Pembukaan Latsar CPNS 2022: Ini Amanat DPR RI

Pembukaan latsar CPNS 2022  dilakukan sebagai langkah awal memberikan panduan kepada CPNS yang sudah lulus seleksi. Sudah terlaksana di beberapa daerah di Indonesia, simak ulasan tentang pembukaan latsar CPNS 2022 disini.

Pembukaan Latsar CPNS 2022

Calon Pegawai Negeri Sipil adalah pegawai baru yang diterima pada kementerian yang ada di berbagai penjuru daerah. Banyak kementerian yang selalu membuka formasi setiap tahunnya karena membutuhkan tenaga baru di dalamnya.

Calon Pegawai Negeri Sipil tersebut sebelumnya telah melakukan seleksi dengan mengalahkan ribuan orang. CPNS tersebut merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi dan sudah melengkapi seluruh persyaratan yang diperlukan.


Setelah mengikuti tes dan melengkapi segala dokumen penting sebagai CPNS pada setiap kementerian. Lalu, calon Pegawai Negeri Sipil tersebut diharuskan mengikuti latsar CPNS selama enam hari kerja pada kementerian masing-masing.

Lamanya latsar yang diadakan tergantung wilayah kerja, daerah, provinsi, dan kementrian yang melakukannya. Hal ini karena peraturan pada satu kementrian sangat berbeda dengan kementerian lainnya.

Latsar CPNS dilakukan untuk menyamakan visi dan misi sebagai aparatur sipil negara sehingga setara antara satu ASN dengan lainnya. Latsar CPNS ini juga memberikan panduan bagi CPNS bagaimana menjadi aparatur negara yang baik.

Pola pikir dan cara kerja yang sama harus diseragamkan dengan mengikuti latsar. Anda juga akan memperoleh banyak pengetahuan bagaimana menjadi Pegawai Negeri Sipil yang bagus ke depannya.

Pengenalan rekan kerja serta bagaimana lingkungan kerja juga bisa dipelajari dengan mengikuti latsar CPNS tersebut. Banyak manfaat yang akan didapatkan oleh CPNS selama menjalani kegiatan tersebut.

Anda juga akan memperoleh banyak kenalan baru yang bisa saling mendukung dalam dunia kerja. Semakin banyak kenalan akan membuat Anda mudah berbaur dan bis amelakukan kerja sama kedepannya.

Pembukaan latsar CPNS 2022 dilakukan secara resmi oleh Sekretaris Jenderal DPR Jakarta untuk para pegawai baru disana.

Pesan Sekretaris Jenderal Terhadap Laskar CPNS 2022

Pembukaan latsar CPNS 2022 juga merupakan pengenalan antara senior dan junior di lingkungan gedung MPR, DPR, dan DPD Jakarta. Kondisi ini sangat penting untuk dilakukan supaya adanya ajang perkenalan antara satu rekan dengan lainnya.

Pada masa kerja nantinya akan saling membantu dalam melakukan pekerjaan yang akan dihadapi bersama. Senior bisa memberikan pengarahan dan bimbingan sehingga pegawai baru bisa nyaman bekerja disana.

Pembukaan latsar CPNS 2022 juga memberikan panduan kepada calon Pegawai Negeri Sipil apa saja tugas yang akan dilakukannya. Pemahaman akan tugas dalam lingkungan kerja pembuat CPNS bisa memberikan performa terbaik dalam bekerja.

Pembukaan latsar CPNS 2022 menjadikan CPNS bisa melihat contoh langsung dari senior bagaimana mengabdi sebagai ASN.  Arahan dan panduan bekerja dengan baik sangat diperlukan dalam menjalankan ketentuan sebagai seorang CPNS.

Sekretaris Jenderal DPR yang memiliki nama lengkap Bapak Indra Iskandar juga memberikan banyak arahan dan sambutan pada CPNS 2022. Adapun beberapa amanat dan arahan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal sebagai berikut:

1.  ASN Harus BerAKHLAK

Sambutan pertama dari sekretaris jenderal menyampaikan bahwa seorang ASN harus BerAKHLAK. BerAKHLAK adalah seorang CPNS harus berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Seorang  aparatur sipil negara harus memiliki sifat yang berorientasi pelayanan. Artinya adalah mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan tepat.

Pelayan tersebut harus dilakukan dengan hati yang tulus mengabdi kepada rakyat. Tugas seorang ASN adalah sebagai juru kunci atau bicara terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat.

