Pahami Visi, Misi dan Bidang CPNS Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Sebelum mengetahui syarat dan formasi CPNS Kemenko Kemaritiman dan Investasi, mari simak apa itu Maritim, sebagai bagian penting Indonesia. Maritim ialah segala sesuatu yang berkaitan dengan bidang kelautan, utamanya yang berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2015, Kemenko Kemaritiman dibentuk pada tanggal 27 Oktober 2014.

Apa Itu Kemenko Kemaritiman dan Investasi?

CPNS Kemenko Kemaritiman dan Investasi republik Indonesia merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi penyelenggaraan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi.


Visi

Visi dari didirikannya Kemenko Kemaritiman dan Investasi adalah Indonesia sebagai pusat peradaban Maritim Dunia untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Misi

Peningkatan kualitas Manusia Indonesia.Struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya asing.

Pembangunan yang merata dan berkeadilan. Mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan. Kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa

Program Kerja

Program kerja CPNS Kemenko Kemaritiman dan investasi pada periode 2020-2024 adalah:

  • Memperkuat kondisi ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitasdan merata serta berkeadilan. Mengembangkan semua wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan keadaan ekonomi.
  • Meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing di berbagai wilayah. Revolusi mental dan pembangunan kebudayaan di setiap wilayah.
  • Memperkuat infrastruktur dalam mendukung pengembangan ekonomi serta pelayanan dasar. Membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim di setiap wilayah.
  • Memperkuat stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik di seluruh wilayah.

Formasi CPNS Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Berdasarkan atas Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 92 Tahun 2019, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terdiri atas beberapa formasi, yaitu:

  • Jabatan di bidang koordinasi pada sumber daya Maritim. Deputi di bidang koordinasi infrastruktur serta transportasi. Deputi di bidang koordinasi pariwisata serta ekonomi kreatif.
  • Jabatan di bidang koordinasi investasi serta pertambangan. Pihak staf yang ahli di bidang hukum kelautan.
  • Staf yang ahli di bidang Sosio-Antropologi Maritim. Staf ahli di bidang ekonomi Maritim, serta staf yang  ahli di bidang manajemen konektivitas.

Fungsi dari Lembaga Ini

Dalam melaksanakan tugasnya-tugasnya, kementerian Koordinator bidang kemaritiman dan investasi menyelenggarakan fungsi di antaranya:

  • Koordinasi serta sinkronisasi perumusan.Penetapan serta pelaksanaan kebijakan tentang isu di bidang Kemaritiman dan investasi.
  • Pengendalian kebijakan di bidang kemaritiman dan investasi. Pengelolaan serta penanganan mengenai bidang kemaritiman dan investasi.
  • Keputusan presiden dalam sidang kabinet tentang pengawalan program prioritas nasional serta kebijakan lain.

Jenis Pekerjaan di Bidang Kemaritiman

Berikut adalah jenis pekerjaan apa saja yang tersedia di lapangan kemaritiman:

1. Nelayan

Pekerjaan nelayan adalah seseorang yang mendapatkan penghasilan dari pekerjaan mencari serta menangkap ikan di laut. Nelayan dapat menggunakan kapal kecil dan kapal besar saat ini menangkap ikan.

2. Pertambangan Minyak Lepas Pantai

Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang sumber daya alam terutama minyak bumi.

3. Pariwisata Maritim

Dalam sektor usaha pariwisata, contohnya toko cendera mata, persewaan perahu, pemandu wisata, rumah makan, dan lainnya.

Mata pencaharian yang berhubungan dengan kelautan, contohnya pemandu wisata, rumah makan, serta persewaan perahu karena wisatawan banyak yang tertarik dengan pantai.

4. Pelayaran

Angkutan di perairan, pelabuhan, keselamatan dan keamanan serta perlindungan dalam lingkungan Maritim itu sudah termasuk pelayaran. Menjaga keselamatan ketika berlayar bagi berbagai macam kapal juga termasuk ke dalam pelayaran.

5. Sektor Usaha di Pelabuhan

Perkembangan di pelabuhan Indonesia tidak dapat terlepas dari reformasi maritim Indonesia termasuk aspek pelayaran pelabuhan, pendidikan Maritim, aspek hukum, dan logistik. Pelabuhan juga sering kali disebut sebagai urat nadi bagi ribuan perusahaan yang menyediakan jasa usaha  kepelabuhan.

