Yuk Belajar Materi TIU Kecepatan di Tes CPNS

TIU kecepatan menjadi soal yang cukup menguras pikiran. Anda harus benar-benar menggunakan otak untuk dapat menaklukkan soal yang berkaitan dengan fisika. Materi ini sudah diajarkan di bangku sekolah. Jadi seharusnya bukan menjadi materi yang sulit. Nah, untuk merefresh ingatan mengenai kecepatan, simak uraian berikut dengan seksama agar berhasil melewati ujian CPNS bab TIU kecepatan dengan baik.

Materi TIU Kecepatan: Pengertian

Materi TIU kecepatan yang pertama adalah pengertian. Kecepatan memiliki arti sebagai panjang jarak yang dilalui benda dalam suatu tempat dan waktu, serta dinyatakan dalam besaran vektor. Mengapa bisa dinyatakan dalam ukuran vektor? Karena kecepatan sangat tergantung pada arah benda. Sedangkan arah benda sendiri digambarkan dengan tanda + (positif) dan – (negatif).

Rumus Menghitung Kecepatan

Materi TIU kecepatan berikutnya adalah rumus menghitung kecepatan. Untuk menghitung berapa kecepatan suatu benda, digunakan rumus sebagai berikut:


v = s/t

Keterangan:

  • V maksudnya adalah kecepatan. Satuan yang digunakan untuk kecepatan adalah km/jam.
  • S maksudnya adalah jarak. Satuan yang digunakan untuk jarak adalah km.
  • T maksudnya adalah waktu. Satuan yang digunakan untuk waktu adalah jam.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa kecepatan merupakan jarak yang ditempuh suatu benda per 1 kilometer di tiap jamnya.

Selain itu, ada pula kecepatan rata-rata. Kecepatan rata-rata merupakan jumlah jarak rata-rata yang sudah ditempuh suatu benda. Ada sedikit perbedaan rumus dalam menghitung kecepatan rata-rata. Apa itu? Berikut rumusnya:

V = ∆s/∆t

Keterangan:

  • V maksudnya adalah kecepatan rata-rata. Satuan yang digunakan untuk kecepatan rata-rata adalah m/s (meter/sekon).
  • ∆s (delta s) maksudnya adalah panjangnya jarak yang digunakan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Satuan yang digunakan untuk panjang jarak adalah m (meter).
  • ∆t (delta t) maksudnya adalah selang waktu yang digunakan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Satuan yang digunakan untuk selang waktu adalah s (sekon) atau detik.

Rumus Jarak atau Perpindahan

Materi TIU kecepatan berikutnya adalah rumus jarak atau perpindahan. Dalam rumus kecepatan ada panjang jarak atau perpindahan yang digunakan. Jika ada soal yang menanyakan panjang jarak melalui kecepatan, maka rumusnya adalah sebagai berikut.

s = v. t

Keterangan:

Sama pada rumus kecepatan. S adalah jarak dengan satuan meter. V adalah kecepatan dengan satuan km/jam. Sedangkan t adalah waktu dengan satuan jam.

Rumus Waktu

Selain ada jarak, materi TIU kecepatan juga membahas tentang waktu yang digunakan dalam rumus kecepatan. Apabila ada soal yang menanyakan waktu melalui kecepatan, maka rumusnya sebagai berikut:

t = s/v

Keterangan:

Sama pada rumus kecepatan. t adalah waktu dengan satuan jam. V adalah kecepatan dengan satuan km/jam. Sedangkan s adalah jarak dengan satuan meter.

Rumus Menghitung Percepatan

Biasanya, dalam materi kecepatan selalu dibarengi dengan materi percepatan. Percepatan merupakan suatu perubahan yang dialami oleh kecepatan pada jangka waktu tertentu. Jadi saat suatu kecepatan terjadi, ada perubahan yang disebut dengan percepatan.

Untuk menghitung suatu percepatan, digunakan rumus sebagai berikut:

A = ∆V/∆T

Keterangan:

  • A adalah percepatan. Satuan yang digunakan adalah m/s.
  • ΔV adalah perubahan kecepatan yang sudah ditempuh. Satuan yang digunakan adalah m (meter).
  • ΔT adalah perubahan waktu tempuh. Satuan yang digunakan adalah s (sekon).

Percepatan tidak bisa diketahui tanpa adanya kecepatan. Karena logikanya mana mungkin ada percepatan tanpa ada kecepatan terlebih dulu. Jadi kecepatan dan percepatan merupakan dua hal yang saling berkaitan.

Dalam materi TIU kecepatan, soal yang muncul bisa bervariasi. Sistem soal yang acak, membuat Anda bisa saja menemukan soal yang menanyakan mengenai kecepatan, jarak, waktu ataupun percepatan.


Leave a Comment