Perjuangan Indonesia dalam Materi TWK KAA

Materi TWK KAA dapat diperoleh dari mata pelajaran sejarah dalam bangku sekolah. Namun jika Anda akan mengikuti proses rekrutmen CPNS saat ini. Pasti Anda sudah tidak berada di bangku sekolah lagi. Sehingga mungkin saja Anda lupa dengan materi ini.Akan tetapi Anda tak perlu khawatir karena materi ini akan dibahas dengan jelas disini. Bagaimana penjelasan materi TWK KAA ini? Mari simak uraian singkat berikut ini!

Materi TWK KAA Tentang Pengertian Konferensi Asia Afrika

Materi TWK KAA adalah pengertiannya. KAA merupakan singkatan dari Konferensi Asia Afrika. Ada juga yang menyebutnya Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika ata Konferensi Bandung. Konferensi Asia Afrika merupakan konferensi yang dihadiri oleh negara-negara yang ada di Asia dan Afrika yang sama-sama baru memperoleh kemerdekaan seperti Indonesia. Bisa dibilang konferensi ini dilatarbelakangi oleh persamaan nasib mengenai kemerdekaan.

Materi TWK KAA berikutnya yang masih dalam lingkup pengertian yaitu tentang pesertanya. KAA dilaksanakan oleh beberapa negara, diantaranya yaitu Indonesia, India, Pakistan, Myanmar dan Sri Lanka. Yang mengkoordinasikan kegiatan ini adalah Menteri Luar Negeri Indonesia yang bernama Sunario. KAA dilaksanakan pada tanggal 18 April 1955 hingga 24 April 1955.


Dengan bertempat di Gedung Merdeka Kota Bandung, diselenggarakannya KAA ini memiliki tujuan untuk dapat mempromosikan kerjasama bidang ekonomi dan kebudayaan Asia Afrika. Selain itu, konferensi ini juga bertujuan untuk melawan kolonialisme atau neokolonialisme negara imperialis, seperti Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Bagaimana Terjadinya KAA?

Materi TWK KAA kedua adalah prosesnya. Pada awalnya, Konferensi Asia Afrika didahului oleh kegiatan Persidangan Bogor. Sebagai pendahuluan dari Persidangan Kolombo dan KAA, persidangan ini berlangsung pada tahun 1949. Kemudian pada tanggal 28 hingga 29 Desember 1954, digelar Persidangan Bogor yang kedua. Dari sini lah KAA mulai digaungkan.

Materi TWK KAA selanjutnya adalah gambaran KAA. KAA digambarkan sebagai wujud refleksi dari apa yang dianggap sebagai rasa enggan dari kekuatan negara Barat. Keengganan ini terwujud dalam bentuk sukarnya berkonsultasi dengan negara Barat mengenai keputusan yang sudah diambil. Tentunya yang dimaksud keputusan ini adalah keputusan yang berpengaruh pada negara Asia yang tertuang dalam:

  • Peraturan tentang ketegangan dalam Perang Dingin
  • Rasa prihatin atas ketegangan yang terjadi antara Tiongkok dan Amerika Serikat
  • Adanya kemauan untuk membuat pondasi lebih kuat untuk perdamaian Tiongkok
  • Upaya menentang pemerintahan kolonial di Afrika dan Aljazair
  • Indonesia berkeinginan menyelesaikan kasus dengan Belanda mengenai Irian Barat

Lanjutan dari Materi TWK KAA adalah tanggal penting setelahnya. Lalu pada tanggal 4 Desember 1954, PBB memberikan pengumuman bahwa Indonesia sudah dapat membicarakan masalah dengan Belanda tentang Irian Barat yang akan dirundingkan dalam agenda sidang Majelis Umum PBB di tahun 1955 nanti.

Dari sinilah KAA diumumkan akan diselenggarakan pada bulan yang sama yaitu Desember 1954. Pada bulan ini diketahui bahwa KAA akan digelar pada tanggal 18 April 1955 hingga 24 April 1955.

Apa Saja Hasil dari KAA?

Materi TWK KAA adalah hasilnya. Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada tahun 1955 diikuti oleh 29 negara. Dari 29 negara ini didapatkan jumlah lebih dari setengah dari total penduduk dunia kala itu. Sebagai presiden pertama Indonesia, Soekarno menggambarkan dirinya sebagai seorang pemimpin dari kelompok ini sehingga dirinya sebagai NEFOS.

Apa itu NEFOS? NEFOS adalah singkatan dari Newly Emerging Forces yang berarti Kekuatan Dunia Baru. Dari hal ini dapat dilihat bahwa KAA menjadi perwujudan kekuatan dari negara Asia Afrika dalam menentang kolonial Barat.

KAA menghasilkan 10 keputusan penting yang disebut Dasasila Bandung. Isinya mengenai pernyataan dukungan kerukunan dan kerjasama dunia. Dasasila Bandung ini juga mengandung prinsip-prinsip dalam Piagam PBB. Selain itu, KAA juga menghasilkan terbentuknya Gerakan Non Blok pada tahun 1961. Itulah Materi TWK KAA yang harus dipahami terutama pada tanggalnya.


Leave a Comment