Pemahaman UUD 1945 Amandemen di Tes CPNS

Pemahaman UUD 1945 dan amandemen sangat diperlukan dalam menghadapi ujian penerimaan CPNS saat ini yang bersistem komputerisasi. Tanpa adanya pemahaman atas materi ini, para peserta yang mengikuti tes seleksi tidak akan bisa melewati ujian dengan baik. Maka dari itu, meningkatkan pemahaman tentang UUD 1945 dan amandemen sangat penting untuk dilakukan. Pelajari dengan baik segala yang berhubungan dengan UUD 1945 dan amandemennya.

Contoh Soal Tentang Pemahaman UUD 1945 dan Amandemen

Soal-soal mengenai tersebut bertebaran luas di internet. Para calon peserta bisa mempelajari contoh-contoh soal ini di internet secara online atau melalui buku kupas tuntas tes CPNS yang dapat dibeli di toko buku terdekat. Berikut beberapa contoh soal berikut ini.

Setiap orang memiliki hak untuk mengembangkan dirinya dengan cara untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, aturan ini dimuat dalam UUD 1945 pasal…

A. 28A


B. 28B

C. 28C

D. 28D

JAWAB: C

Pembahasan soal pemahaman UUD 1945 : dalam UUD 1945 pasal 28C memuat dengan jelas tentang hak setiap warga negara untuk dapat mengembangkan dirinya dengan bebas dan bertanggung jawab.

Menurut UUD 1945 amandemen, semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dipilih melalui cara…

A. PEMILU

B. Pemilihan oleh DPRD

C. Pemilihan oleh Partai Politik

D. Tidak ada jawaban yang benar

JAWAB: A

Pembahasan soal pemahaman UUD 1945 : semua pemilihan anggota dewan baik di daerah atau di pusat selalu dipilih melalui proses pemilu. Hal ini sesuai dengan konstitusi yang menerangkan bahwa seluruh kedaulatan negara berada di tangan rakyat.

Setiap kepala pemerintah daerah dipilih melalui cara….

A. Mekanisme demokratis

B. Pemilihan langsung

C. Pemilihan oleh parpol mayoritas

D. Tidak ada jawaban yang benar

JAWAB: A

Pembahasan soal pemahaman UUD 1945 : proses pemilihan kepala daerah di Indonesia melalui mekanisme demokratis sebagai bentuk kedaulatan yang berada di tangan rakyat. Mekanisme ini biasanya berlangsung dengan pemilu yang diatur sesuai dengan undang-undang yang ada.

Yang memiliki kewenangan untuk memberi gelar, tanda jasa dan lain-lain tanda kehormatan adalah…

A. Presiden

B. DPR

C. MPR

D. Semua jawaban benar

JAWAB: A

Pembahasan soal pemahaman UUD 1945 : gelar atau tanda jasa kehormatan diberikan langsung oleh presiden. Gelar ini secara resmi disematkan kepada penerima di istana negara dan disaksikan oleh berbagai pihak.

Referendum merupakan sebuah kegiatan untuk….

A. Meminta pendapat rakyat dengan cara langsung untuk menyatakan setuju atau tidak setuju kepada keinginan MPR yang bermaksud untuk mengubah UUD 1945

B. Meminta pendapat rakyat dengan cara langsung untuk menyatakan setuju atau tidak setuju saat negara akan menyatakan perang

C. Meminta pendapat rakyat dengan cara langsung untuk menyatakan setuju atau tidak setuju saat negara akan melakukan pinjaman bantuan ekonomi

D. Semua jawaban salah

JAWAB: A

Pembahasan soal pemahaman UUD 1945 : referendum biasanya dilakukan oleh kepala negara ketika akan melakukan kebijakan yang menyangkut permasalahan besar di dalam negara. Permintaan pendapat ini dilakukan agar tidak terjadi gejolak besar dalam masyarakat atas suatu kebijakan tertentu.

Beberapa contoh soal pemahaman UUD 1945 dan amandemen di atas dapat dipelajari sebagai bahan untuk persiapan pelaksanaan tes penerimaan CPNS. Cari sebanyak mungkin bahan referensi agar hasil ujian diperoleh dengan baik.


Leave a Comment