Tugas dan Visi Misi Kementerian yang Wajib Diketahui CPNS Kemhan

CPNS Kemhan adalah para pelamar yang berhasil menjadi bagian kementerian yang mengurusi segala hal tentang alat tempur dan pertahanan diri negara Republik Indonesia. Departemen ini bertugas menyediakan alat untuk membantu negara untuk bertahan dari serangan pihak asing atau terorisme.

Pengertian CPNS Kemhan

Kemhan merupakan singkatan dari kementerian pertahanan Republik Indonesia yang bertugas sebagai pertahanan pertama negara. Lembaga ini merupakan pintu pertama pertahanan dalam menembus negara berpenduduk terbesar kedua di dunia.

Setiap negara harus menyediakan alat atau lembaga untuk mengurus masalah pertahanan diri. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada gangguan yang datang dari dalam atau luar negeri.


Pertahanan ini bisa berupa penyediaan alat tempur seperti kapal perang, senjata nuklir, dan lain sebagainya. Wilayah yang mesti dijaga adalah seluruh kawasan berupa laut, darat dan udara.

Lembaga pertahanan terbagi menjadi tiga lingkup besar untuk dibenahi dan disediakan pertahanan diri yang memadai. Kawasan darat bisa dengan mempersiapkan prajurit terlatih dengan melakukan pelatihan khusus.

Prajurit ini bisa ditempatkan pada beberapa titik- titik penting seperti perbatasan wilayah, negara, dan lainnya. Bagian laut bisa dengan menyediakan kapal perang, kapal selam, dan perahu patrol untuk menjaga wilayah laut dari penjarah asing.

Sedangkan, bagian udara negara bisa menyediakan pasukan terlatih yang bertugas menjaga kawasan negara seperti penyediaan pesawat tempur. Segala persiapan disediakan untuk menjaga segala kemungkinan yang terjadi jika ada serangan mendadak dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

CPNS Kemhan merupakan pegawai yang terlibat atau yang bertugas pada kementrian pertahanan republic Indonesia. CPNS Kemhan terdiri dari pegawai negeri sipil yang sudah terbukti kemampuannya pada seleksi CPNS yang diikuti.

Pegawai yang terlibat dan bertugas pada lembaga ini ada yang juga berstatus tidak tetap. Kondisi ini terjadi karena ada bagian yang memerlukan penambahan pekerja untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diemban. CPNS Kemhan menjadi penanggung jawab pertama pertahanan negara Republik Indonesia.

Gaji, Tugas, dan Visi Misi Kemhan

Kementerian pertahanan dipimpin oleh seorang menteri dengan penunjukan oleh presiden dengan mandate resmi. Menteri pertahanan biasanya berasal dari jajaran tentara nasional Indonesia.

Alasan kenapa menteri pertahanan diisi oleh tentara TNI karena para prajurit telah dilatih bagaimana mengatur dan memahami pertahan negeri. TNI juga sudah mengerti bagaimana strategi terbaik untuk melindungi suatu kawasan dengan cara terbaik.

Kementerian pertahanan merupakan salah satu dari tiga lembaga penting yang tidak bisa dibubarkan oleh presiden. Lembaga ini merupakan pilar negara yang harus ada dan tidak bisa diotak atik begitu saja.

Menteri pertahanan juga bisa menjalankan pemerintahan jika presiden mangkat atau sedang tidak ada di tempat. Penyerahan mandat tersebut jika keadaan mendesak atau memerlukan pemimpin negara sementara. Adapun tugas, visi, misi, dan kisaran gaji CPNS Kemhan adalah sebagai berikut.

1.  Tugas Kemhan

Pada tahun 2000 pemerintah telah mengeluarkan peraturan baru tentang aturan menjadi menteri pertahanan. Menteri pertahanan bukan lagi dari TNI/Polri tetapi harus dari rakyat sipil sehingga menghindari rangkap jabatan.

Adapun tanggung jawab lembaga ini meliputi hingga beberapa hal. Pertama adalah pemimpin dan membantu presiden mengeluarkan peraturan tentang pertahanan negeri.

Kedua, mengeluarkan kebijakan penyelenggaraan pertahanan dengan dibuatkan buku putih sebagai aturan standar yang ditetapkan. Tugas ketiga menyusun kebijakan tentang tentara dan kekuatan negeri yang diperlukan.

Keempat, merumuskan aturan pelanggaran, perekrutan, dan pengelolaan terhadap sumber daya yang dimiliki. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menambah anggaran penyediaan barang atau alat pertahanan.

Tugas terakhir adalah melakukan kerjasama dengan departemen bagian lain untuk mengatur strategi pengelolaan sumber daya. Sumber daya nasional ini dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan nasional.

