Rahasia Peluang CPNS Ekonomi Syariah dengan Kualitas Kampus

Tertarik menjadi CPNS Ekonomi Syariah di Kementerian Agama? Sebaiknya Anda mengetahui lokasi studi terbaik untuk mengenyam jurusan muamalah. Tujuannya adalah agar peluang lolos CPNS lebih besar.

Sebagaimana diketahui, Ekonomi Syariah adalah salah satu program studi yang mempelajari teori-teori mengenai ekonomi dari perspektif Islam. Baik itu ekonomi mikro maupun makro.

Sebagai informasi, prospek kerja lulusan Ekonomi Syariah terbilang sangat luas, contohnya menjadi tenaga pendidik di lingkup CPNS Ekonomi Syariah. Selain itu, sarjana program studi ini bisa menjadi pegawai bank syariah, staff di lembaga keuangan negara, dan masih banyak lagi.


Untuk diketahui, penyedia prodi ekonomi syariah tidak hanya ada pada kampus swasta. Beberapa universitas negeri juga punya jurusan muamalah yang bisa membawa lulusannya jadi CPNS Ekonomi Syariah.

Seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia dan lain-lain. Bagi yang tertarik mendapatkan ilmu ekonomi syariah di PTN, Anda bisa memilih program studi Ekonomi Islam di beberapa kampus tadi.

Namun, bagi yang berminat mengikuti pendidikan Ekonomi Islam sembari mendalami lebih banyak ilmu agama, bisa memilih kampus naungan Kemenag. Selain memperluas wawasan di bidang ekonomi dalam pandangan Islam, mahasiswa juga lebih dibekali pemahaman lebih tentang agama Islam.

11 Kampus Negeri Jurusan S1 Muamalah untuk CPNS Ekonomi Syariah

Berikut adalah beberapa universitas di bawah naungan Kemenag yang dapat calon mahasiswa pilih untuk mempelajari ilmu ekonomi Islam. Simak hingga tuntas!

1. IAIN Lhokseumawe

Berlokasi di Aceh, tepatnya di Jalan Medan–Banda Aceh, prodi Ekonomi Syariah di kampus ini terakreditasi A oleh BAN-PT. Terdapat total 152 SKS mata kuliah wajib selama 8 semester dengan mata kuliah pilihan sebanyak 15 SKS.

Selain pengetahuan mengenai ekonomi Islam, mahasiswa Fasya (Fakultas Syariah) IAIN Lhokseumawe juga pasti diajarkan teoretis ekonomi konvensional. Dengan demikian, mahasiswa lebih siap masuk dunia perekonomian di lingkungan instansi negeri ataupun swasta.

2. IAIN Bukittinggi

Terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, IAIN Bukittinggi menjadi salah satu kampus yang pas dijadikan lokasi studi ekonomi syariah. Selain aturan berekonomi menurut agama, berbagai ilmu syariat lain juga bakal didapatkan mahasiswa kampus ini, sebagaimana universitas Islam lainnya.

Seperti Ilmu Fiqih, Tafsir Al-Qur’an, Hadis, dan lain sebagainya. Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi juga telah terakreditasi amat baik oleh BAN-PT.

3. UIN Raden Fatah

Universitas Islam Negeri Raden Fatah terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Program studi Ekonomi Syariah berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Fatah. Lokasi tepatnya terletak kampus B universitas terakreditasi A ini.

4. UIN Raden Intan

Memiliki akreditasi sangat baik (A), prodi muamalah UIN Raden Intan juga mengajarkan banyak hal, seperti retorika mengenai ekonomi Islam. Kampus yang beralamat di Bandar Lampung ini juga memberikan nilai-nilai agama secara komprehensif.

Bangunan yang dulunya bernama IAIN Raden Intan memiliki prodi ekonomi syariah terakreditasi unggul sejak tahun 2019.

5. UIN Sunan Gunung Djati

Disebut-sebut sebagai kampus yang memberikan masa depan cerah bagi lulusannya, UIN SGD bisa dijadikan alternatif bagi Anda. Terkhusus, siswa-siswi yang berada di daerah Jawa Barat, yakni Bandung dan sekitarnya.

Universitas terbaik ke-38 dari seluruh PTN di Indonesia ini juga memiliki peringkat pertama PTKN Indonesia versi Webometrics. Fakultas dengan prodi Muamalah terakreditasi A ini dapat dipilih mahasiswa yang ingin terjun ke perekonomian Islam. Seperti menjadi CPNS Ekonomi Syariah atau profesi lainnya.

