Tes Fisik CPNS Kemenkumham dan Syarat Agar Bisa Lulus

Tes fisik CPNS Kemenkumham menjadi tahapan yang harus diselesaikan agar bisa lulus dan jadi PNS. Seperti Apa syaratnya agar bisa lulus, akan diulas dalam artikel berikut.

Pengertian Tes Fisik CPNS Kemenkumham

Tes fisik CPNS Kemenkumham merupakan pengamatan fisik dan keterampilan. Dalam tahapan tes ini Anda akan dilihat secara fisik dan mental.

Secara fisik Anda harus terbebas dari tato dan tindik. Ditahap ini cara pemeriksaannya adalah Anda akan memasuki ruangan khusus dan akan diminta untuk melepaskan seluruh baju.


Sehingga seluruh tubuh benar-benar mudah dilihat apakah bersih dari tato dan tindik? Dalam pemeriksaannya dikelompokkan berdasarkan gender jadi sekelompok laki-laki dan sekelompok perempuan.

Petugas pemeriksanya, untuk kelompok lelaki diperiksa oleh panitia laki-laki dan kelompok perempuan diperiksa oleh panitia perempuan. Proses selanjutnya adalah penelitian mental, kepribadian dan keahlian yang Anda miliki.

Di tahap pengujian mental anda akan memasuki ruangan dengan 10 orang penguji di dalamnya yang dibagi menjadi 5 bagian. Terdapat 5 meja yang di dalamnya ada 2 penguji.

Jadi, dalam satu meja terdapat 2 penguji yang berisikan 1 perwakilan dari panitia sentral dan satu dari panitia daerah. Para penguji ini rata-rata eselon 1 dan eselon 2.

tidak terdapat metode titipan karena alasannya pengujinya juga diacak. Jadi sebelumnya para penguji diundi terlebih dulu guna menyeleksi pasangan antara panitia sentral (panpus) dan panitia kawasan (panda).

Hal tersebut menjadikan teknis penyeleksian yang sangat adil dan transparan. Untuk tes mental kepribadian dan keahlian dilakukan dengan metode wawancara, berikut adalah kiat sukses untuk lulus seleksi.

Kiat Sukses Lulus Seleksi

Agar bisa lulus seleksi wawancara di tahap tes fisik CPNS Kemenkumham ini ada beberapa kiat khusus yang harus dilakukan. Agar menghantarkan Anda pada kelulusan.

1. Trik Jitu dalam Wawancara

Ketika wawancara dalam tes fisik CPNS Kemenkumham, penguji akan bertanya seputar jabatan yang akan Anda lamar. Pertanyaan selanjutnya adalah sejauh mana yang Anda pahami terkait jabatan yang dilamar.

Kemudian penguji akan memberi keputusan, terkait integritas tentang diri Anda. Trik suksesnya adalah saat menghadapi penguji dan berbagai pertanyaan, tatap penguji dengan lembut, agar dianggap serius saat diajak wawancara.

Dalam menjawab tes fisik CPNS Kemenkumham ini, jangan sekali-kali menunduk atau memalingkan persepsi saat ditanya ataupun saat menyampaikan jawaban. Berbagai pertanyaan dalam wawancara ini masih berhubungan dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Metode yang dipakai adalah CAT materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), namun bukan berarti pertanyaannya sama persis seperti bahan SKD. Hanya saja teknis menjawab soal SKD, pada soal TKP ini menjadi cerminan dalam menjawab pertanyaan wawancara.

Anda akan ditanya dalam wawancara tersebut dengan pertanyaan, Apakah anda sudah sanggup berkontribusi secara optimal terhadap negara? Apakah Anda sudah membayar pajak dengan baik?

Anda harus menjawabnya dengan serealistis mungkin dengan harapan ingin mendapatkan pekerjaan tetap. Juga harapan untuk mendapatkan pensiun agar bisa digunakan untuk jaminan hari tua.

Jika anda mempunyai rencana jangka pendek seperti menikah ungkapkan saja dengan adanya pendapatan tetap akan membuat Anda tidak was-was. Dalam mempersiapkan anggaran ijab kabul di tengah pasang surutnya perekonomian di Indonesia.

Jika Anda merupakan tulang punggung keluarga bisa mengungkapkan berbagai harapan. Misalnya agar mampu menanggung kebutuhan keluarga dengan pendapatan tetap tanpa perlu merasa khawatir lagi.

2. Pertanyaan Kedua dalam Tes Fisik CPNS Kemenkumham

Anda akan diminta untuk memberikan gambaran satu kata atau kalimat yang benar-benar bisa menggambarkan diri Anda. Seperti, pantang menyerah, rajin, atau tekun, dan sebagainya.

