Pertahankan Negara dengan Jadi Bagian CPNS Lemhannas RI

CPNS Lemhannas RI merupakan lembaga pemerintah di luar kementerian yang memiliki peran sama pentingnya dalam pertahanan nasional. Lembaga ini dibentuk untuk melindungi kedaulatan dengan mempertahankan diri dari ancaman dari pihak manapun.

Apa Itu CPNS Lemhannas RI     

Suatu negara memerlukan lembaga yang bertugas memberikan perlindungan jika terjadi sesuatu terhadap negeri tercinta. Lembaga tersebut dibutuhkan untuk mengatur strategi untuk membahas apa yang harus dilakukan untuk menghadapi suatu serangan.

Lembaga pertahanan juga berfungsi memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memberikan informasi jika terjadi sesuatu yang mencurigakan. Cara dan teknik pelaporan bisa menggunakan nomor darurat pemerintah.


Nomor darurat bisa dipakai untuk melaporkan sesuatu kepada pihak berwajib. Anda bisa mempercayakan langkah selanjutnya kepada aparat bertugas.

Departemen ini awalnya berada langsung dibawah kementrian pertahanan dengan tugas dan tanggung jawab lebih khusus. Lemhannas harus bisa memantapkan nilai-nilai kebangsaan seperti semangat gotong royong dan saling tolong menolong.

Sekarang, Lembaga Ketahanan nasional ini berdiri sendiri karena sudah dimanfaatkan menjadi sejajar dan kementrian. Kegunaan lembaga ini adalah untuk menjalankan hubungan yang strategis antara TNI, POLRI, aparatur sipil, dan pemerintah.

Perubahan terus terjadi sepanjang tahun dengan beberapa peraturan baru. Pertama sekali lembaga ini berada di bawah kepemimpinan menteri pertahanan lalu berubah di bawah presiden.

Kepemimpinan terakhir jatuh kepada panglima angkatan bersenjata republic Indonesia. Hal ini terjadi karena ketahanan identic dengan kekuatan sehingga memerlukan perintah langsung dari angkatan bersenjata.

CPNS Lemhannas RI direkrut dari jalur khusus dengan dinuka tes ketika penyeleksian aparatur sipil negara dilaksanakan. Perekrutan tersebut dengan menpertimbangkan kebutuhan akan anggota untuk dilatih sebagai pasukan pertahanan negara.

Pegawai CPNS Lemhannas RI berstatus sebagai pegawai negeri sipil. Pegawai tersebut memperoleh gaji pokok setiap bulan seperti pegawai kementrian dalam pemerintahan.

Tes dibuka setiap tahun dengan syarat yang dibutuhkan. Jika Anda tertarik bergabung di departemen tersebut persiapkan diri dengan baik.

Informasi Penting Seputar CPNS Lemhannas RI

Lembaga ketahanan nasional ini berdiri pada tahun 1965 pada tanggal 20 Mei diresmikan secara langsung oleh presiden Soekarno. Pendirian departemen ini kebetulan sama dengan hari kebangkitan nasional pada tahun tersebut.

Pembentukan pertama juga menjadi l\hari pertama membuat rumusan menerima anggota reguler angkatan I. Departemen ini diharapkan bisa menjadi suatu langkah pemerintah mempertahankan negara di tengah ricuhnya politik dunia.

Departemen ini sudah membuktikan diri sebagai salah satu aset yang harus dijaga oleh pemerintah untuk ketahanan nasional. Lembaga ini sudah membuktikan diri dengan memberikan peran aktif untuk kemajuan bangsa.

banyak pemimpin tangguh terlahir dari kantor ini dengan konsep kepemimpinan yang unik. Konsep tersebut sudah banyak mempengaruhi peta politik di negeri ini menjadi lebih baik lagi.

CPNS Lemhannas RI dipimpin oleh seorang gubernur diangkat dari angkatan bersenjata seperti TNI atau POLRI. Gubernur Lemhannas dibantu oleh seorang wakil gubernur yang diangkat dengan mandate remi presiden. Adapun tugas, misi, visi, dan gaji CPNS Lemhannas RI sebagai berikut.

1.  Tugas dan Fungsi

Adapun tugas lembaga ketahanan nasional ini sangat penting artinya bagi keutuhan negeri. Tugas pertama adalah membantu pemimpin negara menyelenggarakan persiapan kader potensial untuk memimpin.

Kader tersebut harus memiliki pemikiran integrative, holistic, integral, dan profesional. Anggota yang sudah dilatih juga harus memiliki etika baik, akhlak bagus, dan berjiwa kenegaraan kuat.

Sifat lainnya dituntut memiliki pengetahuan luas sehingga bisa berpikir modern. Tugas kedua lembaga ini yaitu mengadakan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis mengenai berbagai permasalahan nasional.

