Pertanyaan Para Abdi Negara: Kapan Gaji 13 CPNS 2022 Dibayarkan?

Gaji 13 CPNS 2022 sudah diumumkan oleh Presiden Jokowi bahwa akan segera direalisasikan pembayarannya dalam waktu dekat ini sebelum lebaran. Namun, berita itu malah jadi pemicu naiknya sebagian besar kebutuhan pokok di pasaran.

Apa Itu Gaji 13 CPNS?

Tahukah Anda arti dari gaji 13 CPNS 2022? Sebagian besar menganggap itu adalah Tunjangan Hari Raya, tetapi sesungguhnya bukan.

Umumnya di perusahaan gaji 13 adalah pemberian THR, tetapi untuk CPNS selain menerima gaji bulanan, THR, juga ada tambahan. Penghasilan tambahan itulah yang dikenal dengan sebutan gaji 13.


Gaji 13 adalah tambahan penghasilan yang diberikan kepada ASN, PNS, anggota TNI, dan Polri. Pemberian gaji 13 sudah dilakukan sejak tahun 1969 lalu.

Kemudian di tahun 1979 ada instruksi dari Presiden untuk dibayarkan di bulan Juni, tetapi di tahun 1980 hingga 1982 gaji 13 sempat mengalami penghentian. Karena pemerintah beranggapan sudah memberikan tunjangan untuk perbaikan penghasilan.

Namun, di tahun 1983 gaji 13 kembali dianggarkan dan diberikan di bulan Juli tahun itu. Adanya perubahan dari bulan Juni ke Juli tentu ada alasan tersendiri yang tujuannya untuk membantu biaya kebutuhan sekolah.

Informasi Gaji 13 CPNS 2022 Sesuai PP Nomor 16 Tahun 2022

Besaran gaji 13 CPNS 2022 dihitung dari penjumlahan gaji pokok dan tunjangan yang melekat di dalamnya. Antara lain tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan lainnya.

Penerbitan PP Nomor 16 Tahun 2022 ditandatangani Presiden Jokowi tanggal 13 April 2022 lalu sekaligus mencabut peraturan sebelumnya. Yakni PP Nomor 63 Tahun 2021 yang mengatur siapa saja yang berhak menerima gaji 13.

Gaji 13 CPNS 2022 akan dibayarkan paling cepat awal Juli 2022, tetapi kemungkinan tidak akan lewat dari bulan itu. Walaupun Pemerintah belum menyebutkan tanggal persis pembayarannya, tetapi sebaiknya mengetahui siapa saja yang berhak atas gaji 13. Silakan disimak informasi mengenai siapa saja yang berhak menerimanya.

1. Aparatur Negara

Yang termasuk dalam kategori aparatur negara adalah wakil Menteri, staf khusus kementerian, Dewan Pengawas KPK, pimpinan, dan anggota DPR. Lalu, hakim, pimpinan dan anggota lembaga nonstruktural, termasuk pegawai dan non pegawai.

Aparatur negara berperan sebagai perencana, pelaksana, dan juga pengawas seluruh tugas pemerintahan dan pembangunan nasional. Aparatur negara harus menjadi pelayan publik professional.

2. PNS dan CPNS

Pegawai Negeri Sipil dan Calon Pegawai Negeri Sipil menduduki posisi kedua yang berhak menerima gaji 13. Gaji 13 CPNS 2022 jumlahnya tergantung dari golongan dan masa kerja masing-masing PNS dan CPNS.

Namun, antara PNS dan CPNS mempunyai persentase berbeda yang menjadi dasar penghitungan gaji 13 setiap tahunnya.

3. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

PPPK adalah WNI yang mempunyai syarat tertentu dan diangkat berdasarkan perjanjian kerja waktu tertentu untuk melaksanakan tugas pemerintahan. Sektor kegiatan penggunaan PPPK hampir di semua lini fungsional, antara lain pendidikan, kesehatan, pertanian, manajemen, dan sektor lainnya.

4. Prajurit TNI dan Anggota Polri

Semua prajurit TNI dan anggota Polri yang bertugas di dalam negeri maupun di luar negeri, semua mendapatkan gaji 13. Termasuk yang ditugaskan di luar instansi pemerintahan, tetapi gajinya dibayarkan oleh pihak lain yang mempekerjakannya.

Selain itu yang karena alasan tertentu dibebastugaskan sementara, tetapi masih menerima gaji per bulan masih berhak mendapatkan gaji 13.

