Tugas dan Tanggung Jawab CPNS BIG atau Badan Informasi Geospasial

CPNS BIG atau Badan Informasi Geospasial sangat berperan penting dalam menyediakan data berupa pemetaan area. Pemetaan diperlukan untuk mengetahui suatu lokasi yang belum pernah dikunjungi sehingga memberikan gambaran kasar tentang suatu lokasi.

CPNS BIG atau Badan Informasi Geospasial

CPNS Badan Informasi Geospasial merupakan pegawai yang bekerja pada departemen map policy dalam pembangunan negeri. Pegawai tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab menyediakan informasi tentang peta.

Pekerja tersebut termasuk ke dalam aparatur sipil negara yang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai bidangnya. Pegawai tersebut menerima gaji dari negara setiap bulannya setelah melakukan tugas.


Ada juga pekerja yang  berstatus bukan sebagai pegawai tetap tetapi juga memiliki gaji tetap setiap bulan. Pegawai tersebut mengikuti seleksi dengan cara yang sama dengan aparatur sipil negara.

Pekerja tersebut lulus kontrak dengan kurun waktu tertentu. Ada pekerja lepas yang diberikan tanggung jawab karena tenaga yang diperlukan pada instansi tersebut.

Banyak orang mungkin asing dengan kantor geospasial ini karena nama yang memang tidak umum dalam masyarakat. Lembaga ini padahal memiliki peranan penting yang sangat dibutuhkan dan tidak bisa diremehkan keberadaannya.

Lembaga ini juga disingkat dengan istilah BIG. Singkatan tersebut memberikan kemudahan mengingat nama instansi ini dengan mudah dan jelas.

Penggunaan peta tentu sangat penting untuk mengetahui suatu alamat apalagi jika ingin mengunjungi suatu daerah. Anda memerlukan petunjuk jalan supaya tidak tersesat terlalu jauh.

CPNS BIG bertugas dalam pemetaan nasional untuk menyajikan informasi terkini seputar petunjuk arah di semua wilayah. Wilayah kedaulatan Indonesia sedang diupayakan untuk bisa ditelusuri dengan menggunakan peta nasional.

Peta sangat penting baik untuk jalur darat, laut maupun udara. Hal ini untuk memudahkan penyelamatan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Badan pemerintahan ini juga bertugas menyediakan petunjuk bagaimana permukaan bumi, kedalaman laut, dan lainnya. Peta topografi dan peta umum lainnya menjadi tugas institusi pemerintah dalam menyediakannya.

Tugas, Tanggung Jawab, Pendapatan CPNS BIG

Keberadaan peta sangat diperlukan oleh semua orang untuk menyelesaikan urusan pada tempat tertentu. Pengelolaan suatu negara juga memerlukan pemerataan yang baik sehingga bisa mendirikan suatu tempat yang strategis.

Pada bidang kelautan pemetaan diperlukan untuk melihat keadaan di dalam laut. Hal ini digunakan untuk mengetahui hasil kekayaan yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat.

Misalnya pemerintah memerlukan pemetaan laut untuk mengembangkan perekonomian nelayan dan penduduk pesisir pantai. Penyelamatan kapal yang tenggelam juga harus mengetahui daerah sasaran sehingga bisa menghadang bahaya yang datang.

Lembaga BIG termasuk dalam instansi non kementerian yang tingkatannya setara dengan kementerian. Lembaga ini membantu pemerintah dalam mengatur pemberian informasi geospasial dengan jelas dan terkini.

Institusi ini juga memiliki wewenang memberikan izin one map policy. Izin ini untuk memudahkan perencanaan suatu daerah baik dalam pembangunan infrastruktur maupun lainnya. CPNS BIG memiliki tugas, visi, misi, dan pendapatan per bulan sebagai berikut.

1. Tugas dan Tanggung Jawab

Badan Informasi Geospasial memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membantu pemerintah memberikan pelayanan pada masyarakat luas. Tugas pertama yang diemban badan pemerintahan ini adalah merumuskan dan mengendalikan kebijakan yang dikeluarkan berhubungan dengan informasi geospasial.

Rumusan kebijakan tersebut dibuat untuk dipergunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menghadapi kondisi tertentu. Kondisi tersebut bisa terjadi di jalur darat, kedalaman bumi, maupun arah navigasi udara.

Tugas tersebut sudah sesuai keputusan presiden tahun 2011 dengan nomor 94 dalam Undang-Undang. Penyusunan program dan rencana tentang pemetaan juga menjadi tanggung jawab BIG yang kedua.

Tugas ketiga yang harus dilakukan adalah menyajikan data geospasial dasar. Informasi dasar tersebut berupa penyimpanan, penyelenggaraan, pengolahan, dan pengumpulan data terkini.

