TWK CPNS yaitu Materi Penting yang Harus Dipelajari

Rekrutmen CPNS yaitu seleksinasional yang diadakan untuk mendapatkan Calon Pegawai Negeri Sipil dan nantinya bisa mengisi jabatan PNS. Dalam pengadaannya, para peserta yang menjadi bagian rekrutmen akan melalui tiga tahapan seleksi.

Di antaranya adalah Seleksi Administrasi, lalu Seleksi Kompetensi Dasar, dan terakhir Seleksi Kompetensi Bidang. Untuk diketahui, mekanisme seleksi administrasi dilakukan di portal resmi SSCASN.

Sementara itu, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diselenggarakan di beberapa lokasi yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara. Kemudian, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan dilaksanakan di instansi tujuan masing-masing.


Sebagai informasi, pada tahap SKD akan ditemukan 3 kategori ujian yang harus diselesaikan oleh peserta. Di antaranya adalah Tes Intelegensia Umum atau TIU, Tes Karakteristik Pribadi atau TKP, dan Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK.

Salah satu materi yang banyak menjadi sumber kegagalan peserta CPNS yaitu TWK. Tes pengetahuan umum ini dianggap banyak menjebak para pelamar sehingga terkecoh saat akan memilih jawaban.

Informasi selengkapnya tentang TWK di CPNS akan dibahas di ulasan berikut ini, simak hingga tuntas!

Seputar TWK CPNS

Tes Wawasan Kebangsaan akan memberikan 5 (lima) poin jika peserta benar, sedangkan jika salah, nilainya adalah 0 (nol). Supaya peserta bisa mendapatkan nilai benar, perlu diketahui mengenai beberapa materi hingga kisi-kisi soal seperti berikut ini.

1. Sekilas Tentang Tes Wawasan Kebangsaan

TWK CPNS yaitu jenis tes yang akan menguji seberapa dalam pengetahuan pelamar Calon PNS tentang kebangsaan Indonesia. Mulai dari paham ideologi negara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, hingga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berdasarkan informasinya, materi utama di Tes Wawasan Kebangsaan adalah pengetahuan Sejarah Indonesia dan Peran Indonesia di lingkup regional ataupun global. Selanjutnya, kemampuan berbahasa Indonesia dan pengetahuan tentang Sistem Tata Negara, baik pemerintah pusat maupun daerah. Selengkapnya di poin selanjutnya.

2. Materi TWK

Sebagai informasi, rincian dari materi utama tadi dapat dikelompokkan menjadi empat bagian. Di antara empat kategori yang harus diketahui peserta CPNS yaitu Pancasila, UUD, Motto Negara, dan seputar NKRI.

3. Pancasila

Sebagaimana fungsinya sebagai dasar negara, materi yang pasti muncul di soal CAT jenis TWK adalah Pancasila. Peserta seleksi harus memahami tentang materi ini, mulai dari definisi Pancasila sampai dengan makna-makna dari tiap sila yang ada.

4. Undang-Undang 1945

Jika Pancasila adalah dasar negara, UUD 1945 merupakan dasar hukum yang mengatur negara, pemerintah, masyarakat, dan lembaga-lembaga yang berkaitan. Peserta tes harus mengetahui pasal-pasal penting dalam UUD disertai fungsi dan kedudukan hukum tersebut.  Selain itu, pendaftar juga wajib tahu tentang perubahan pasal tersebut serta tahun diubahnya.

5. Motto Negara

Sebagaimana diketahui, motto negara Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Dalam materi ini, yang harus dipelajari peserta CPNS yaitu makna motto, fungsi, dan pengetahuan lain tentang motto.

Untuk diketahui, Bhineka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Meskipun arti kalimat tersebut singkat, tetapi maknanya sangat luas sehingga pendaftar seleksi harus benar-benar paham untuk bisa menjawab soal.

6. Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menyangkut materi seputar Negara Kesatuan Republik Indonesia, pendaftar seleksi yang mengikuti SKD harus benar-benar tahu seputar negara. Mulai dari sejarahnya, sistem birokrasi, tentang bahasa Indonesia, sampai isu-isu yang sedang terjadi di negara.

Soal dengan materi NKRI umumnya lebih banyak muncul di soal TWK yang berjumlah 30 soal. Pasalnya, tujuan dari Tes Wawasan Kebangsaan di seleksi CPNS yaitu untuk menilai pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan hal-hal berikut.

