Siap-siap! Catat Jadwal SKD CPNS 2022 Agar Tak Ketinggalan

Jadwal SKD CPNS 2022 akan diumumkan di halaman resmi kementrian pemerintahan jika sudah akan dilaksanakan. Simak informasi jadwal SKD CPNS 2022 sebagai berikut.

Jadwal SKD CPNS 2022

SKD merupakan singkatan dari seleksi kompetensi dasar yang harus diikuti oleh oleh peserta calon pegawai negeri sipil. Seleksi ini memiliki tujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam ilmu pengetahuan dasar.

Ilmu yang diuji sangat beragam yang dibagi menjadi berbagai jenis tes. Tes tersebut akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu dengan beberapa jumlah soal di dalamnya.


Tes ini juga bertujuan menyaring siapa saja yang dianggap pantas dan mampu memperoleh nilai tertinggi. Jika nilai tertinggi sudah diperoleh maka Anda akan dinyatakan sebagai peserta yang lolos seleksi.

Beberapa tahun belakangan ini pemerintah menetapkan setiap peserta yang lulus harus melewati passing grade. Passing grade ditetapkan pada setiap tes berbeda dengan tes lainnya.

Jika Anda memiliki nilai tertinggi tetapi ada satu jenis tes tidak melewati passing grade tetap tidak bisa lulus CPNS. Nilai batas minimal kelulusan ini ditetapkan supaya setiap peserta menguasai minimal lima puluh persen dari materi.

Pegawai negeri sipil selain harus melayani masyarakat juga harus menguasai wawasan dan ilmu pengetahuan yang mumpuni. Tes seleksi kemampuan dasar harus diikuti oleh semua peserta yang mengikuti ujian calon pegawai negeri.

Jadwal SKD CPNS 2022 akan berbeda pada setiap instansi yang melakukannya. Hal ini karena setiap kementerian memiliki persyaratan dan jenis soal tes yang berbeda.

Kementerian lainnya juga memiliki Jadwal SKD CPNS 2022 yang tidak bersamaan dengan tempat lainnya. Namun, walau waktunya berbeda selisih waktu tidak begitu jauh sehingga tidak bisa mendaftarkan diri di dua tempat yang berbeda.

Sistem yang terhubung langsung ke pusat akan memberitahukan jika sudah memilih satu pilihan. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada peserta lainnya untuk mengikuti persaingan yang serupa.

Seputar Seleksi Kompetensi Dasar

Lembaga yang melakukan tes seleksi SKD ini seperti kementrian hukum dan HAM, Kementerian pendidikan, dan pertanian.  Sekolah tinggi kedinasan juga memiliki waktu tersendiri dalam melakukan tes tersebut.

Jadwal SKD CPNS 2022 sekolah kedinasan sudah berubah menurut informasi dari Karo Humas Kepegawaian Negara. Karo tersebut dipimpin oleh Satya Pratama yang mengumumkan akan ada jadwal ulang untuk sekolah kedinasan tersebut.

Calon praja IPDN tes ini akan dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 11 Juni 2022. Calon taruna dan taruni pada STIN juga akan melakukan tes pada tanggal yang sama.

Pelaksanaan ulang jadwal SKD CPNS 2022 bagi dua sekolah kedinasan tersebut berdasarkan surat BKN Nomor 11762/B. Jadwal pertama akan dilakukan pembukaan seremonial pada tanggal 7 juni 2022.

Pembagian sesi pada para peserta akan dilaksanakan pada tanggal 8,9, dan 11 Juni tahun ini. Pelaksanaan ujian akan dilakukan dalam 5 sisi yang berbeda sesuai urutan yang sudah ditentukan sebelumnya

Sesi pertama akan dilaksanakan dari jam 8 hingga 9.40. Lanjut dengan sesi kedua pada jam 10.30 hingga 12.10 setelah itu akan ada waktu istirahat kepada para petugas.

Sesi ketiga dimulai pukul 13.00 hingga 14.40 dan langsung melanjutkan estafet pada sesi keempat. Sesi keempat dimulai pada pukul 15.00 hingga 16.40 dan ditutup dengan sesi kelima pada jam 18.20 hingga 20.00.

