Soal Pengetahuan Umum Pendidikan di Tes CPNS

Soal pengetahuan umum tentang pendidikaan dan kebangsaan dalam materi TWK merupakan materi yang penting bila Anda akan mengikuti ujian CPNS. Materi yang akan keluar dalam tes CPNS ini berupa pengetahuan umum yang biasa ada dalam kehidupan sehari-hari.

Namun tetap saja bila tidak mempelajari terlebih dulu, maka tidak akan ada gambaran seperti apa kira-kira soal tes CPNS yang mengandung materi ini. Pelajari dengan baik mengenai soal tentang pengetahuan umum dengan mencari contoh-contoh di internet dan sumbernya yaitu seperti Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 yang terbaru.

Contoh Soal Tentang Pengetahuan Umum dalam Tes CPNS

Ada banyak jenis soal TWK yang bisa dipelajari. Anda bisa ikut bimbingan yang khusus mempersiapkan diri menghadapi ujian CPNS. Dalam bimbingan tersebut, Anda akan menerima banyak soal untuk berlatih. Diantara contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.


Salah satu misi pendidikan nasional Indonesia adalah…

A. Mampu mewujudkan kehidupan sosial budaya yang memiliki kepribadian dan tahan terhadap pengaruh dari globalisasi.

B. Mampu mewujudkan kehidupan sosial yang berbudaya dan menerima pengaruh arus globalisasi.

C. Mampu meningkatkan setiap budaya daerah tanpa menghiraukan budaya lain yang relevan.

D. Mampu mewujudkan kehidupan sosial yang sesuai dengan budaya globalisasi.

Jawab: A

Pembahasan Soal Pengetahuan Umum: pendidikan nasional Indonesia mempunyai beberapa misi yang salah satunya adalah dapat mewujudkan kehidupan sosial budaya yang berkepribadian, kreatif dan memiliki daya tahan terhadap pengaruh globalisasi yang masuk ke Indonesia.

Dalam susunan organisasi Departemen Pendidikan Nasional Indonesia, yang termasuk dalam staf ahli adalah…

A. Staf Ahli Menteri Bidang Sumber Nasional

B. Staf Ahli Menteri  Bidang Pengembangan Budaya

C. Staf Ahli Menteri Bidang Media Pendidikan Nasional, Hukum, Sosial dan Politik

D. Staf Ahli Menteri Bidang Administrasi Wilayah

Jawab: C

Pembahasan Soal Pengetahuan Umum: staf ahli dalam Departemen Pendidikan Nasional Indonesia terdiri dari 4 bidang, yaitu staf ahli bidang sumber daya pendidikan nasional, pengembangan organisasi administrasi pendidikan, media pendidikan nasional hukum sosial dan politik, dan desentralisasi pendidikan.

Mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai dan demokratis merupakan salah satu dari isi………….pendidikan nasional Indonesia.

A. Visi

B. Misi

C. Tujuan

D. Fungsi

Jawab: A

Pembahasan Soal Pengetahuan Umum: visi pendidikan nasional Indonesia adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berakhlak, berdaya saing, maju dan sejahtera.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi berada di bawah Direktorat Jenderal…

A. Olahraga

B. PLSP

C. Dikdasmen

D. Pendidikan Tinggi

Jawab: D

Pembahasan Soal Pengetahuan Umum: sudah jelas bahwa Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi berada di bawah naungan Dirjen Pendidikan Tinggi yang berpusat pada Departemen Pendidikan Nasional Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia mempunyai tugas untuk dapat mengadakan berbagai kepentingan pemerintahan di dalam berbagai bidang pendidikan yang diwujudkan dalam hal…

A. Pendidikan dalam rangka mengembangkan kebudayaan daerah

B. Pendidikan dasar, menengah pertama dan menengah atas

C. Pendidikan awal, tengah dan akhir usia

D. Pendidikan lingkup keluarga, masyarakat sekitar dan bangsa negara

Jawab: D

Pemahasan Soal Pengetahuan Umum: Tripusat pendidikan adalah bagian yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Adapun tiga komponen utamanya adalah keluarga, sekolah dan lingkungan.

Itulah beberapa contoh soal yang biasanya muncul dalam tes CPNS. Ada banyak model soal tentang pengetahuan umum yang dapat dipelajari melalui internet atau media lainnya. Anda bisa mencari banyak contoh soal agar bisa terus mempelajari apa saja yang mungkin muncul dalam tes CPNS. Jangan pernah menyerah dan terus berusaha untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Leave a Comment