7. Implementasi dari Materi TWK

Sebagai informasi, ada berbagai tujuan dari penerapan materi tadi di Seleksi Kompetensi Dasar kategori TWK. Di antara implementasi TWK CPNS yaitu (1) melihat sikap nasionalisme peserta, tujuannya untuk mewujudkan kepentingan publik dengan cita-cita sama.

Yaitu mempertahankan identitas negara. (2) Menguji integritas peserta, mulai dari kejujuran, komitmen, ketangguhan, hingga konsistensi sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan nasional.

(3) Melihat sikap bela negara dari peserta,  tujuannya agar pelamar jabatan di CPNS mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan Indonesia. (4) Menguji seberapa paham peserta tentang pilar negara, yaitu Pancasila, UUD, motto Indonesia, dan NKRI, untuk membentuk karakter positif.

(5) Menguji pemahaman soal bahasa Indonesia yang bertujuan untuk mendapatkan pegawai dengan kemampuan mempersatukan lewat bahasa.

Contoh Soal TWK

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan yang berasal dari bahasa Jawa Kuno dengan makna Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Jika diterjemahkan per kata, bhinneka memiliki makna beragam.

Kata neka berawal dari bahasa Sanskerta yang dapat diartikan sebagai macam yang kemudian membentuk kata aneka. Jadi bhinneka dalam motto Indonesia dapat diartikan menjadi beraneka ragam.

Kemudian, tunggal mempunyai arti satu dan ika berarti itu. Jika didefinisikan secara bahasa, bhinneka tunggal ika adalah beraneka satu itu.

Makna luasnya, meskipun beraneka ragam, hakikat bangsa Indonesia tetap satu. Motto ini dijadikan gambaran tentang keadaan Indonesia yang penuh dengan budaya, ras, suku, agama/keyakinan, dan lain-lain.

Dari informasi di atas, pengamalan motto yang paling tepat dilakukan dalam ….

A. Kehidupan masyarakat di lingkup suku.

B. Kehidupan masyarakat dalam negara.

C. Kehidupan masyarakat di lingkungan kerja/sekolah.

D. Kehidupan antarnegara.

E. Kehidupan dengan masyarakat asing.

Pembahasan:

Untuk diketahui, penerapan makna dari motto negara Indonesia dapat dilakukan di berbagai lingkup. Di antaranya, (1) tidak pilih-pilih dalam berteman dan (2) tidak merasa lebih baik dari orang lain.

Kemudian, (3) memberi kebebasan dalam menganut keyakinan dan (4) tidak memaksa orang lain untuk mengubah keyakinannya. (5) Bersikap adil tanpa memandang perbedaan dan (6) menjunjung tinggi norma masyarakat yang berlaku.

(7) Tenggang rasa dengan sesama WNI, (8) menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, dan (9) tidak memecah-belah persatuan. (10) Tidak mengutamakan kepentingan individu dibandingkan kepentingan bersama dan (11) rela berkorban untuk negara.

Di antara nilai-nilai tersebut, pilihan ganda yang paling tepat menjadi jawaban dari pertanyaan tadi adalah B. Sebab, mewakilipoin-poin dalam penerapan makna Bhinneka Tunggal Ika seperti dalam contoh.

Baca Juga: Apakah CPNS yang Didiskualifikasi Bisa Ikut Rekrutmen Selanjutnya?

Seberapa Sulit TWK CPNS?

Sebagai informasi, kesulitan dalam TWK CPNS yaitu memilih mana yang paling tepat di antara opsi yang tersedia. Meskipun banyak peserta yang mengatakan bahwa TWK sulit, tetapi sebenarnya tidak begitu.

Jika calon peserta mempersiapkan diri dengan hal-hal yang berkaitan dengan tes CPNS, setiap ujian pasti dirasa lebih mudah. Salah satu persiapan tes CPNS yaitu belajar, mengikuti bimbel, seminar, dan lain sebagainya.

Selain persiapan dengan pengetahuan seputar tes yang akan dijalani seperti TWK, calon peserta juga harus tahu informasi lain. Mulai dari syarat melamar, berkas apa saja yang menjadi persyaratan untuk menjadi bagian pelamar, dan kapan rangkaian seleksi dilaksanakan.

Informasi selengkapnya tentang pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dapat Anda temukan di laman https://sscasn.bkn.go.id/. Jangan lupa untuk selalu memantau perkembangannya di portal tersebut atau website instansi tujuan peserta.


Leave a Comment