Pelayanan juga diberikan sebaik mungkin sehingga mempercepat proses yang berjalan. Contohnya adalah pelayanan dalam bidang administrasi harus dibuat sesederhana mungkin sehingga tidak menyulitkan masyarakat.

ASN juga harus memiliki sifat akuntabel yang selalu memperhitungkan apapun yang terjadi. ASN harus menjadi garda terdepan dalam melaksanakan atau membuat suatu anggaran menjadi benar-benar dipergunakan untuk kepentingan rakyat.

Sifat yang ketiga dari seorang ASN harus kompeten dalam bekerja. Kompeten disini adalah memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan tugas yang sudah diberikan.

Keahlian tersebut juga bisa semakin dikembangkan dengan mengikuti pelatihan yang ada. Anda juga bisa semakin mengembangkan keahlian dengan selalu melakukan pekerjaan dengan baik.

Sifat harmonis adalah sifat selanjutnya yang harus ada pada seorang ASN. ASN harus bisa memberikan teladan dalam bersinergi dalam dunia kerja tanpa ada keributan.

Seorang ASN juga harus loyal dalam memberikan informasi yang diperlukan kepada masyarakat. Terakhir, sifat yang harus dikuasai oleh ASN adalah adaptif dan kolaboratif.

Seorang ASN harus mudah beradaptasi dimana saja ditempatkan sehingga bisa bekerja dengan baik. ASN juga harus bisa berkolaborasi dalam tim untuk memberikan pelayanan terbaik.

2.  Branding ASN

Amanat yang kedua yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal tersebut harus mengikuti branding ASN. Seorang calon Pegawai Negeri Sipil harus bisa menjalankan branding ASN dengan baik dan tepat.

Apa itu branding ASN? Branding ASN adalah seruan untuk menjadi seorang yang bangga menjadi pelayan bangsa. Amanat dari Sekretaris Jenderal tersebut juga sesuai dengan pesan Presiden Republik Indonesia yaitu Bapak Jokowi.

Seorang ASN harus bisa mengatasi persoalan yang timbul dalam masyarakat dan bisa memberikan solusi terbaik. Tugas penting seorang ASN selain melindungi juga harus mengayomi seluruh lapisan masyarakat.

Pesan ini sudah termuat dalam amanah konstitusi undang-undang dasar negara Indonesia. Hak-hak masyarakat harus dipenuhi untuk kesejahteraan hidup yang lebih baik lagi.

Amanah tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal di depan para calon Pegawai Negeri Sipil di Ruang Pustaloka. Terdapat 150 CPNS yang hadir mengikuti acara pembukaan latsar CPNS 2022 tersebut.

3.  Apresiasi Terhadap Pusdiklat

Sambutan selanjutnya juga berisi apresiasi dan sanjungan kepada Pusdiklat menjadi suatu lembaga terakreditasi. Pencapaian tersebut bisa menjadikan pusat pendidikan dan pelatihan DPR tersebut mengadakan pelatihan secara mandiri.

Metode yang dipakai pada pelatihan adalah metode blending learning. Metode tersebut bisa menjadi solusi menghasilkan ASN yang berkualitas.

4.  ASN Harus Mudah Beradaptasi

Sekjen juga menyampaikan secara langsung bahwa seorang ASN harus mampu beradaptasi dengan nilai yang ada. Masa ini dikenal dengan era triple disruption dan kondisi yang VUCA.

Kondisi VUCA adalah singkatan dari volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. Dalam pelatihan latsar tersebut diharapkan untuk bisa bersaing secara sehat dalam dunia kerja.

5.  Buktikan Menjadi ASN Terbaik

Indra Iskandar juga mengharapkan seluruh calon Pegawai Negeri Sipil tersebut bisa menjadi ASN terbaik di bidangnya. Latsar ini merupakan langkah awal mulai karir dalam dunia kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Baca Juga: Apakah Rekrutmen CPNS 2023 Dibuka? Ini Tanggapan Kemenpan RB

Pentingnya Latsar CPNS 2022

Pembukaan latsar CPNS 2022 dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Indra Iskandar di gedung DPR RI. Indra Iskandar juga memberikan beberapa amanat dan arahan kepada para CPNS sehingga bisa menjadi ASN yang baik.

Beberapa pesannya adalah bisa menjadi seorang yang BerAKHLAK, siap bersaing, dan menjalani branding ASN. Pembukaan latsar CPNS 2022 diharapkan bisa memberikan semangat kepada peserta latsar CPNS 2022 sehingga bisa menjalankan amanat  sebagai ASN.


Leave a Comment