Wujudkan Cinta Alam dengan Mendaftar Menjadi CPNS KLHK

Bagi Anda yang ingin berperan langsung dalam pemerintahan dalam rangka mengabdikan diri kepada negeri tercinta ini, khususnya untuk menjadi seorang CPNS KLHK. Anda harus menyimak artikel ini sampai selesai.

Pembahasan Mengenai CPNS KLHK

CPNS KLHK adalah sebuah lembaga kementerian yang bertugas menyelenggarakan masalah di pemerintahan dalam bidang lingkungan hidup juga kehutanan, dalam rangka membantu Presiden untuk melakukan tugasnya. CPNS KLHK sendiri merupakan kependekan dari Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada awalnya, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan merupakan dua lembaga yang berdiri sendiri-sendiri. Tapi pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, kedua kementerian tersebut digabung menjadi satu.


Dari keputusan presiden yang menggabungkan dua kementerian dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing itu, banyak tanggapan yang mendukung juga sebaliknya. Tapi pemerintah membuka akses bagi seluruh masyarakat untuk memberi masukan mengenai perubahan kabinet yang terjadi.

Menyangkut sebuah lembaga, pasti ada tugas dan fungsi yang harus dijalankan. Bagi para CPNS KLHK, Anda harus mengetahui tugas apa saja yang diberikan untuk memenuhi tugas dan fungsi kementerian KLHK.

Sebagai contoh, tugas seorang CPNS KLHK seperti menyusun kebijakan untuk melakukan pengawasan intern di lingkungan KLHK. Pengawasan yang dilakukan CPNS KLHK meliputi keuangan, kinerja, evaluasi, reviu, atau bisa juga pengawasan untuk tujuan khusus.

Selain itu, seorang petugas juga bisa ditugaskan untuk menyusun laporan hasil pengawasan dari KLHK, penugasan administrasi, dan tugas lainnya yang ditugaskan dari Menteri.

Sama halnya dengan kementerian lain, CPNS KLHK juga memiliki syarat pelamar umum juga pelamar khusus. Lulusan SMA/sederajat, D3, S1, dan S2 bisa mendaftarkan diri.

Formasi untuk Pendaftar CPNS KLHK

Formasi yang ada terbagi menjadi 892 formasi untuk umum, 100 untuk cumlaude, 5 formasi untuk disabilitas, 10 formasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.  Berikutnya adalah formasi yang disediakan .

1. Ahli Pertama-Dokter

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah dokter umum. Penempatan lokasi kerja untuk jabatan ini adalah di Biro Umum, jumlah yang dibutuhkan hanya 1 formasi.

2. Ahli Pertama-Perancang Peraturan Perundang-Undangan

Kualitas pendidikan yang dibutuhkan adalah S2 hukum, yang akan ditempatkan di unit biro hukum. Dibutuhkan 7 formasi, dibagi pada 3 formasi untuk cumlaude, 4 formasi untuk umum.

3. Ahli Pertama-Widyaiswara

Penempatan lokasi kerja di Pusat DIKLAT Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bagi pendaftar yang memiliki kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah S2 ilmu lingkungan, S2 hukum. Dibutuhkan hanya 2 formasi, 1 formasi untuk cumlaude, 1 formasi untuk umum.

Selain penempatan di lokasi kerja Pusat Diklat, jabatan ini juga akan ditugaskan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan Pematang Siantar. Dibutuhkan hanya 1 formasi saja, bagi yang memiliki kualifikasi pendidikan S2 Manajemen, S2 Konservasi, S2 Kehutanan, dan juga S2 Lingkungan.

4. Ahli Pertama-Analis Anggaran

Dibutuhkan 1 formasi umum, bagi pendaftar yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 Ekonomi, S1 Manajemen, S1 Akuntansi. Penempatan lokasi kerja berada di Sekretariat Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan.

Kemudian, 1 formasi untuk umum, sisanya akan ditempatkan di unit kerja Sekretariat Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung. Terbuka bagi mereka yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 Akutansi Keuangan Publik, S1 Ekonomi.

S1 Administrasi Publik, S1 Administrasi Negara, S1 Akuntansi Perpajakan, S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ekonomi Pembangunan.