Integrasi informasi geospasial tematik harus dilakukan oleh lembaga pemerintahan sesuai dengan peraturan perundangan. Pengumpulan data tersebut juga meliputi pengolahan, penyimpanan, dan pemberian kepada pihak yang membutuhkan.

Hal tersebut merupakan tanggung jawab BIG yang keempat. Deretan kelima yang memerlukan perhatian adalah menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan lembaga pemetaan tersebut dengan baik.

Infrastruktur yang baik diperlukan dalam merancang dan menyimpan informasi penting. Tempat yang strategis juga memudahkan bagi siapa saja yang membutuhkan informasi mudah menemukannya.

Tugas selanjutnya adalah mengadakan pembinaan jaringan untuk berbagi informasi pemerataan antar wilayah kerja. Akreditasi dan sertifikasi juga harus dilakukan pada lembaga BIG tersebut.

Deretan tanggung jawab kesembilan melakukan kerjasama dengan lembaga swasta baik dalam maupun luar negeri. Tugas kesepuluh melakukan koordinasi dan sinkronisasi di lingkungan kerja.

BIG juga ditunjuk sebagai lembaga yang melaksanakan perencanaan, penyusunan, dan pelaporan undang-undang. Lembaga ini juga harus melakukan pembinaan dan pelayanan administrasi berbagai bidang kelembagaan.

2. Struktur Organisasi CPNS BIG

CPNS BIG memiliki struktur organisasi dalam departemen yang menjadi tanggung jawabnya. Posisi pertama diduduki oleh kepala lembaga yang memiliki tanggung jawab menjalankan segala pekerjaan BIG.

Jabatan kedua diisi oleh sekretariat utama dengan beberapa deputi sebagai bawahannya. Deputi tersebut yaitu bidang informasi geospasial dasar, tematik, dan infrastruktur.

Jabatan ketiga dipegang oleh inspektorat jenderal dengan pembagian tugas yang ditentukan instansi pemerintahan badan informasi geospasial. Beberapa unit pelaksanaan teknis juga mendukung aksi lembaga ini untuk menjalankan tugasnya dengan baik

3. Visi CPNS BIG

Lembaga yang mengurus pemetaan nasional ini memiliki visi yang keren dan mendukung pembangunan bangsa. Isi dari visi yang diemban adalah menjadi lembaga penggerak terdepan untuk menyajikan informasi penting.

Penyelenggaraan informasi geospasial diharapkan bisa membantu masyarakat memprediksi arah perekonomian dengan baik. Lembaga ini juga ingin menjadi institusi yang handal dan terdepan serta mudah dimanfaatkan oleh seluruh pihak yang berkepentingan.

4. Misi BIG

Misi Badan Informasi Geopasial juga tidak kalah penting untuk disusun dengan baik dan terintegrasi. Tujuan yang diemban adalah meningkatkan kapasitas, sumber daya manusia yang berkualitas dan bermanfaat.

Penelitian dan pengembangan akan selalu dilakukan untuk memperoleh informasi geospasial terbaik. Misi berikutnya menbangun data dan informasi geofisikal dengan multi skala dan multi resolusi untuk mendukung pembangunan nasional.

5. Pendapatan Pegawai BIG

Keuntungan menjadi CPNS BIG yaitu memperoleh penghasilan per bulan secara tetap. Pegawai tersebut juga memperoleh tunjangan profesi, dana pensiun, status sosial, dan waktu luang yang banyak.

Pekerja pada lembaga ini juga memiliki fasilitas berupa rumah dan kenderaan. Besaran gaji yang diterima beragam mulai pegawai golongan tinggi dengan kisaran Rp3 jutaan hingga Rp5 jutaan.

Golongan pertama menerima gaji dengan nominal antara Rp1.5 jutaan dan Rp2.3 jutaan. Pegawai ini merupakan lulusan sekolah menengah atas dengan golongan I.

Baca Juga: Formasi CPNS Kementerian PUPR RI dan Tugas yang Harus Dilakukan

CPNS BIG dengan Tugas dan Dedikasi Tinggi

Badan informasi geospasial  adalah lembaga non pemerintahan yang memiliki tugas menyajikan data tentang pemetaan. Pemetaan tersebut bisa berupa peta umum, peta kedalaman laut, maupun isi dari gunung.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mendukung serta bisa merencanakan pembangunan nasional dengan baik. CPNS BIG sangat ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi geospasial. Apabila Anda tertarik untuk menjadi bagian dari lembaga ini, maka update terus info dari website yang resmi milik pemerintah, misalnya https://sippn.menpan.go.id/.


Leave a Comment