Sebaran serta pengolahan sumber daya kehutanan, Pertambangan, Kelautan, serta Pariwisata yang dirilis Kemdikbud, Indonesia telah menempati posisi ke-4 di Asean dari segi pariwisata.

Dari seluruh luas wilayah Indonesia, luas laut Indonesia mencakup 2/3, sekitar 5,8 juta kilometer persegi. Potensi sumber daya laut berupa ikan, bahan tambang, hutan mangrove, terumbu karang, dan lain-lain sebagai potensi laut negara Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Badan Narkotika Nasional yang Wajib Dipahami CPNS BNN

6. Perikanan

Bagian laut Indonesia memiliki potensi lestari yang besar, yaitu 6,4 juta ton per tahun. Potensi lestari maksudnya potensi penangkapan ikan yang masih memungkinkan bagi ikan untuk melakukan perkembang biakan agar populasi ikan tidak habis jika pun sering ditangkap.

Menurut aturan internasional, jumlah tangkapan yang diizinkan adalah 80 persen dari potensi lestari atau sekitar 5,12 juta ton per tahun. Faktanya, jumlah hasil penangkapan ikan di Indonesia belum mencapai angka tersebut. Artinya, masih ada kesempatan untuk meningkatkan jumlah tangkapan yang diizinkan.

Jika membandingkan sebaran potensi ikan di wilayah bagian barat dan timur, terlihat ada perbedaan secara umum.

Jenis ikan yang banyak ditemukan adalah ikan pelagis kecil di Indonesia bagian barat rata-rata kedalaman laut 75 meter. Sementara, Jenis ikan yang banyak ditemukan ikan pelagis besar seperti cakalang dan tuna, di kawasan Indonesia Timur rata-rata kedalaman laut 4.000 meter.

Selain ikan di lautan, penduduk Indonesia melakukan pembudidayaan ikan di daerah pesisir. Di pantai utara Pulau Jawa, Jenis ikan yang dikembangbiakkan di tambak adalah ikan bandeng dan udang. Masyarakat, banyak mengembangkan usahanya di pembudidayaan ikan dengan tambak.

Itulah beberapa bidang yang termasuk dengan bidang Kemaritiman dan investasi di Indonesia. Kemenko Kemaritiman dan investasi yang berfungsi mengelola dan melindungi itu semua.

Kriteria Pelamar CPNS Kemaritiman dan Investasi

Kebutuhan dari setiap jabatan diperuntukan bagi pelamar dengan kriteria yang terbagi menjadi dua, yaitu penetapan bagi pelamar yang memiliki kekurangan atau berkebutuhan khusus dan penetapan bagi pelamar kebutuhan umum, yakni sebagai berikut.

Semua calon pelamar boleh melamar CPNS Kemaritiman dan Investasi pada Jabatan atau lowongan yang diinginkan jika Pendidikannya sesuai dengan syarat jabatan tersebut.

Daftar jabatan yang dapat dilamar oleh pelamar kebutuhan khusus disabilitas, yaitu Analis Hukum. Lalu ada juga Sekretariat Kementerian Koordinator, Analis Kebijakan Biro Perencanaan, dan juga Sekretariat Kementerian Koordinator.

Ketika Anda sebagai penyandang disabilitas, melamar di SSCASN wajib menyatakan, bahwa Anda merupakan penyandang disabilitas.

Dengan melampirkan surat pernyataan bahwa Anda betul-betul penyandang disabilitas yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau Puskesmas. Sertakan juga video dengan durasi lima menit  yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan.

Bagaimana dengan rincian pembahasan di atas? Anda berminat menjadi bagian dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi? Persiapkan semua syaratnya, ya!

Dalam melamar menjadi CPNS Kemenko Kemaritiman dan investasi ini tidak sulit, bukan? Anda hanya tinggal mengikuti semua prosedur pendaftaran dan memenuhi semua berkas yang diminta oleh petugas.

Sekian info tentang CPNS Kemenko Kemaritiman dan Investasi. Untuk info selanjutnya bisa Anda kunjungi web resmi dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi di https://maritim.go.id/.  Semoga dapat membantu!


Leave a Comment