dan peserta cumlaude. Berikut adalah informasi umum seputar pengadaan seleksi CPNS BUMN. Simak hingga tuntas, ya.

1. Kriteria Pelamar CPNS BUMN

Sebagaimana telah disebut sebelumnya, peluang kerja di kementerian Badan Usaha Milik Negara dibuka seluas-luasnya. Terdapat beberapa mualifikasi pelamar CPNS BUMN yang diprioritaskan, seperti telah disinggung sebelumnya.

Di antaranya, peserta dengan pujian atau cumlaude, penyandang disabilitas dengan prestasi, serta putra-putri Papua. Selain ketiga kriteria ini, BUMN juga membuka posisi kembali untuk peserta CPNS yang gagal di tahap administrasi periode sebelumnya.

2. Unit Kerja Lingkungan yang Harus Diketahui CPNS BUMN

Sebagai informasi, terdapat delapan satuan kerja yang penting diketahui calon pelamar. Di antaranya, Infra, ELKP, KSPP, JKJSK, RPU, PISM, Agro, dan Sek.

Untuk diketahui, Infra merupakan bagian deputi di bidang infrastruktur bisnis. Sementara itu, ELKP bekerja sebagai deputi di bagian usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata.

Kemudian, KSPP adalah deputi di satuan usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Perhubungan. Sementara JKJSK berada di lingkup Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan.

Selanjutnya, RPU merupakan deputi di unit Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha, serta PISM di satuan Pertambangan Industri Strategis dan Media.

Agro ialah deputi yang berada di satuan agrobisnis atau industri agro dan farmasi. Sementara itu, Sek adalah sebutan Sekretariat Kementerian BUMN.

3. Ketentuan Umum CPNS BUMN

Meskipun jadwal registrasi CPNS BUMN belum jelas, tetapi tidak ada salahnya Anda mengetahui syarat-syaratnya terlebih dahulu. Ketentuan tersebut perlu dipahami agar setiap langkah yang diambil saat seleksi tidak salah.

Salah satu persyaratan umum di seleksi CPNS BUMN adalah merupakan warga negara Indonesia dan meyakini ketuhanan Yang Maha Esa. Selain itu, beberapa ketentuan lain juga ditetapkan.

Di antaranya, tidak pernah dipidana oleh lembaga hukum dengan hukuman penjara paling ringan 2 tahun atau lebih. Kemudian, tidak pernah diberhentikan dari satuan kerja mana pun, baik swasta maupun negeri, dengan hormat/tidak dan bukan kemauan.

Ketetapan lainnya adalah peserta bukan CPNS yang telah diberikan SK dan bukan anggota partai politik atau bahkan pengurusnya. Selain itu, pelamar juga bukan aparatur keamanan negara, baik prajurit TNI maupun anggota Polri.

Selanjutnya, peserta memiliki kualifikasi akademik sesuai ketentuan, sehat jasmani dan rohani, serta tidak tergantung pada obat-obatan terlarang. Hal ini dibuktikan dengan adanya lampiran pernyataan tertulis dan terdapat legalisasi berupa tanda tangan.

Syarat umum terakhir adalah pelamar tidak memiliki tato/tindik atau hanya bekasnya. Kecuali dilatarbelakangi adat atau tradisi agama.

4. Persyaratan Disabilitas

Untuk menyatakan bahwa peserta merupakan penyandang disabilitas maka pelamar wajib menyertakan video berupa kegiatannya. Maksud di sini adalah aktivitasnya saat melakukan tugas dari jabatan yang dilamarnya.

Kemudian, peserta disabilitas juga wajib melampirkan pernyataan ditandangani dokter yang menanganinya. Surat berisi jenis dan level disabilitas serta keterangan penyandang disabilitas.

5. Persyaratan Cumlaude

Ketentuan khusus bagi cumlaude harus dinyatakan dengan berkas-berkas penjamin kebenaran. Di antaranya, akreditasi jurusan dan universitas terbilang sangat baik oleh BAN-PT, IPK minimal 3,50.

6. Persyaratan Putra-putri Papua

Selain ketiga kriteria di atas, BUMN juga memberikan posisi khusus untuk putra-putri Papua. Di antaranya, minimal lulusan sekolah dasar atau IPK 2,50 bagi sarjana PTN dan 2,75 untuk lulusan PTS.

Perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta minimal berakreditasi B, dibuktikan dengan surat keterangan kampus. Selain itu, peserta kategori ini juga wajib memberikan sejumlah data yang menyatakan dirinya asli keturunan Suku di Papua.

7. Persyaratan Pelamar CPNS BUMN

Dari ketentuan umum, hingga persyaratan bagi peserta berpeluang lebih, terdapat ketentuan lain yang menjadi acuan pemilihan CPNS BUMN. Yakni, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 34 tahun.

Memiliki nilai TOEIC sebesar 475, TOEFL IBT 35, CBT 150, PBT 450, atau IELTS minimal 5. Selain itu, bagi peserta dengan ijazah lulusan luar negeri wajib menyetarakan terlebih dahulu keterangan lulus tersebut di Kemendikbud.

Kesempatan Kerja di BUMN

Meskipun Badan Usaha Milik Negara disebut tidak membuka formasi jabatan sebanyak lembaga atau kementerian lain, setidaknya masih ada kesempatan. Pemerintah berharap warga tidak menyia-nyiakan peluang ini dan memilih BUMN sebagai instansi tujuan lamarannya.

Tentunya, dengan berbekal kompetensi dan pemenuhan syarat yang diberikan. Erick Thohir menyebut, setiap peserta CPNS BUMN atau yang nantinya diangkat menjadi CPNS hingga PNS, wajib memiliki AKHLAK.

Yakni, Amanah, Kompeten, Harmonis. Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Menteri BUMN itu berharap, muda-mudi bangsa siap menjadi bagian dari transformasi perusahaan milik negara ke sisi yang lebih baik.

Nah, itulah ulasan seputar persyaratan mengikuti seleksi CPNS di Badan Usaha Milik Negara. Tertarik mengambil posisi untuk perubahan dan kemajuan negeri?  Cek selalu info terupdate-nya di www.bumn.go.id/career atau jangan lewatkan berita terkini di sini.

Jadi, saat ada lowongan yang memungkinkan dan linear dengan kualifikasi Anda maupun latar pendidikannya, maka Anda bisa langsung melamar. Ikuti panduan dan prosedurnya agar tak sampai salah dalam mengirim dokumen administrasi.


Leave a Comment