Tugas ketiga menberikan pemantapat nilai kebangsaan untuk menbagun karakter kenegaraan kuat. Sedangkan fungsi lembaga ketahanan nasional diantaranya pertama membuka pendaftaran kader untuk dilatih menjadi pemimpin di tingkat nasional.

Kedua adalah mengkaji strategi yang tepat untuk ketahanan pada berbagai bidang seperti geography, ekonomi, dan sosial budaya. Ketiga memantapkan nilai UUD 1945 sebagai asas kenegaraan.

Keempat adalah melakukan evaluasi terhadap kader dan pemimpin dalam menghadapi permasalahan negara. Kelima melakukan penelitian pada seluruh daerah untuk menguji ketahanan nasional.

Keenam melaksanakan pelatihan untuk calon pemimpin masa depan. Ketujuh melakukan kerjasama dengan berbagai institusi pascasarjana baik dalam atau luar negeri.

Kedelapan melakukan koordinasi pembinaan tuga pada seluruh anggota terlibat di departemen ini. Fungsi kesembilan melakukan pengawasan terhadap tugas yang diberikan kantor kepada para anggota.

Terakhir memberikan dukungan kepada seluruh bagian organisasi yang terlibat dalam lembaga ketahanan nasional.

2.  Susunan Organisasi

CPNS Lemhannas RI memiliki susunan organisasi yang berbeda dengan kementerian. Pemimpin tertinggi diduduki oleh gubernur dan wakil yang memimpin lembaga.

Jabatan kedua diisi oleh sekretariat utama bertugas memberikan laporan tentang segala jalannya kebijakan departemen. Jabatan ketiga diisi oleh deputi dengan tiga bidang penting.

Tiga deputi tersebut yaitu bidang pendidikan tingkat nasional, pengkajian strategic, dan pemantapan nilai kebnagsaan. Jabatan ketiga diisi oleh widyaiswara atau tenaga ahli dan profesional.

Jabatan selanjutnya adalah kepala pusat laboratorium dan inspektorat dengan jajaran dibawahnya.

3.  Visi

CPNS Lemhannas RI memiliki visi menjadi tempat utama sebagai pusat layanan public. Pusat layanan tersebut harus bersifat kredibel dan terpercaya.

Lembaga ini juga ingin mewujudkan Indonesia sebagai negara mandiri, berdaulat, dan maju. Semua hal tersebut bisa terjadi jika didukung dengan sifat gotong royong dan berkepribadian pancasila.

4.  Misi

Lemhannas memiliki misi menjadikan kader terlatih menjadi pemimpin kuat dan berkepribadian. Yang utama adalah memberikan pengetahuan kepada kader pemimpin supaya memiliki sifat profesional, berakhlak, dan berkepribadian mulia.

Kedua sebagai agen perubahan bangsa di tingkat dunia. Misi ketiga bisa menciptakan sistem tepat untuk mengukur sejauh mana ketahanan nasional di daerah.

5.  Besaran Gaji Pegawai

Pegawai yang bekerja pada lembaga ketahanan nasional memiliki gaji dan tunjangan seperti pegawai negeri sipil lainnya. Perbedaannya hanya pada tunjangan yang diberikan sesuai golongan dan pangkat.

Tunjangan paling besar diterima oleh gubernur sebesar Rp25 juta dan terkecil untuk pangkat terendah mendapatkan tunjangan sebesar Rp1.7 juta. Gaji pokok paling tinggi diperoleh oleh pemimpin tertinggi dan paling kecil oleh pegawai lulusan sekolah menengah.

Pegawai Lembaga ketahanan nasional juga akan mendapatkan uang makan, kesehatan, dan pensiunan. Ada juga yang mendapatkan fasilitas rumah dan kendaraan dinas.

Baca Juga: Membangun Desa dengan Menjadi Bagian dari CPNS Kemendesa

Kesimpulan

Lembaga ketahanan nasional merupakan departemen setara kementerian di bawah presiden republic Indonesia. Pegawai yang bekerja pada lembaga ini kebanyakan dari angkatan bersenjata karena latihan keras yang diterima.

Lemhannas dipimpin oleh seorang gubernur dengan dibantu oleh seorang wakil untuk melancarkan tugas dan tanggung jawabnya. Tanggung jawab utama lembaga adalah menghasilkan kader kompeten dengan wawasan kebangsaan lengkap, beretika, dan memiliki akhlak mulia.

Lulusan juga harus bisa memecahkan dengan cerdas permasalahan dalam berbagai bidang pertahanan nasional. CPNS Lemhannas RI memiliki tanggung jawab berat dalam mengemban tugas mempertahankan kedaulatan negara. Jika ingin melamar formasinya, selalu update info di web resmi lembaga pemerintahan ini di http://www.lemhannas.go.id/.


Leave a Comment