Setelah Penyerahan SK & NIP, CPNS Artinya akan Segera Bertugas

CPNS artinya orang-orang yang telah berhasil melalui proses seleksi dan siap membuktikan kompetensi di instansi tempatnya melamar jabatan. Secara gramatika, Calon Pegawai Negeri Sipil seharusnya sudah dapat memberikan makna sebenarnya.

Namun, beberapa orang masih kurang tepat menafsirkan kalimat tersebut. Sebagai informasi, WNI yang disebut CPNS artinya sedang dalam masa prajabatan, katakanlah training atau masa pelatihan.

Hal itu berarti masa CPNS bukanlah saat sedang diuji dengan tahap administrasi, seleksi dasar, dan seleksi bidang. Akan tetapi, tengah diuji secara langsung sampai mana keseriusan CPNS dalam bekerja, seberapa tingkat niatnya dalam mengabdi, dan sebagainya.


Sebagaimana masa training di perusahaan-perusahaan lain, training di instansi pemerintahan juga mendapatkan gaji. Bedanya, CPNS mendapat berbagai tunjangan yang bila diuangkan nilainya bukan lumayan.

Karenanya, sangat wajar jika banyak orang yang mengharapkan posisi tersebut. Meskipun belum sepenuhnya menjadi PNS dengan gaji 100%, nilai 80% tampaknya sudah cukup untuk bulan pertama hingga kedua belas.

Serba-serbi CPNS Artinya

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bersangkutan dengan Calon Pegawai Negeri Sipil. Simak sampai selesai, ya.

1. Pra- CPNS Artinya

Sebelum membahas ke CPNS, masa sebelum CPNS bukan salah untuk dibahas. Sebelum resmi diangkat menjadi CPNS, seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat seleksi yang disebut, Administrasi, SKD, dan SKB.

Ketiga tahapan tersebut pasti menggugurkan banyak peserta. Alasan ketidaklolosannya bisa dikarenakan formasi tidak sesuai pendidikan, dianggap belum memenuhi kriteria, atau lain sebagainya.

Untuk menghindari itu, bagi Anda yang hendak mendaftar CPNS, pastikan selalu membaca dengan teliti seperti apa syarat dan ketentuannya.

2. Penyerahan SK dan NIP CPNS Artinya

Informasi penting, bagi peserta tes CPNS yang belum tahu kapan penyerahan NIP CPNS, jadwal pengusulan NIP-nya telah diumumkan. Dari pemberitahuan Panselnas, usul NIP setelah pemberkasan akan selesai paling lambat tanggal 22 Februari 2022.

Dengan demikian, perkiraan jadwal penyerahan SK dan NIP CPNS akan dilangsungkan sekitar awal bulan Maret. Sehubungan dengan itu, penting bagi Anda yang akan diangkat menjadi CPNS mengetahui syarat agar diangkat menjadi PNS.

Sebagai informasi, SK CPNS artinya Surat Keterangan sahnya peserta tes menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Sementara NIP CPNS artinya Nomor Induk Pegawai yang merupakan identitasnya sebagai bagian dan calon penyandang jabatan di pemerintahan.

Di sisi lain, sanksi berat pun wajib Anda tau agar makin menghindari hal-hal yang tidak diperbolehkan selama CPNS berlangsung. Selain itu, hal tersebut pun merupakan alasan yang bisa menjadikan CPNS atau PNS dicopot jabatannya.

3. CPNS Artinya Orang yang Hampir Memenuhi Semua Syarat Diangkat Menjadi PNS

Berdasar Peraturan Pemerintah tentang Manajemen CPNS, ada beberapa hal yang dapat menjadi acuan diangkatnya seorang calon PNS menjadi PNS. Di antaranya adalah mengikuti Diklatsar.

Diklatsar atau Pendidikan Pelatihan Dasar, dulu disebut Prajab CPNS artinya masa pengembangan pengetahuan dan keterampilan CPNS. Selain itu, sikap CPNS pun dilihat agar dapat melaksanakan tanggung jawab sebaik mungkin saat sah menjadi PNS.

