Tugas dan Visi Misi yang Perlu Dipahami Sebelum Mendaftar CPNS BKN

CPNS BKN merupakan lembaga yang mengurus segala persyaratan administrasi negara baik bidang politik maupun lainnya. Administrasi dibutuhkan sebagai penyimpanan arsip suatu masalah atau kegiatan.

Apa Itu CPNS BKN?

Suatu lembaga yang berdiri secara resmi atau tidak maka akan membutuhkan pengarsipan semua kegiatan yang pernah dilakukan. Arsip berguna untuk mengumpulkan semua data jika diperlukan pada suatu waktu.

Arsip dibutuhkan juga untuk mengumpulkan semua data para anggota dan rekapan untuk menunjukkan eksistensi suatu lembaga atau organisasi. Jika arsip dalam suatu lembaga lengkap maka akan semakin bagus administrasi suatu lembaga.


Hal ini juga berlaku untuk negara baik maju maupun sedang berkembang. Perjalanan suatu bangsa harus ada catatan dan rekam jejak sebagai dokumentasi.

Dokumentasi diperlukan untuk menelaah kembali segala peraturan dan kebijakan dikeluarkan oleh pemerintah. Peraturan yang telah diberlakukan bisa diketahui dimana kelemahan dan kekurangannya.

Jika kekurangan sudah diketahui akan mudah untuk merubah dengan peraturan atau kebijakan baru. Arsip juga penting untuk dipelajari oleh generasi muda untuk menggali semangat dan tanggung jawab generasi sebelumnya.

Kekuatan tekad yang diwariskan dalam goresan pena akan abadi dari generasi ke generasi karena tidak akan luntur oleh zaman. Setiap bangsa berdaulat harus harus mengetahui sejarah dan kisah dari perjuangan bangsanya sebelum generasi tersebut lahir.

Hal ini untuk menumbuhkan patriotisme dan kecintaan kepada bangsa dengan kuat dan lebih dalam lagi. Pemerintah Indonesia sangat memperhatikan segala dokumen resmi negara harus diurus dengan baik.

Pemerintah membentuk suatu lembaga resmi mengurus hal tersebut dinamakan badan kepegawaian negara atau BKN. Pegawai yang bekerja pada instansi tersebut dinamakan CPNS BKN.

CPNS BKN bertugas mengawal dan mengumpulkan dengan rapi segala dokumen negara yang wajib untuk disimpan. Pegawai tersebut ada yang berstatus pegawai sipil negara da nada dengan sistem perjanjian kontrak dalam batas waktu tertentu.

Tugas, Visi, Misi, Besaran Gaji CPNS BKN

Badan kepegawaian sangat penting keberadaannya dalam suatu pemerintahan yang sah. Hal ini untuk mengurus masalah data dan segala hal tentang pekerja pada seluruh jajaran pemerintahan.

BKN merupakan lembaga non departemen yang dikepelai oleh seorang kepala dinas di bawah presiden secara langsung. Presiden memberikan perintah kepada pemimpin BKN untuk mengurusi masalah administrasi kepegawaian.

Aturan tersebut sudah tercantum dalam undang-undang pemerintahan tahun 1972. Berikut tugas, visi, gaji CPNS BKN sebagai berikut:

1.  Tugas dan Fungsi

Pegawai badan kepegawaian negara memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri yang harus dilakukan dalam pemerintahan negeri. Tugas utama BKN adalah melaksanakan tanggung jawab pada bagian manajemen kepegawaian negara.

Tugas tersebut sudah tercantum secara resmi dalam undang-undang dasar negara republic Indonesia. Selain tugas BKN juga memiliki fungsi yang harus dijalankan dengan sangat teliti dan cermat.

Fungsi pertama adalah menyusun peraturan dalam bidang kepegawaian negara. Kebijakan tersebut menjadi acuan bagaimana mengurus kearsipan pegawai negeri sipil.

Kedua, menyelenggarakan proses mutasi, pemindahan pensiunan, pemberhentian PNS. Status setiap pekerja pada pemerintahan menjadi urusan lembaga kepegawaian tersebut.

Ketiga, mengurus administrasi pejabat yang pensiun atau tidak. Fungsi keempat memberikan edukasi dan informasi tentang administrasi kepegawaian.

Kelima melakukan pengawasan pada seluruh bagian sistem kearsipan di Indonesia. Penilaian dan pencarian potensi terbaik menjadi fungsi keenam badan kepegawaian negara.

Ketujuh adalah melakukan rekrutmen terhadap pegawai baru dengan cara membuat seleksi. Fungsi kedelapan yaitu melakukan penelitian dan pengembangan pada lembaga arsip nasional.