5. Ahli Pertama-Analis Hukum

Jabatan ini akan ditempatkan di 4 lokasi  kerja yang berbeda, yaitu:

Pengembangan dan Inovasi, Sekretariat Badan Penelitian, dibutuhkan 1 formasi untuk umum dengan kualifikasi pendidikan S1 Hukum Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan. Kemudian 2 formasi, 1 untuk formasi umum, dan 1 untuk formasi cumlaude, dibutuhkan kualifikasi pendidikan S1 Ilmu Hukum, S1 Hukum.

Untuk Sekretariat Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, dibutuhkan 1 orang pendaftar dengan kualifikasi pendidikan S1 Hukum. Di Biru Umum, untuk kualifikasi pendidikan S1 Ilmu Hukum, hanya dibutuhkan 1 formasi.

6. Ahli Pertama-Analis Pengelolaan Keuangan Apbn

Di bagian Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dibutuhkan pendaftar dengan kualifikasi pendidikan S1 Manajemen Keuangan, S1 Akutansi, S1 Ekonomi. Hanya ada 5 formasi, 3 untuk umum, dan 2 untuk cumlaude.

Kemudian posisi di Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Kalimantan, diperuntukan bagi yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 Manajemen Keuangan, S1 Akutansi, S1 Ekonomi. Hanya dibutuhkan 1 formasi.

Untuk posisi di Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Maluku Papua, hanya dibutuhkan 1 formasi. Kualifikasi pendidikan yang memenuhi adalah S1 Manajemen Keuangan, S1 Akutansi, S1 Ekonomi.

Terakhir, ada 1 jabatan yang akan diberikan di Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera. Kualifikasi pendidikan pendaftar harus S1 Akuntansi, S1 Manajemen Keuangan, S1 Ekonomi.

7. Ahli Pertama-Analis Sumber Daya Manusia

Pemberian jabatan di unit kerja Sekretariat Inspektorat Jenderal, hanya ada 1 formasi. Bagi yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, S1 Sosiologi.

Lalu kualifikasi pendidikan lainnya yaitu S1 Ilmu Politik, S1 Manajemen, dan S1 Manajemen Sumber Daya Manusia. Juga S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Hukum, S1 Administrasi Publik, dan S1 Administrasi Negara.

Selain itu, masih ada 7 formasi yang terbagi untuk 3 formasi cumlaude, 3 formasi umum, dan 1 formasi disabilitas. Lokasi kerja berada di unit kerja Biro Kepegawaian d an Organisasi.

Kualifikasi pendidikan untuk 7 formasi di atas harus S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Manajemen Sumber Daya Manusia, S1 Administrasi Publik, dan S1 Administrasi Negara.

8. Ahli Pertama-Assessor SDM Aparatur

Lokasi kerja berada di unit Biro Kepegawaian dan Organisasi, hanya ada 1 formasi, terbuka untuk pendaftar yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 Psikologi.

9. Terampil -Pengendali Ekosistem Hutan

Kualifikasi pendidikan D3 Kehutanan, jabatan ini akan ditempatkan di beberapa lokasi kerja, diantaranya adalah Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari. Buka untuk 10 formasi umum.

Selain itu, masih ada formasi Terampil Surveyor Pemetaan, hanya dibutuhkan 1 formasi. Diperuntukan untuk yang memiliki kualifikasi pendidikan D3.

10. Pemula-Pengendali Ekosistem Hutan

Jabatan ini terbuka bagi yang memiliki kualifikasi pendidikan SMK Kehutanan, memiliki jumlah formasi sebanyak 134. Akan ditempatkan di beberapa lokasi, salah satunya adalah Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah, hanya dibutuhkan 2 formasi.  Formasi untuk lulusan SMK lainnya adalah Polisi Hutan, dibutuhkan sekitar 111 formasi.

Baca Juga: Jadilah Salah Satu CPNS Kemendikbudristek untuk Kemajuan Pendidikan

Siapkan Pemahaman Anda Tentang Kementerian Jika Ingin Daftar CPNS KLHK

Berdasarkan informasi yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa lembaga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuka formasi dengan jumlah tersebut. Oleh karena itu, buatlah persiapan terbaik khususnya bagi calon CPNS KLHK.  Untuk Informasi lebih lanjut, ayo kunjungi situs resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di https://www.menlhk.go.id/


Leave a Comment