Sudahkah Belajar TWK Pasal HAM UUD 1945?

TWK pasal HAM UUD 1945 menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri bagi para peserta ujian CPNS di tiap tahunnya, bahkan sangat detail di pasal. Materi TWK tentang pasal-pasal HAM yang ada dalam UUD 1945 sering muncul dalam soal ujian.

Banyaknya pasal yang terdapat dalam UUD 1945 membuat sebagian orang kesulitan untuk menghafal atau mengingatnya. Anda harus mempelajari materi TWK pasal HAM UUD 1945 dengan baik berikut ini.

Materi TWK Pasal HAM: Pengertian

Materi TWK pasal HAM yang pertama adalah pengertian. HAM merupakan kepanjangan dari Hak Asasi Manusia. Apa itu hak asasi manusia? Hak asasi manusia adalah sesuatu yang layak atau harus diterima manusia sejak manusia itu lahir ke dunia. Karena hak asasi inilah manusia bisa menjalani kehidupan dengan lebih adil karena hak-haknya harus dipenuhi.


HAM dalam UUD 1945

Sebagai landasan hukum tertinggi di Indonesia, UUD 1945 juga mengatur mengenai HAM yang layak diterima oleh setiap warga negaranya. UUD 1945 menjamin setiap hak asasi yang dimiliki oleh warga negaranya. Hal ini bertujuan agar setiap warga negara dapat menjalani kehidupan layaknya seorang manusia. Dari sini dapat dilihat bahwa UUD 1945 dirancang sedemikian rupa dalam usaha untuk memanusikan manusia.

Pasal-pasal HAM dalam UUD 1945

Materi TWK pasal HAM berikutnya tentang pasal berapa yang mengatur. Karena HAM sudah diatur dalam UUD 1945, maka sudah sewajarnya jika pasal-pasal yang ada dalam UUD juga mengandung permasalahan HAM. Setiap hak asasi yang diterima warga negara Indonesia, tertuang dengan jelas dalam UUD 1945. Jadi tak ada alasan lagi untuk melakukan pelanggaran HAM.

Ada banyak pasal HAM dalam UUD 1945, antara lain:

  • Pasal 27 Ayat 1 – 3 UUD 1945

Pasal ini sering muncul dalam soal TWK pasal HAM. Dalam pasal ini dijelaskan bahwa setiap warga negara memiliki kedudukan hukum yang sama tanpa membedakan status sosialnya. Setiap kekuatan hukum berlaku sama bagi warga. Selain itu, seluruh warga juga memiliki hak untuk bekerja, memiliki kehidupan yang layak dan memiliki andil dalam bela negara.

  • Pasal 28 UUD 1945

Pasal 28 ini terbagi dalam bagian A hingga J untuk mengatur setiap hak yang diperoleh setiap warga negara. Ada pasal mengenai kebebasan berpendapat, hidup layak, hidup aman, menikah dan sebagainya. Anda bisa melihat seluruh bunyi pasal-pasal dalam bagian pasal 28 untuk menghafalkannya.

Pasal ini menjelaskan bahwa semua warga mempunyai hak untuk dapat hidup sesuai dengan apa yang diinginkan. Tidak ada batasan untuk melakukan semua pemikiran. Hak-hak asasi ini harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

  • Pasal 29 UUD 1945

Pasal ini juga sering muncul dalam soal TWK pasal HAM. Bagian pasal ini menjelaskan bahwa setiap warga memiliki hak untuk memilih kepercayaan atau agama yang sesuai dengan keinginan. Negara tidak memaksa dan tidak melarang tiap bangsa pada sebuah agama tertentu. Jadi bangsa Indonesia menjunjung tinggi perbedaan dalam masalah keimanan.

  • Pasal 30 Ayat 1 UUD 1945

Aturan mengenai hak tiap warga boleh melakukan usaha demi mempertahankan keamanan negara disebutkan dengan jelas dalam pasal ini.

  • Pasal 31 UUD 1945

Menurut pasal ini, pendidikan adalah salah satu HAM yang harus diterima setiap warga.

  • Pasal 32 Ayat 1 UUD 1945

Di pasal ini dijelaskan bahwa masyarakat memiliki kebebasan untuk melestarikan setiap budaya yang dimiliki.

  • Pasal 33 – 34 UUD 1945

Isi pasal 33 hingga 34 menjelaskan tentang hak yang dimiliki warga untuk menjalankan kegiatan ekonomi dalam keberlangsungan hidupnya. Sedangkan bagi warga miskin dan anak yang terlantar, ada negara yang wajib menjamin keberlangsungan hidupnya.

Negara sudah menjamin HAM setiap warga negara dalam UUD 1945. Jadi pelaksanaannya harus benar-benar penuh tanggung jawab. Pasal HAM UUD 1945 ini harus Anda pelajari dengan benar. Itulah berbagai materi terkait TWK pasal HAM yang paling penting.


Leave a Comment