TWK UUD Pasal 17 -18 dan Pembahasan Lengkap

TWK UUD adalah salah satu jenis tes dari serangkaian jenis-jenis tes CPNS. Bobotnya sama dengan jenis-jenis tes lainnya alias sama-sama pentingnya. Jika tidak mencapai skor minimal passing grade maka peserta sudah pasti tidak lolos, meskipun tes jenis lainnya bagus kalau yang satu ini tidak mencapai skor minimal ya tetap tidak lolos.

Contoh Soal dan Pembahasan TWK UUD

TKW atau Tes Wawasan Kebangsaan biasanya menekankan pengetahuan peserta terkait perundangan. Bisa pasal berapa saja yang dikeluarkan pada tes CPNS. Beberapa diantaranya pasal 17 dan 18, berikut ada tiga contoh soal TWK UUD tentang pasal tersebut.

Mengatur Tentang Apa Pasal Ke-17 UUD 1945?

Jawaban :


A. Tentang perikanan

B. Tentang pemilihan presiden

C. Tentang menteri

D. Tentang pendidikan

Pembahasan : C, Pasal ke-17 UUD 1945 berisi 3 ayat yang semuanya mengatur tentang menteri. Ayat pertama menyatakan bahwa presiden dibantu oleh menteri negara. Ayat kedua menjelaskan bahwa menteri diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Terakhir ada ayat ketiga menjelaskan bahwa menteri mengatur departemen pemerintah.

Berapa Ayat Isi Pasal Ke-18 UUD 1945?

Jawaban :

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Pembahasan soal TWK UUD : A, Hanya ada satu ayat saja dalam pasal ke-18 UUD 1944. Pasal ini menyatakan bahwa pembagian daerah di Indonesia, baik daerah besar maupun daerah kecil yang susunannya pemerintah dan ditetapkan oleh undang-undang. Penyusunan ini memandang serta mengingat dasar permusyawaratan dalam pemerintahan negara.

Selain menggunakan permusyawaratan juga digunakan hak-hak asal-usul dalam daerah yang sifatnya istimewa. 

Apa Tugas Menteri Sesuai yang Dibahas di Pasal Ke-17 Ayat 3 UUD 1945?

Jawaban :

A. Merancang undang-undang

B. Mengurus demo

C. Memerintahkan departemen pemerintah

D. Meminta mandat presiden

Pembahasan soal TWK UUD : C, Tugas menteri dalam pasal ke-17 ayat 3 UUD 1945 adalah memimpin departemen-departemen pemerintah.

Apa Saja yang Menjadi Penentu Pembagian Daerah di Indonesia Sesuai Dengan Pasal Ke-18 UUD 1945?

Jawaban :

A. Hanya presiden penentunya

B. Ditentukan oleh parpol

C. Musyawarah bersama DPRD

D. Musyawarah sistem pemerintah dan asal-usul hal istimewa daerah

Pembahasan soal TWK UUD : D, Pembagian daerah di Indonesia tak serta merta sembarangan dan tanpa aturan. Ada pasal 18 UUD 1945 yang telah mengatur pembagian daerah ini. Dalam pasal tersebut, yang menjadi penentu pembagian daerah adalah dasar permusyawaratan dengan sistem pemerintahan dan hak asal-usul di daerah yang bersifat istimewa. 

Pasal 17 UUD 1945 Memiliki Berapa Ayat, Masuk Dalam Bab Ke Berapa, dan Mengatur Tentang Apa?

Jawaban :

A. Satu ayat, bab V, tentang kementerian.

B. Dua ayat, bab VI, tentang pendidikan.

C. Tiga ayat, bab VI, tentang kementerian.

D. Tiga ayat, bab V, tentang kementerian.

Pembahasan soal TWK UUD : D, Pasal 17 UUD 1955 memiliki tiga ayat yang mana pasal ini masuk ke dalam bab V dan mengatur tentang kementerian negara.

Pasal 18 UUD 1945 Memiliki Berapa Ayat, Masuk Dalam Bab Ke Berapa, dan Mengatur Tentang Apa?

Jawaban :

A. Satu ayat, bab VI, tentang pemerintah daerah

B. Satu ayat, bab VI, tentang DPRD

C. Satu ayat, bab V, tentang tugas presiden

D. Satu ayat, bab V, tentang kementerian

Pembahasan : Pasal 18 UUD 1945 hanya memiliki satu ayat saja yang mana masuk ke dalam bab VI. Pasal ini mengatur tentang pemerintah daerah.

Apakah Sejauh Ini Pasal 17 dan 18 UUD 1945 Telah Berhasil Direalisasikan Oleh Pemerintah?

Jawaban : Sudah, pemerintah selalu membentuk kabinet menteri setelah Pemilu presiden selesai dilakukan. Menteri langsung diangkat oleh presiden sendiri dan sudah bekerja sesuai dengan bidangnya. Pembagian daerah di Indonesia juga sudah sesuai dengan peraturan di pasal 18 UUD 1945.

TWK UUD Di Tes CPNS Harus Lolos

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, bahwasanya setiap peserta harus lolos Tes Wawasan Kebangsaan jika ingin lolos tes CPNS. TWK UUD ini akan diberikan dalam 35 soal. Sedangkan supaya lolos tes ini, peserta harus memiliki passing grade 75 alias bisa mendapat skor 75 dari tes ini.

Dengan demikian peserta yang ingin lolos harus bisa setidaknya menjawab ¾ dari 35 soal yang ada. Oleh karena itu, selain pasal 17 dan 18 di atas perlu juga dipelajari pasal UUD lainnya supaya persiapan untuk TWK UUD lebih matang.


Leave a Comment