6. IAI Tazkia

Pilihan terbaik untuk studi ekonomi Islam selanjutnya adalah Institut Agama Islam Tazkia, Bogor. Mahasiswa dan dosen dari kampus ini telah banyak berkontribusi di masyarakat Indonesia, seperti menjadi penyedia lembaga keuangan syariah.

Selain itu, baru-baru ini IAI Tazkia mendapatkan penghargaan dari dunia ekonomi global sebagai Lembaga Penyedia Pendidikan Keuangan Syariah Terbaik. Pencapaian yang diberikan Global Islamic Finance Award (GIFA) tentu bisa dijadikan acuan bagi yang sedang mencari kampus ekonomi Islam.

Visi dari kampus ini ialah Tauhid, Amanah, Zero defect, Knowledge Competence, Innovative Istiqomah, and Achievement through team work (TAZKIA). Tidak hanya itu, institusi ini pun telah bekerja sama dengan universitas ekonomi internasional, seperti Maroko, Turki, Jepang, dan lain-lain.

Kemudian, selain mempelajari prodi muamalah, pembelajaran di kampus ini juga menekankan metode hafizpreneur dan hafiznomist. Dengan itu, lulusan tentu bisa dikatakan lebih siap untuk menjadi bagian di Kemenag sebagai CPNS Ekonomi Syariah.

7. UIN Sunan Kalijaga yang Banyak Mencetak CPNS Ekonomi Syariah

Beralih ke Jawa Tengah, terdapat salah satu kampus Islam negeri terbaik dengan prodi muamalah atau ekonomi syariah terakreditasi unggul. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, bisa dijadikan pilihan Anda saat menentukan lokasi studi ekonomi Islam di Tanah Walisongo.

Sejak 10 Oktober 2020, program studi ekonomi syariah di universitas ini diberikan akreditasi amat baik oleh BAN-PT.

8. Universitas Muhammadiyah

Prodi Ekonomi Syariah (Muamalah) dari Universitas Muhammadiyah yang berlokasi di Magelang ini masuk dalam delapan jurusan terdepan di Indonesia. Sejak 2018, universitas ini telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

9. UIN Walisongo dengan Banyak Alumni Diterima CPNS Ekonomi Syariah

Tanggal 2 November 2020 menjadi hari resmi prodi muamalah di UIN Walisongo berakreditasi amat baik (A). Kampus yang berlokasi di Semarang ini juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengenyam pendidikan ekonomi Islam secara mendalam.

10. IAI Sunan Giri

Masih dari Tanah Jawa, kampus yang berlokasi di Bojonegoro, Jawa Timur ini juga mempunyai prodi muamalah terakreditasi unggul. IAI Sunan Giri dapat dijadikan lokasi studi bagi Anda yang ingin membumikan nilai-nilai syariah di masyarakat, khususnya muslim.

11. IAIN Palopo

Bagi warga Indonesia Timur, program studi Hukum Ekonomi Syariah juga bisa didapatkan tanpa harus merantau ke Pulau Jawa atau Sumatera. Di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, IAIN Palopo berdiri untuk memenuhi kebutuhan siswa yang berminat melanjutkan studi di bidang muamalah.

Baca Juga: Ternyata, Ini Peluang dan Prospek CPNS Lulusan Psikologi di Dunia Kerja

Kampus Prodi Ekonomi Syariah untuk Jadi CPNS Ekonomi Syariah

Sebagaimana diketahui, kebutuhan CASN akan terus dibutuhkan negara. Meski formasi setiap tahunnya tidak menentu, tetapi memilih jurusan ekonomi Islam dapat menjadi cara agar lebih mudah masuk Kemenag.

Untuk mendaftar CPNS Ekonomi Syariah, Anda bisa mengakses laman https://casn.kemenag.go.id saat registrasi seleksi CPNS dibuka. Kampus-kampus yang disebutkan di atas adalah universitas terbaik yang dinilai dari akreditasinya.

Anda bisa memilih salah satu kampus tersebut atau kampus lain yang sesuai dengan minat. Namun, menjadi lulusan universitas unggul merupakan satu kelebihan sendiri dan bisa jadi penilaian saat seleksi CPNS Ekonomi Syariah berlangsung.

Karena itu, disarankan untuk memperjuangkan lokasi studi dengan akreditasi unggul hingga baik guna melancarkan proses CPNS Ekonomi Syariah nantinya. Jadi, mana yang menurut Anda paling tepat dijadikan lokasi kuliah program studi muamalah atau ekonomi syariah?

Demikianlah informasi mengenai kampus dengan prodi muamalah unggul dan mendukung menjadi CPNS Ekonomi Syariah di masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat.


Leave a Comment