Tanggal Penting CPNS 2022 Sebagai Tindak Lanjut CPNS 2021

Puncak tanggal penting CPNS 2022 semakin dekat seiring dengan rangkaian proses seleksi yang telah memasuki tahap akhir di tahun sebelumnya. Per tanggal 4 Januari 2022 proses seleksi CPNS 2021 telah memasuki tahap pasca sanggah, berikut adalah informasi lengkapnya.

Tanggal Penting CPNS 2022 Sebagai Agenda Lanjutan CPNS 2021

Agenda terbaru seleksi CPNS 2021 telah mencapai tahap pasca sanggah yang merupakan keputusan final yang bersifat mutlak. Fase pasca sanggah merupakan lanjutan dari proses sebelumnya yaitu fase sanggahan yang diajukan oleh para peserta seleksi CPNS.

Sanggahan yang ditujukan terhadap hasil pengumuman hasil integrasi nilai SKD dan SKB yang dilakukan oleh Panselnas. Hasil integrasi akan dihitung dengan bobot 40 persen untuk SKD, sementara SKB akan mendapatkan bobot sebesar 60 persen.


Apabila dalam pengolahan nilai integrasi terdapat peserta yang mendapatkan nilai akhir sama kan dilakukan beberapa tahapan. Pertama adalah melihat nilai kumulatif SKD tertinggi, apabila masih sama dilihat secara runtut mulai nilai TKP, TIU dan TWK .

Jika kemudian masih ditemui nilai yang besarnya sama, maka untuk menentukan kelulusan akan didasarkan pada IPK peserta. Sedangkan untuk lulusan SMA atau sederajat perbandingan nilai dilihat berdasarkan nilai rata-rata tertinggi pada ijazah.

Pilihan terakhir yang ditempuh apabila masih ditemukan kesamaan nilai adalah berdasarkan usia pelamar. Pelamar dengan usia tertinggi akan berhak mendapatkan tiket menuju fase selanjutnya.

Peserta yang merasa keberatan terhadap hasil pengumuman dapat melakukan sanggahan sesuai agenda tanggal penting CPNS 2022. Peserta wajib mengajukan sanggahan paling lambat tiga hari sejak hasil akhir seleksi diumumkan melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Sanggahan akan ditindaklanjuti panitia seleksi masing-masing instansi untuk kemudian diputuskan akan diterima atau ditolak. Apabila diterima maka akan diteruskan ke Panselnas untuk mendapatkan rekomendasi perubahan pengumuman, paling lama adalah 7 hari sejak pengajuan.

Informasi Tanggal Penting CPNS 2022

Untuk menuju tahap akhir yakni penetapan Nomor Induk Pegawai atau NIP setidaknya diperlukan waktu hingga akhir Februari 2022. Berikut adalah lanjutan tanggal penting CPNS 2022 sesuai keputusan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

1. Jawab Sanggah Hasil Integrasi SKD dan SKB  Tanggal 25 Desember 2021 – 3 Januari 2022

Apabila peserta merasa keberatan terhadap pengumuman hasil akhir seleksi maka dapat mengajukan sanggahan. Sanggahan ini harus diajukan paling lambat tiga hari terhitung sejak pengumuman hasil seleksi.

Sanggahan yang diajukan juga belum tentu diterima, panitia instansi akan menyeleksi alasan sanggah untuk diterima atau ditolak. Apabila diterima sanggahan akan diteruskan kepada ketua Panselnas untuk perubahan hasil pengumuman akhir seleksi.

2. Pengumuman Pasca Sanggah Tanggal 4 – 6 Januari 2022

Peserta yang telah dinyatakan lulus pada pengumuman akhir hingga pengumuman pasca sanggah masih harus mengikuti tahap lain. Terdapat dua tahap yang wajib diikuti peserta untuk mendapatkan status sebagai CPNS dan berhak mengikuti masa percobaan.

