Pemahaman Bahasa Indonesia TIU Padanan Kata

TIU padanan kata merupakan sebuah ujian yang harus Anda lewati dalam proses rekrutmen CPNS untuk menguji keterampilan bahasa yang Anda miliki. Sebagai seorang warga negara yang baik, tentu Anda harus menguasai materi bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dalam TIU padanan kata, ada kata yang harus Anda pahami makna dan maksudnya. Lalu apa itu padanan kata? Simak materi TIU padanan kata berikut ini.

Pengertian Padanan Kata

Padanan kata sering disebut sebagai sinonim atau persamaan kata. Ada beberapa maksud dari padanan kata yang harus Anda ketahui. Padanan kata dapat diartikan sebagai sebuah kata atau frasa yang ada dalam suatu bahasa dan kata tersebut mempunyai makna yang sama atau sejajar dengan kata bahasa lainnya.


Padanan kata juga dapat diartikan sebagai kata yang mempunyai arti sama, nilai sama atau perbandingan yang sama. Hubungan kata yang dibentuk dalam padanan kata berasal dari 2 kata atau lebih. Anda harus bisa menemukan hubungan yang lebih spesifik untuk mengetahui padanan kata dari kata yang dimaksudkan.

Hubungan dalam Padanan Kata

Untuk menemukan jawaban yang tepat pada TIU padanan kata , Anda harus bisa mengetahui hubungan yang terbentuk dalam suatu kata dengan tepat.

·         Hubungan Sama

Padanan kata ini menunjukkan hubungan yang sama dalam suatu kesatuan. Misalnya saja, Kucing : Gajah. Hubungan yang terbentuk dari padanan kata tersebut adalah kata binatang atau sama-sama nama binatang. Jadi Anda bisa memilih jawaban yang sama-sama menunjukkan nama binatang untuk padanan dari kata tersebut, misalnya Ikan : Sapi.

·         Hubungan Jenis

Dalam padanan kata biasanya ditentukan hubungan yang lebih spesifik. Bukan hanya sekedar sama, melainkan sejenis dalam suatu hal tertentu. Misalnya, Ikan : Gurame. Dari padanan kata tersebut bisa dilihat bahwa yang diinginkan adalah jenis dari hewan. Gurame adalah jenis ikan. Jadi jawaban padanan katanya bukan lagi hanya sekedar nama hewan saja, namun jenis dari hewan. Padanan kata yang tepat untuk kata tersebut misalnya Burung : Merak, Ayam : Broiler dan Harimau : Sumatera.

·         Hubungan Analogi

Pola analogi kata menjadi bentuk terbanyak yang muncul dalam soal TIU padanan kata. Anda perlu menggunakan logika untuk bisa memecahkan analogi apa yang digunakan dalam padanan kata jenis ini. Perhatikan contoh berikut.

Kaki : Sepatu

Pilihan jawaban dari padanan kata tersebut adalah

  1. Cat : Poster
  2. Meja : Ruang kelas
  3. Telinga : Anting
  4. Gelang : Tangan
  5. Dasi : Leher

Apakah Anda cukup bingung dengan padanan kata tersebut? Kunci utama TIU padanan kata adalah Anda harus tahu hubungan apa yang terbentuk. Pertama, Anda harus memahami analoginya dengan membuatnya menjadi sebuah kalimat. Kaki : Sepatu dapat dipahami sebagai kaki untuk dipakaikan sepatu atau sepatu dipakai di kaki.

Setelah itu, Anda harus memahami pilihan padanan kata yang disediakan. Dalam pilihan jawaban dapat dipahami sebagai

  1. Cat yang digunakan untuk mewarnai poster.
  2. Meja diletakkan atau digunakan di ruang kelas.
  3. Telinga untuk dipakaikan anting.
  4. Gelang dipakai di tangan.
  5. Dasi dipakai di leher.

Dari pilihan jawaban tersebut, opsi c, d, e hampir sama. Mana yang paling tepat? Yang paling tepat adalah Telinga : Anting. Pilihan ini dipilih berdasarkan urutan kaki dulu baru sepatu, bendanya ada di belakang. Jadi telinga dulu baru anting, bukan gelang dulu baru tangan.

Untuk memahami soal TIU padanan kata, Anda harus menemukan analogi yang tepat agar tidak terkecoh dengan jawaban yang ada. Kuncinya adalah ubah padanan kata tersebut dalam sebuah kalimat terlebih dulu, lalu pilih susunan kalimat yang sama untuk jawabannya.


Leave a Comment