2.  Struktur Organisasi

Ada beberapa unsur jabatan yang terlibat dalam lembaga pemerintahan ini. Pemimpin tertinggi dipimpin oleh menteri dan wakilnya serta beberapa sektetariatan di bawahnya.

Ada delapan bagian kesekretariatan dalam lembaga pertahanan nasional. Bagian tersebut adalah biro perencanaan keuangan, kepegawaian, hukum, tata usaha, umum, dan hubungan masyarakat.

Anda akan menemukan juga biro organisasi dan peraturan perundang-undangan. Jabatan selanjutnya dimiliki oleh inspektorat dengan enam bagian dengan pembagian kelompok I hingga VI.

Jabatan penting lainnya adalah direktorat jenderal. Ada empat bagian di bawahnya yaitu direktorat strategi pertahanan, perencanaan, potensi, dan kekuatan pertahanan.

Ada juga bagian yang menangani sarana pertahanan, bidang penelitian, pendidikan, dan instalasi strategis nasional. Lembaga pemerintahan ini juga memiliki staf ahli yang kompeten di bidangnya.

3.  Visi

CPNS Kemhan memiliki visi yang sangat mulia yaitu mempertahankan negara dari segala bentuk penyerangan. Hal ini untuk mewujudkan negara berdaulat di mata dunia Internasional.

Lembaga ini juga harus mandiri dan berdiri diatas kaki sendiri tanpa mengharapkan bantuan pihak lain. Visi selanjutnya juga menganjurkan lembaga ini memiliki kepribadian berasaskan gotong royong.

4.  Misi

CPNS Kemhan memiliki beberapa misi yang harus dipenuhi. Misi pertama berusaha mewujudkan keamanan nasional dengan menjaga kedaulatan negara tercinta dari penjajahan asing.

Kedua adalah membuat masyarakat maju dan selalu demokratis sesuai hukum berlaku. Ketiga, menciptakan politik luar negeri yang bebas aktif sebagai lambang negara kelautan.

Keempat adalah memberikan kualitas hidup lebih baik bagi masyarakat Indonesia untuk sejahtera. Kelima, berusaha membuat Indonesia mempunyai daya saing dengan bangsa asing.

Misi keenam membuat Indonesia menjadi negara maritime yang maju dan kuat untuk kemajuan negeri. Terakhir adalah menciptakan masyarakat menjadi warga negara yang berkepribadian dan memiliki budaya sendiri.

5.  Kisaran Gaji CPNS Kemhan

Setiap pegawai negeri sipil yang bekerja pada pemerintahan mendapat gaji pokok yang setara. Perbedaannya hanya terletak pada golongan, pangkat dan masa kerja seorang pegawai negeri sipil.

Departemen ini juga menyediakan gaji bagi pegawainya paling tinggi kisaran Rp5.9 jutaan. Nominal ini diterima oleh pegawai yang sudah berpangkat golongan IV atau eselon.

Kisaran gaji paling rendah adalah Rp2.5 untuk pangkat I atau pegawai pemula yang baru masuk pada lembaga ini. Pegawai juga akan mendapatkan tunjangan pensiunan, kesehatan, dan asuransi jiwa.

Pegawai juga akan disediakan rumah dinas untuk tempat tinggal selama aktif bekerja. Untuk kegiatan perjalanan ada fasilitas mobil dinas yang bisa dipergunakan untuk kepentingan lembaga.

Baca Juga: Jadi Bagian Penting CPNS Kemendagri untuk Kemajuan Negara

Pastikan untuk Cek Selalu Laman Resminya

Kementerian pertahanan adalah lembaga yang mengurusi segala permasalahan pertahanan baik perekrutan, penerimaan, dan pelatihan tentara. Lembaga ini juga memiliki wewenang menggantikan presiden jika berhalangan menjalankan roda pemerintahan.

Pegawai lembaga pertahanan terdiri dari berbagai bidang yang termasuk ke dalamnya seperti biro hukum, pendidikan, dan pelatihan. Ada juga bidang yang mengurusi perekrutan, pengelolaan, perencanaan, dan pengawasan pertahanan nasional.

Tugas departemen ini sangat penting untuk menjaga kedaulatan masyarakat menjadi negara maritim terkuat. Lembaga ini memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat maju dan berdaulat di mata dunia.

Pegawai yang bekerja pada lembaga ada yang sudah berstatus pegawai negeri sipil dan ada juga pekerja tidak tetap. CPNS Kemhan berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat negeri sehingga bermartabat di mata negara lain. Dengan mengecek laman resmi di https://www.kemhan.go.id/, maka Anda yang ingin melamar pada bidang ini akan mendapatkan lebih banyak kesempatan.


Leave a Comment