Tegakkan Keadilan dengan Menjadi Bagian dari CPNS Kemenkumham

CPNS Kemenkumham mengurus bagian hukum dan segala sesuatu yang berhubungan dengan keadilan. Keadilan sangat diperlukan oleh semua golongan supaya hidup menjadi aman dan damai.

Definisi CPNS Kemenkumham

Kemenkumham merupakan singkatan dari kementerian hukum dan hak asasi manusia. Lembaga ini bertugas mengatur dan mengurus tentang jalannya keadilan bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Hidup selalu ada dua sisi yaitu dunia positif dan negatif atau identik dengan kejahanan. Manusia tidak baik akan selalu ada dalam perjalanan hidup manusia.


Hukum dibuat dengan sebaiknya untuk mengantisipasi dan memberikan rasa adil bagi yang tidak bersalah. Peraturan tersebut dibuat dengan adanya kerjasama berbagai kalangan untuk menciptakan masyarakat adil dan sejahtera.

Kementerian hukum juga memberikan hukuman yang setimpal bagi siapa saja yang kejahatannya terbongkar. Ada hukuman penjara yang menanti bagi penjahat dengan berbagai hukuman di dalamnya.

Penjara menjadi jalan bagi penjahat untuk menebus kesalahan dalam kurun waktu tertentu. Harapannya setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan tersebut para napi tersebut diharapkan menjalankan kehidupan dengan baik.

Masyarakat juga harus selalu memberikan dukungan untuk mengungkapkan kejahatan apapun. Caranya bisa dengan memberikan laporan jika melihat ada kejahatan yang tertangkap mata.

CPNS Kemenkumham yaitu pegawai yang bekerja pada kementerian hukum dan hak asasi manusia. Pegawai lembaga ini ada yang statusnya sudah menjadi pegawai negeri sipil dan ada yang berstatus pegawai dengan perjanjian kerja.

Pegawai negeri sipil yang bertugas pada kemenkumham sudah melewati tes dengan hasil gemilang. Penempatan pegawai ada yang pada kantor pusat, kantor imigrasi, dan lembaga pemasyarakatan menjadi sipir penjara.

Sipir yang bertugas di lapas kebanyakan lulusan sekolah menengah atas atau kejuruan. Bagi siapapun yang memiliki ijazah tersebut bisa mengikuti tes jika dibuka.

CPNS Kemenkumham harus memiliki pengetahuan hukum memadai untuk menjalankan tanggung jawabnya.

Tugas, Misi, dan Kisaran Gaji CPNS Kemenkumham

Lembaga peradilan ini dipimpin oleh seorang menteri yang menerima mandat dari presiden untuk membantu pada bidang hukum. Jabatan ini bisa diemban oleh siapa saja selama paham dengan masalah keadilan tata hukum di negeri ini.

Hukum rimba dalam masyarakat selalu yang kaya menjadi pemenang sedangkan miskin selalu bersalah. Hal ini membuat pemerintah sangat memperhatikan masalh tersebut dengan membentuk lembaga khusus.

Lembaga peradilan ditunjuk oleh pemerintah untuk mengatasi dan mendampingi masyarakat yang terlibat masalah. Masyarakat bisa memberikan laporan kepada pihak kepolisian jika terlibat kejahatan dan akan dipandu untuk mendapatkan keadilan. Adapun tugas, misi, visi, dan besaran gaji CPNS Kemenkumham yaitu:

1.  Tugas dan Fungsi

Setiap kementrian sudah diatur dan dirumuskan tugas dan tanggung jawabnya dalam undang-undang Indonesia. Kemenkumham memiliki banyak tugas dan  tanggung jawab berat untuk memerangi kejahatan.

Menurut peraturan nomor 44 tugas lembaga HAM pertama adalah mengeluarkan rumusan dan kebijakan dalam masalah hak asasi manusia. Tugas kedua melakukan koordinasi pelaksanaan semua tugas yang sudah dialokasikan untuk dijalankan dengan baik.

Ketiga, mengelola barang dan harta milik negara supaya bisa bermanfaat bagi kepentingan masyarakat luas. Tugas keempat adalah melakukan pengawasan secara berkala pada setiap bagian departemen yang terlibat. Kelima, memberikan bimbingan teknis berupa pengarahan atau penyuluhan tentang hak asasi manusia. Keenam, melakukan pembinaan hukum nasional berupa pelatihan secara terpadu tentang segala aspek aturan keadilan

Tugas ketujuh adalah melakukan penelitian terhadap kejahatan yang timbul dalam masyarakat. Kejahatan bisa timbul karena banyak hal seperti kemiskinan, keserakahan, atau ketimpangan sosial.

Pengembangan sumber daya manusia menjadi tugas lanjutan Kemenkumham. Pemberdayaan tersebut bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan skill terbaik seperti menjahit, membuat kue, dan perbengkelan.