Sampaikan alasan singkat kenapa Anda yakin sesuai dengan yang Anda gambarkan. Anda bisa menyiapkannya mulai dari sekarang.

3. Pertanyaan Ketiga Tes Fisik CPNS Kemenkumham 

Selanjutnya Anda akan ditanya dengan pertanyaan terkait kepegawaian Kemenkumham. Pertanyaannya, apa yang akan Anda kerjakan setelah menjadi pegawai negeri di lingkungan Kemenkumham?

Anda bisa menjawab, bahwa anda akan melakukan pekerjaan sesuai dengan mandat dan tanggung jawab yang diberikan. Anda juga harus memberikan keyakinan bahwa, Anda mampu menaati peraturan yang berlaku.

Tentu sebaiknya Anda harus mengenali dulu bagaimana mandat dan tanggung jawab terkait bagian yang dilamar. Dengan memahami posisi yang akan dilamar, penguji akan percaya kalau Anda memiliki integritas baik terhadap posisi tersebut.

4. Pertanyaan Keempat Tes Fisik CPNS Kemenkumham 

Pertanyaan keempat dalam tes fisik ini adalah, jika ada rekan kerja yang melanggar peraturan, langkah apa yang akan Anda lakukan? Kapasitas Anda di sini yaitu sebagai bawahan.

Jika menyaksikan rekan kerja yang melanggar aturan baik itu sesama bawahan, senior, atau atasan Anda. Anda tidak memiliki kapasitas untuk menegurnya.

Karena ada pihak yang mempunyai hak dan kewenangan untuk menegur dan mengatasi para pelanggar peraturan. Anda cukup menjawab, untuk tidak mengikuti perilaku yang menyimpang dan tetap menjalankan tanggung jawab sesuai hukum yang ada.

Jika Anda mendapatkan balasan pertanyaan yang menyangkal jawaban misalkan, pertanyaan walaupun Anda dimusuhi rekanmu? Jawab saja dengan tegas dan penuh keyakinan, Siap!

Jawaban itu untuk merefleksikan kalau Anda konsisten dan teguh pendirian terhadap aturan. Itulah berbagai pertanyaan yang harus anda latih dalam menjawabnya dengan sebaik mungkin.

5. Siapkan Berkas-berkas

Siapkan berbagai berkas untuk pendaftaran CPNS jalur sekolah kedinasan. Yang telah dibuka mulai 9 April sampai 30 April 2022 secara serentak di  Dikdin BKN 2022.

Inilah beberapa informasi penting untuk Anda. Untuk pendaftaran bisa melalui Dikdin.bkn.go.id 2022/2023, Dikdin.BKN.go.id 2022/2023, sedangkan link resminya Dikdik.bkn.go.id, Anda dapat mengecek berbagai info lainnya di Pendaftaran.Net.

Untuk bagian keterampilan yang harus diisi usahakan untuk memperlihatkan keahlian yang cocok dengan jabatan yang dilamar. Seperti, jika Anda memiliki keahlian bela diri maka keahlian tersebut berkaitan dengan jabatan penjaga tahanan.

Anda akan mendapatkan nilai plus jika bisa menunjukkan sertifikat keahlian tersebut. Panitia penguji tidak menyiapkan perlengkapan fasilitas berbagai keahlian, jadi jika diperlukan Anda harus membawanya sendiri.

Keahlian dasar yang harus diperagakan adalah baris-berbaris PBB paskibraka, jadi meskipun anda tidak pernah ikut paskibraka. Sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk berlatih mengenai baris-berbaris PBB paskibraka.

Hasil tes fisik CPNS Kemenkumham dapat diketahui hari itu juga. Setelah semua peserta seleksi selesai mengikuti tes.

Baca Juga: 10 Contoh Tes Matematika CPNS yang Sering Muncul, Apa Saja?

Pahami Langkah Menaklukkan Tes Fisik CPNS Kemenkumham

Demikianlah berbagai hal terkait tes fisik CPNS Kemenkumham yang bisa Anda persiapkan. Mulai dari berkas sampai jawaban yang meyakinkan terkait pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh para penguji.

Dengan persiapan yang baik dan matang akan mampu menunjang kepercayaan diri Anda. Untuk mengikuti berbagai rangkaian tes yang akan Anda lalui.

Yang tidak kalah pentingnya Anda juga harus mempersiapkan kesehatan dengan baik. Juga berbagai hal terkait peraturan yang harus dijalankan dalam mengikuti rangkaian tes CPNS tersebut.  Tetap semangat dan percaya diri. Yakinlah Anda bisa lulus dengan nilai terbaik.


Leave a Comment