Tanggal Penting CPNS Terbaru: Tertarik Sekolah Kedinasan?

Dikarenakan tanggal penting CPNS terbaru tidak ada karena resmi 2022 tidak ada pendaftaran CPNS , alternatif lain adalah dengan masuk sekolah kedinasan. Alternatif lain adalah dengan masuk sekolah kedinasan seperti PKN STAN dan STIS yang nantinya akan tetap diangkat menjadi PNS.

Jadwal PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja memang menjadi pengganti tanggal penting CPNS terbaru. Nantinya lulusan sekolah kedinasan pun akan diangkat menjadi PPPK, sebagai alternatif menghadapi perubahan tahun selanjutnya Anda dapat mendaftar pada sekolah dinas.

Tanggal Penting CPNS Terbaru Melalui PKN STAN 2022

Menilik dari jadwal tahun sebelumnya, berikut adalah perkiraan bulan pendaftaran PKN STAN 2022.


1. Tanggal Penting CPNS Terbaru Mulai Bulan April

Meskipun belum ada tanggal penting CPNS terbaru, perkiraan jadwal pendaftaran dan seleksi PKN STAN 2022 ini tidak boleh dilewatkan. Tahun kemarin pendaftaran secara online dilakukan pada bulan April melalui laman SSCASN BKN.

Jangan lupa untuk memperhatikan persyaratan pendaftaran dan memperhatikan kelengkapan berkas yang ditetapkan. Perhatikan pula jurusan yang dipilih dan adakah syarat khusus untuk jurusan tersebut.

2. Bulan April – Mei Umumnya Muncul Info Online

Pada rentan waktu tersebut, sudah dapat dilakukan pendaftaran secara online pula melalui laman SPMB PKN STAN. Waktunya cukup lama untuk mendaftar dan melengkapi berkas yang dibutuhkan.

3. Bulan Juni: Pengumuman Lolos Seleksi Berkas

Terpaut hampir satu bulan dari pendaftaran melalui SPMB, bulan Juni merupakan waktu pengumuman lolos seleksi berkas dan administrasi. Biasanya pengumuman terdapat pada laman yang disediakan.

Di bulan Juni pula, pendaftar sudah mulai bisa membayar biaya pendaftaran SPMB PKN STAN. Selanjutnya menunggu pengumuman jadwal dan lokasi untuk pelaksanaan tes SKD bagi pendaftar.

Pelaksanaan tes SKD juga tahun kemarin dilaksanakan pada bulan Juni, setelah pendaftar membayar dan menerima jadwal serta lokasi.

4. Bulan Juli: Perkiraan Tanggal Penting CPNS Terbaru

Perkiraan jadwal ini tak kalah penting dari tanggal penting CPNS terbaru. Pasalnya pada bulan Juli tahun 2021 lalu, menjadi bulan pengumuman lulus tidaknya pendaftar pada tes SKD

Selanjutnya pada bulan Juli diumumkan pula jadwal dan lokasi untuk seleksi lanjutan. Dilanjutkan pelaksanaan seleksi tahap satu yang juga terlaksana pada bulan Juli. Seleksi lanjutan tahap satu biasanya meliputi tes kesehatan, kebugaran, serta psikotes.

5. Bulan Agustus Sebagai Momen Penting Pengumuman Pendaftar

Bukan jadwal atau tanggal penting CPNS terbaru, tetapi bulan Agustus merupakan pengumuman untuk tes wawancara. Tes wawancara ini sudah termasuk ke dalam seleksi lanjutan tahap 2.

Wawancara menjadi tes terakhir pada pendaftaran sekolah kedinasan satu ini. Lalu pada bulan yang sama diumumkan lulus tidaknya pendaftar.

Jika pendaftar dinyatakan lulus, maka selamat karena telah menjadi mahasiswa baru. Jangan lupa pada step selanjutnya, yaitu pendaftaran ulang.

6. Bulan September, Kuliah Perdana Sekolah Kedinasan

Pada bulan ini dilaksanakan pendaftaran ulang mahasiswa yang telah lulus tahap terakhir. Pendaftar yang lulus SPMB PKN STAN diharapkan melakukan pendaftaran ulang.