Dari laman resmi Lembaga Administrasi Negara, Sipka LAN, Diklatsar berlangsung selama 113 hari masa kerja atau sekitar 3 bulan. Waktu tersebut terbagi untuk masa kerja, pembelajaran klasikal, dan non-klasikal.

Namun, beberapa instansi memiliki kebijakan sendiri tentang berapa lama tahapan ini diselenggarakan. Selain itu, syarat yang harus dipenuhi selanjutnya adalah sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari penyalahgunaan obat-obatan.

Dalam hal ini, wajib dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter yang bekerja di pemerintahan. Kemudian, membuktikan kualitas kinerja CPNS artinya harus memenuhi standar instansi, minimal terbilang baik.

Jika ketiga hal di atas terpenuhi oleh seorang CPNS, orang tersebut akan diminta mengucapkan janji PNS. Sumpah tersebut guna menjamin tanggung jawab PNS akan dilaksanakan sebaik-baiknya.

4. Hal yang Dapat Menggugurkan Posisi CPNS

Adapun hal-hal yang bisa membuat CPNS keluar dari posisinya adalah sebagai berikut. Dalam PP No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, CPNS dapat dicopot dari posisinya karena beberapa hal.

Di antaranya, karena mengundurkan diri atas permintaan sendiri. Apabila CPNS mengundurkan diri saat masa pelatihan, dipastikan orang tersebut akan di-blacklist selama satu periode di tes CPNS berikutnya.

Kedua, meninggal dunia. Ketiga, melakukan pelanggaran disiplin tingkat sedang sampai tinggi. Selain itu, Calon Pegawai Negeri Sipil juga bisa diberhentikan saat diketahui memberikan keterangan atau data diri palsu saat melamar.

Misalnya, melakukan kecurangan dengan memberikan ijazah palsu, surat keterangan sehat palsu, dan lain sebagainya. Sanksinya bisa dipidana dengan hukuman penjara berdasar putusan pengadilan negeri.

Sanksi pemalsuan dokumen dapat dilihat dalam Pasal 236 KUHP. Selanjutnya, pemalsuan identitas terdapat dalam Pasal 266 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Selain dua pasal di atas, masih banyak lagi pasal yang bisa menjerat terpidana yang melakukan pembohongan. Kemudian, CPNS pun bisa diberhentikan ketika tidak mau mengucap sumpah PNS.

Ditambah lagi, peserta CPNS, meski dinilai layak menjadi PNS, ketika diketahui bergabung dengan organisasi politik otomatis akan ditindak tegas. Jika setelah diperingatkan masih saja berada di antara Parpol, CPNS akan diberhentikan bahkan bisa tidak diizinkan mengikuti seleksi kembali.

Menjadi PNS yang Bertanggung Jawab

Menjadi CPNS artinya siap lanjut menjadi PNS. Sebagaimana sumpah PNS maka wajiblah mematuhi segala aturan yang berlaku.

Anda tentu sudah mengetahui seperti apa PNS yang baik, tidak hanya memberi pelayanan dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Lebih dari itu, PNS pun harus menghindari hal-hal yang dilarang dalam aturan pemerintah, salah satunya korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Setelah mengucap janji PNS dan sumpah jabatan atas nama Tuhan, saatnya mewujudkan kalimat-kalimat indah tersebut. Jangan jadikan Anda, sekaligus lembaga sampai pemerintah, dianggap pemberi janji belaka.

Bagi Anda yang akan segera diberikan NIP dan SK CPNS sertaakan melaksanakan pelatihan, semoga berhasil melewatinya. Gunakan waktu sebaik-baiknya sebelum diberi SPMT, dan laksanakan tugas sebaik mungkin setelah dapat surat tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan artikel tentang penjelasan penyerahan SK dan NIP CPNS artinya apa. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda, terutama yang sudah lulus SKB di periode 2021 dan akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.


Leave a Comment