Kesembilan melakukan bantuan hukum bagi siapa saja pekerja yang membutuhkan. Kesepuluh adalah memberikan pelatihan pada bidang manajemen.

Fungsi selanjutnya melakukan pembinaan kepada seluruh unit organisasi administrasi. Terakhir melakukan pengawasan dan menjalankan tugas yang dibebankan oleh negara.

2.  Struktur Organisasi

CPNS BKN dikepalai oleh kepala bidang yang bertugas memimpin segala bagian dari kantor BKN. Kepala sebagai pemimpin lembaga akan dibantu tugasnya oleh seorang wakil ketua yang selalu menyertai pemimpin.

Ketiga diduduki oleh sekretariat utama bertugas melakukan pencatatan terhadap segala kegiatan lembaga. Jabatan selanjutnya diisi oleh kepala bidang deputi seperti bidang pembinaan manajemen, mutasi, sistem informasi, dan pengawasan kepegawaian.

Keempat diisi oleh staf ahli yang memimpin beberapa bagian penting. Bagian tersebut yaitu pusat perencanaan kepegawaian, pembinaan, sistem rekrutmen, dan kompetensi.

Ada juga bidang pengembangan aparatur negara, penelitian, dan pusat konsultasi serta meminta bantuan hukum. Jabatan berikutnya diisi oleh bidang inspektorat jenderal.

Ada beberapa biro terlibat dalam lembaga kepegawaian yang membantu tugas sekretariat utama. Beberapa ciri tersebut yaitu biro perencanaan, keuangan, kepegawaian, umum, dan hubungan masyarakat.

3.  Visi BKN

CPNS BKN juga memiliki visi sama seperti kantor pemerintahan lainnya. Visi diemban oleh institusi ini adalah menjadikan aparatur sipil negara menjadi seorang pekerja yang memiliki integritas dan etika.

Pegawai juga diharapkan menjadi profesional dalam bekerja dengan memperhatikan sumpah jabatan yang telah diucapkan. Aparatur sipil negara harus menjadi suri tauladan dalam masyarakat sebagai alat negara melaksanakan pelayanan terbaiknya.

Pegawai yang berintegritas membuat negara menjadi semakin berdaulat di mata internasional. Harapannya juga Indonesia akan menjadi mandiri, berkepribadian, dan saling gotong royong untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh negeri.

4.  Misi BKN

CPNS BKN juga memiliki misi yang harus diemban dengan baik. Misi utama adalah melakukan proses penyelenggaraan manajemen aparatur sipil negara harus rapi dan teratur.

Kedua menyelenggarakan segala keperluan administrasi pegawai negeri sipil. Administrasi pejabat ini mulai dari daerah hingga pusat pemerintahan.

Ketiga melakukan penyimpanan segala arsip penting pejabat baik pensiunan atau belum. Misi keempat yaitu melakukan pengawasan dana dan pengendalian norma kepada seluruh pegawai yang terlibat dalam pemerintahan.

Kelima adalah melakuakn pengembangansistem manajemen pemerintahan dengan selalu melakukan update data. Proses pengembangan sistem bisa dilakukan dengan online maupun offline.

5.  Gaji Pegawai

Badan kepegawaian juga menerima gaji tetap setiap bulan dari pemerintah. Nominal gaji diterima aparatur sipil BKN sama dengan pegawai pemerintah lainnya hanya tunjangan menjadi perbedaan setiap instansi.

Nominal gaji terendah diterima sebesar Rp2.3 juta untuk golongan I di lembaga arsip. Pegawai tersebut merupakan lulusan sekolah menengah atas atau sekolah kejuruan.

Gaji tertinggi senilai Rp5.9 juta per bulan untuk golongan eselon IV. Golongan IV biasanya merupakan pemimpin lembaga yang sudah lama aktif bekerja.

Baca Juga: Bagian Penting Ketahanan dan Kedaulatan RI: CPNS Intelijen Negara

Bergabunglah Menjadi Bagian dari CPNS BKN

Badan kepegawaian negara merupakan lembaga pemerintahan non departemen yang dipimpin oleh seorang kepala dinas. Lembaga ini langsung bertugas dibawah presiden secara langsung dengan tugas dan tanggung jawab khusus.

BKN memiliki tugas menyiapkan segala dokumen penting negara tentang kepegawaian nasional. Tugas selanjutnya juga memberikan informasi terbaru tentang sistem administrasi kepegawaian kepada seluruh aparatur sipil.

CPNS BKN berusaha memberikan pelayanan terbaik dalam menyelenggarakan administrasi Indonesia mulai dari daerah hingga pusat pemerintahan. Agar bisa memahami lebih lanjut tentang lembaga ini, Anda dapat membuka laman https://www.bkn.go.id/.


Leave a Comment