Departemen ini juga bertanggung jawab terhadap kegiatan teknis baik skala nasional maupun internasional. Tugas terakhir adalah melaksanakan dukungan kepada seluruh aspek terlibat dengan departemen HAM.

2.  Struktur Organisasi

Kemenkumham melibatkan beberapa bidang jabatan di lingkup kantornya. Jabatan tertinggi dipegang oleh sekretariat jenderal yang berhubungan langsung dengan menteri dan jajaran atas.

Kedua yaitu staf ahli menteri dengan beberapa bagian terlibat mengatur jalannya perkantoran. Ketiga, dipegang oleh inspektorat jenderal yang membawahi beberapa bidang seperti strategi pertahanan, perencanaan pertahanan, dan potensi pertahanan.

Bidang lainnya yaitu direktorat jenderal kekuatan pertahanan bertanggung jawab terhadap peningkatan kekuatan staff. Jabatan selanjutnya diisi oleh badan sarana pertahanan, penelitian, pendidikan, dan data serta informasi.

Ada bagian khusus mengatur keuangan, komunikasi publik dan rehabilitasi cacat. Semua bagian tersebut saling menopang untuk menghasilkan keadilan bagi segenap kalangan.

3.  Kisaran Gaji dan tunjangan

CPNS Kemenkumham merupakan salah satu departemen paling banyak diminati ketika tes CPNS dibuka. Hal ini terjadi karena ijazah menengah ke atas bisa menempati salah satu posisi pada kantor tersebut.

Lembaga ini memerlukan banyak tenaga untuk mengawasi berbagai unit pemasyarakatan di seluruh pelosok negeri. Jumlah jabatan yang bisa diisi mencapai 234 formasi pada seluruh lembaga.

Pegawai lulusan SMA memiliki rentang gaji mulai dari Rp2 hingga Rp3.8 juta. Gaji tersebut belum termasuk tunjangan dan uang lainnya.

Lulusan D3 memiliki gaji dari nominal Rp Rp2.3 hingga Rp3.8 juta per bulan. Sedangkan untuk lulusan S1 mendapatkan gaji sebesar Rp4.2 hingga Rp4.7 juta.

Departemen ini juga menyediakan tunjangan dan fasilitas selain gaji pokok. Tunjangan yang diberikan berupa tunjangan hari tua, pensiun, uang makan, dan transportasi.

Fasilitas pendukung berupa mobil dinas dan rumah dinas. Fasilitas diberikan untuk menunjang kemudahan kerja di lapangan sehingga berlangsung lancar dan cepat.

4.  Visi Kemenkumham

CPNS Kemenkumham memiliki visi sangat mulia yaitu masyarakat harus memperoleh kepastian hukum dengan adil. Keadilan merupakan tujuan akhir untuk dicapai untuk memberikan rasa aman dan tentram.

5.  Misi

Ada beberapa misi diemban oleh CPNS Kemenkumham. Misi pertama yaitu mewujudkan supaya perundang-undangan menjadi berkualitas.

Kedua, memberikan pelayanan hukum dengan baik dan cepat. Misi ketiga adalah menegakkan kehormatan dengan pemenuhan dan perlindungan hak asasi manusia.

Keempat yaitu mewujudkan pelayanan administrasi yang bagus untuk segala lapisan profesi. Misi terakhir berupaya mewujudkan aparatur yang profesional dan integritas tinggi.

Baca Juga: Tugas dan Visi Misi Kementerian yang Wajib Diketahui CPNS Kemhan

Menjadi Pribadi Negarawan Sebagai CPNS Kemenkumham

Kemenkumham adalah salah satu lembaga penting dalam pemerintahan negara Republik Indonesia. Departemen ini bertugas mengurusi segala permasalahan hukum dan hak asasi yang terjadi dalam masyarakat.

Departemen ini dipimpin oleh seorang menteri yang dibantu oleh banyak jajaran dibawahnya. Bagian yang terlibat seperti inspektorat jenderal, sekretariat jenderal, tenaga ahli, dan lainnya.

Pegawai departemen keadilan ada memiliki status pegawai negeri sipil dan pegawai dengan perjanjian kerja. Sistem seleksi pegawai mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil setiap tahun.

Siapa saja boleh mendaftar jika bisa melewati tes yang diberikan dengan baik. Formasi yang dibuka mulai lulusan sekolah menengah atas hingga sarjana.

CPNS Kemenkumham berusaha mewujudkan pelayanan secara profesional dan berintegritas kepada masyarakat. Salah satu cara untuk menjadi bagian dari lembaga ini adalah selalu mengetahui informasi dan kapan proses perekrutannya di laman resmi https://kemenkumham.go.id/.

 

Leave a Comment