Setelah pendaftaran ulang selesai, bulan September pula dimulai kuliah perdana mahasiswa baru. Setidaknya, begitulah yang terjadi tahun kemarin dan semoga bisa menjadi perkiraan Anda.

Tanggal Penting CPNS Terbaru Melalui STIS

Adanya kebijakan pemerintah terkait CPNS 2022 yang ditiadakan, tanggal penting CPNS terbaru pun tidak ada. Alternatif lain adalah mendaftar sekolah kedinasan yang lulusannya dapat mengikuti seleksi ASN dan PPPK. Berikut adalah perkiraan jadwal penting STIS berdasarkan jadwal tahun 2021.

1. Bulan April yang Umumnya Punya Banyak Tanggal Penting CPNS Terbaru

Pada bulan ini, bukan tanggal penting CPNS terbaru, melainkan pendaftaran secara daring. Pendaftaran daring terbagi menjadi dua jalur, yaitu ikatan dinas dan tugas belajar,

Dua jalur tersebut dilakukan pada bulan April. Jangan lupa untuk melengkapi berkas dan meneliti kembali persyaratan pendaftaran.

Untuk itu, pastikan Anda telah memilih jurusan yang Anda inginkan, dengan pesaing dari Indonesia yang mencapai ribuan. Pastikan pilihan Anda sudah sesuai dan jangan lupa tetap berdoa.

2. Bulan Mei – Juni Sebagai Waktu Seleksi Pertama

Pada rentang waktu ini dilakukan seleksi tahap pertama, yaitu seleksi kompetensi dasar. Seleksi pertama ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Nantinya pada bulan Juni akan diumumkan lulus atau tidaknya pendaftar pada seleksi tahap pertama. Yang lulus seleksi pertama akan berlanjut mengikuti seleksi tahap kedua.

Seleksi tahap kedua meliputi beberapa tes, yaitu tes matematika dan psikotes. Tes ini dilakukan dengan sistem Ujian Masuk Berbasis Komputer.

3. Bulan Juli, Daftar Ulang

Setelah hasil seleksi pertama, akan dilakukan pendaftaran ulang untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Daftar ulang ini tahun kemarin diadakan pada bulan Juli, mungkin bisa menjadi patokan untuk tahun selanjutnya.

Setelah itu masih pada bulan Juli diumumkan hasil seleksi pada tahap dua, pengumuman ini diumumkan secara daring melalui website resmi. Dilanjutkan dengan pendaftaran ulang bagi pendaftar yang lolos tahap dua dan akan melakukan seleksi tahap tiga.

Seleksi tahap ketiga meliputi seleksi tes kesehatan dan juga tes kebugaran. Tes ini menjadi tes penentu untuk Langkah selanjutnya.

Setelah itu, pada bulan ini pula diumumkan siapa saja yang lolos seleksi tahap ketiga. Tahap ketiga merupakan tahapan seleksi terakhir, yang artinya jika lolos tahap ini sudah menjadi mahasiswa baru.

4. Bulan Agustus, Pendaftaran Ulang Secara Daring

Di bulan ini, dilakukan pendaftaran ulang mahasiswa baru secara daring. Tentunya dilakukan pula verifikasi berkas dan penyambutan mahasiswa baru.

Barulah dilakukan PKBN-MP2K atau masa pengenalan. Di bulan ini pula sudah dimulai perkuliahan semester baru.

Sama dengan tanggal penting CPNS terbaru yang belum ada, jadwal di atas adalah perkiraan yang didasari oleh jadwal tahun kemarin. Jadwal ini tentunya bisa berubah sesuai dengan keadaan dan institusi yang bersangkutan.

Untuk lebih yakin, silahkan melakukan pengecekan rutin pada laman resmi STIS dan PKN STAN. Jangan lupa mempelajari materi-materi yang diujikan untuk memasuki sekolah dinas yang Anda inginkan.

Lulusan sekolah dinas memang biasanya akan langsung dipekerjakan di lembaga milik negara. Sehingga tak ada salahnya untuk mencoba mendaftarkan diri jika Anda berniat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah.

Itu tadi adalah prediksi jadwal dan urutan untuk pendaftaran sekolah kedinasan PKN STAN dan juga STIS. Semoga bermanfaat!


Leave a Comment