5. Pejabat Negara

Presiden, jajaran MPR, DPR, DPRD, Mahkamah Agung, BPK, KY, Menteri, pejabat setingkat menteri, dan pemimpin daerah. Semua pejabat negara tersebut juga termasuk salah satu yang berhak menerima gaji 13.

6. Pensiunan dan Penerima Pensiun

Walaupun sudah pensiun dan akan memasuki usia pensiun, mereka juga tercantum sebagai penerima gaji 13. Termasuk di dalamnya pensiunan PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan karena suami/istrinya meninggal.

7. Penerima Tunjangan

Contoh penerima tunjangan, salah satunya adalah penerima tunjangan veteran, tunjangan kehormatan KNIP, perintis maupun penggerak kemerdekaan, dan lain-lain.

8. Pengecualian

Gaji 13 CPNS 2022 memberikan pengecualian kepada PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang sedang cuti dan bukan tanggungan negara. Kemudian, juga mendapatkan pengecualian tidak menerima gaji 13 adalah apabila dalam penugasannya negara tidak lagi membayar gajinya.

Informasi lain yang harus Anda ketahui, syarat utama dari penerima gaji 13 CPNS 2022 merupakan Warga Negara Indonesia. Kemudian sudah bekerja minimal satu tahun dengan dibuktikan dari surat pengangkatan atau perjanjian kerja.

Asal dana untuk membayarkan gaji 13 CPNS 2022 dari APBN dan APBD. Lalu ada beberapa komponen yang tidak termasuk ke dalam penghitungan gaji 13, yakni insentif kinerja, tunjangan pengamanan, dan tunjangan khusus.

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 memperinci semua terkait informasi penerima, lalu apa yang bisa dan tidak bisa dimasukkan dalam perhitungan gaji 13.

Baca Juga: Yang Ditunggu, Info Lengkap Seputar THR CPNS 2022

Gaji 13 CPNS 2022 Sebanyak 80% dari Gaji Pokok PNS

Gaji 13 CPNS 2022 yangpembayarannya berasal dari APBN akan menerima 80% dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga. Lalu, tunjangan pangan, tunjangan umum, dan 50% tunjangan kinerja.

Apabila pembiayaannya berasal dari APBD maka rinciannya 80% gaji pokok PNS, tunjangan keluarga, tunjangan pangan. Kemudian, tunjangan jabatan atau umum, dan maksimal 50% tambahan bagi instansi yang memberikan kapasitas fiskal.

Tujuan dari pemberian gaji 13 CPNS 2022 untuk memenuhi kebutuhan belanja anak-anak ASN, PNS, prajurit TNI dan penerima lainnya. Apalagi menjelang tahun ajaran baru dibutuhkan biaya yang cukup banyak, oleh sebab itu pemilihan bulan Juli sangat membantu.

Walaupun tidak bisa dipungkiri fenomena naiknya harga kebutuhan menjelang pembayaran gaji 13 sudah sering terjadi. Sehingga pemerintah perlu mengendalikan harga agar tidak terjadi ketimpangan ekonomi, antara penerima gaji 13 dengan yang tidak.

Karena sebanyak apapun tambahan penghasilan yang diberikan, jika uang yang harus dibelanjakan nilainya semakin murah. Maka memberikan tambahan penghasilan hanya akan membuat perilaku konsumtif saja.

Kebijakan pemberian gaji 13 harus diimbangi dengan proses akselerasi pertumbuhan ekonomi dan persaingan usaha tetap terjaga. Ada satu poin penting yang harus disikapi pemerintah, yakni transparansi penyaluran dananya.

Karena berasal dari APBN dan APBD harus dikawal bersama agar tidak disalahgunakan anggarannya. Nama-nama yang tercantum adalah benar ada dan bukan data fiktif, sering terjadi data pegawai belum diperbaharui.

Sehingga nama-nama pegawai yang sudah bekerja maupun meninggal dunia masih menerima pembayaran gaji 13 itu. Atau jika Anda termasuk salah satu yang berhak menerima gaji 13, tetapi tidak terdaftar sebagai calon penerima.

Hal itu harus segera ditindaklanjuti, sehingga ada perbaikan data dan informasi mengenai status kepegawaian Anda. Menambah penghasilan ASN, PNS, CPNS, dan pejabat negara lainnya merupakan apresiasi Pemerintah karena telah bekerja untuk bangsa dan negara.

Bekerja bersama-sama rakyat untuk menggerakkan perekonomian, menguatkan daya beli masyarakat, dan menjaga situasi tetap aman dengan tercukupinya kebutuhan hidup bersama.


Leave a Comment