Dua tahapan yang dimaksud adalah tahap pemberkasan dan juga pengisian daftar riwayat hidup atau DRH. Kedua tahapan ini merupakan persyaratan administratif yang wajib diikuti sebagai proses untuk mendapatkan NIP CPNS.   

3. Penyampaian Kelengkapan Dokumen dan Pengisian DRH Tanggal 7 – 21 Januari 2022

Tahapan tanggal penting CPNS 2022 selanjutnya adalah penyampaian kelengkapan dokumen dan pengisian daftar riwayat hidup. Rencananya kedua proses ini akan dilakukan secara online via website https://sscasn.bkn.go.id/.

Secara umum berkas yang diperlukan adalah berupa file scan dari berbagai persyaratan sesuai buku juknis pemberkasan CPNS 2021. Antara lain adalah surat pernyataan, SKCK, DRH yang terisi dan bermaterai, surat lamaran, surat sehat, ijazah, hingga pas foto.  

Panitia mengalokasikan waktu hingga 15 hari untuk melaksanakan kedua tahapan administratif ini. Apabila peserta tidak melakukan penyampaian kelengkapan berkas pada waktu yang ditentukan maka akan dianggap gugur atau mengundurkan diri.

4. Usul Penetapan NIP CPNS Tanggal 22 Januari – 22 Februari 2022

Setelah melengkapi berkas-berkas dan daftar riwayat hidup, maka instansi terkait akan mengajukan usul penetapan Nomor Induk Pegawai CPNS. Tahapan ini rencananya juga akan dilakukan secara online untuk mendapatkan tanda tangan digital dari Panselnas.

Sebagai catatan, masing-masing instansi penyelenggara seleksi CPNS 2021 dapat menetapkan jadwal yang berbeda terkait pengumuman pasca sanggah dan pemberkasan. Jadwal yang telah ditetapkan dan dirilis oleh BKN bersifat umum dan merupakan merupakan acuan  seluruh instansi penyelenggara yang terlibat.

Pastikan Tak Ketinggalan Jadwal di Tanggal Penting CPNS 2022

Untuk informasi tambahan seputar tanggal penting CPNS 2022, Pemerintah rencananya akan meniadakan formasi CPNS pada tahun 2022. Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

Terdapat tiga pertimbangan dasar yang membuat pemerintah memutuskan untuk tidak membuka formasi penerimaan CPNS pada tahun 2022 ini. Pertama adalah riset pada negara maju, dimana formasi PNS jumlahnya lebih sedikit dibanding ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Pertimbangan kedua adalah transformasi digital menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang diperkirakan memangkas kebutuhan jabatan pelaksana hingga 40 persen. Selain itu  pertimbangan yang mempengaruhi keputusan pemerintah meniadakan seleksi CPNS 2022 adalah tentang keterbatasan waktu.

Meskipun begitu pemerintah tidak menghilangkan sepenuhnya seleksi CASN tahun 2022 begitu saja. Pemerintah masih membuka penerimaan formasi CPNS melalui skema sekolah kedinasan dibawah berbagai kementrian.

Rencananya penerimaan formasi CPNS akan kembali diadakan pada tahun 2023 secara terbatas mengikuti arah kebijakan yang berlaku. Kejelasan kriteria untuk formasi jabatan yang akan dibuka bagi PNS maupun PPPK juga akan mempengaruhi adanya penerimaan formasi CPNS 2023.

Kedepannya pemerintah akan menyusun regulasi yang akan menetapkan pengaturan mengenai jabatan bagi PNS dan PPPK secara spesifik. Salah satu kriteria yang kini telah dipertimbangkan adalah bagi fresh graduate yang ingin mengabdi melalui jalur PPPK.  

Itulah informasi terkini seputar tanggal penting CPNS 2022 yang telah memasuki babak akhir dan hampir masuk pada masa penetapan NIP. Semoga informasi ini dapat bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin mengabdikan diri kepada negeri. 


Leave a Comment