Jadwal SKD CPNS 2022 ditentukan setelah merampungkan segala persiapan yang diperlukan. Pelaksanaan ujian dilakukan oleh pemerintah untuk mencari pegawai terbaik untuk bekerja di bidang yang dibutuhkan.

Anda tentu harus mempersiapkan diri sebaiknya seperti memahami contoh soal atau tipe soal yang akan keluar pada saat ujian. Adapun beberapa jenis tes yang diuji adalah sebagai berikut:

1.  TKP

Jenis tes yang pertama adalah TKP atau sering dinamakan tes karakteristik pribadi. Tes ini diujikan untuk menjadi salah satu indikator dalam mengetahui kemampuan peserta dalam bidang pelayanan public.

TKP juga berhubungan dengan cara bersosialisasi dalam masyarakat, bagaimana menggunakan teknologi, dan profesionalisme. TKP memiliki jumlah soal yang paling banyak diantara tes lainnya.

Jawaban dari soal TKP tidak ada yang salah tetapi menerapkan sistem skoring. Jadi ada pilihan paling tepat, kurang, biasa, dan harus dilakukan.

Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan dengan situasi yang timbul dalam dunia kerja atau pelayanan publik. Pastikan Anda menjawab semua soal supaya tidak mendapatkan nilai nol.

Hal ini tentu merugikan bagi Anda karena tidak akan menambah nilai. Walau jawabannya kurang tepat Anda tetap akan mendapatkan nilai minimal satu.

2.  TWK

Jenis tes yang kedua dalam jadwal SKD CPNS 2022adalah TWK atau tes wawasan kebangsaan. TWK akan menguji berbagai materi tentang wawasan Anda tentang pancasila, bela negara, undang-undang dasar dan lainnya.

Anda dituntut untuk memahami dan menguasai berbagai hal tentang nasionalisme, pilar negara, dan sistem bahasa negeri tercinta. Sejaran kebnagsaan negeri ini akan mewarnai jenis soal yang akan Anda jawab.

TWK akan menerapkan penilaian benar atau salah. Jika Anda menjawab benar maka nilai skor akan langsung menjadi lima.

Jika jawaban Anda salah maka skor akan langsung menunjukkan nilai nol. Jadi, pastikan Anda benar dalam menjawab soal yang tertera pada layar monitor.

Anda juga harus benar-benar memahami apa pengertian NKRI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Soal tersebut akan juga mendominasi dalam tes wawasan kebangsaan.

3.  TIU

Jenis tes yang ketiga adalah TIU atau tes intelegensi umum. Tes ini berisi tentang berbagai soal matematika yang harus diselesaikan dalam waktu singkat.

TIU berisi jenis soal kemampuan verbal dan kemampuan numeric yang berupa menebak berbagai matrik dan lainnya. Anda juga harus menjawab soal berupa pikiran logis dalam bentuk perbandingan atau kemungkinan.

TIU juga menguji tentang analitis serta kemampuan menebak Anda terhadap berbagai bentuk gambar. Jika Anda menjawab benar memakan skor menjadi lima dan kosong apabila salah.

Pengujian bertujuan mengetahui kemampuan calon aparatur sipil negara sebera memahami tentang logika berpikir. Anda bisa mempelajari tentang tes TIU pada buku pedoman yang dijual di toko buku.

4.  Passing Grade

Anda juga harus memperhatikan nilai passing grade setiap jenis tes. Setiap tahun passing grade akan berbeda dengan tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Apakah Bisa Seorang CPNS Mundur Bebas Denda? Ini Aturannya

5.  Pelajari Berbagai Contoh Soal

Dalam mempersiapkan diri Anda bisa mempelajari berbagai contoh tes pada buku pedomaan yang banyak di jual. Anda bisa membeli yang edisi terbaru untuk memperoleh sola yang update sehingga bisa cepat menguasai setiap soal.

Jadwal SKD CPNS 2022 akan berbeda pada setiap instansi pemerintahan karena syarat dan ketentuan yang dibutuhkan. Namun, Anda tidak bisa mendaftar pada dua kementerian di tahun yang sama. Jenis tes yang diuji meliputi TWK, TIU, dan TKP. Setiap jenis ujian akan memiliki nilai passing grade yang berbeda sesuai kerumitan dalam seleksi.


Leave a Comment