Cara Lolos E CPNS Kemendagri dengan Jumlah Pendaftar Ribuan

Selalu menjadi primadona dengan ribuan peminatnya, E CPNS Kemendagri siap menyambut wajah baru untuk mengisi jabatan kosong di Kemendagri. Perlu diketahui, setiap tahun, lowongan di Kemendagri tidak terlalu banyak dibanding kementerian lainnya.

Namun, kementerian yang berada di bawah pimpinan Tito Karnavian ini tidak pernah sepi peminat. Bahkan, data tahun lalu menunjukkan perbandingan angka yang cukup tinggi, yaitu sekitar 6.000-an pelamar berebut 170-an kursi Kemendagri.

Dari catatan itu, dapat dilihat betapa kecilnya peluang lolos tiap-tiap pelamar E CPNS Kemendagri. Akan tetapi, jika calon peserta sudah mempersiapkan diri lebih awal sehingga betul-betul siap, saat seleksi diagendakan, kesempatan lebih terbuka.


Persiapan Sebelum Seleksi E CPNS Kemendagri

Berikut adalah beberapa tips lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS dari orang-orang yang sudah berhasil. Simak hingga tuntas, ya.

1. Membiasakan Latihan Soal

Siapa pun percaya bahwa practice make perfect, praktik menjadikan sempurna. Ketika tahu teori atau materi, tetapi tidak mencoba melatih diri, tidak jarang ilmu tersebut tiba-tiba terlupakan.

Beda halnya ketika menerapkan teori tersebut pada soal-soal tertentu, atau bahkan membiasakan diri menggunakannya sewaktu-waktu. Teori tersebut biasanya akan menetap di otak sehingga ketika menemukan soal serupa, tidak sulit lagi mengerjakannya.

Seorang Dosen Ilmu Komunikasi dari Universitas Trunojoyo, Rio Kurniawan, membagikan pengalamannya saat mengikuti tes CPNS hingga dinyatakan lulus. Tepatnya di tahun 2020, Rio mengatakan mempersiapkan diri kurang lebih sebulan sebelum jadwal CPNS diresmikan.

Dari latihan soal di buku, mengikuti sejumlah try out online, hingga melatih diri setelah mendapat bahasan dari YouTube. Menurutnya, kegiatan belajar tersebut cukup efektif, terlebih jika langsung menerapkan materi yang didapat ke dalam soal yang ditemukan.

Selain itu, penting juga menghafal wawasan kebangsaan seperti dasar-dasar pancasila, Undang-Undang, hingga isu nasional terkini. Kemudian, tes logika untuk soal Matematika juga bisa dilakukan dengan latihan pilihan ganda atau soal biasa.

2. Manajemen Waktu

Sebagai informasi, tahun lalu Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS dilaksanakan selama 110 menit untuk 110 soal. Jumlah tersebut merupakan keseluruhan dari total TWK 30, TIU 35, dan TKP 45.

Perlu diketahui juga, total waktu 110 menit hanya berlaku untuk tiga formasi, yaitu umum, putra-putri Papua, dan cumlaude. Sementara itu, untuk peserta disabilitas, diberikan kelonggaran waktu hingga 130 menit.

Dari informasi waktu ujian, calon peserta CPNS, khususnya E CPNS Kemendagri, bisa punya gambaran time management yang baik bagaimana. Seorang PNS dari Kementerian Agama di Lampung pun ikut men-share pengalamannya saat menjadi peserta seleksi CPNS.

Okta Kusuma, Humas Kantor Wilayah Kemenag, Lampung, mengaku hanya sekali mengikuti tes CPNS dan dinyatakan lulus. Perempuan itu menyebut, tidak boleh menjawab soal lebih dari satu menit. Bila perlu, gunakan timer untuk melihat berapa waktu yang sudah terlewat untuk mengerjakan tiap-tiap soal.

Selain itu, peserta ujian juga harus pintar menemukan inti dari soal yang ditanyakan sehingga tidak membuang waktu dengan bacaan. Penting dikuasai juga, cara membaca yang cepat sehingga pengerjaan soal bisa lebih tepat sasaran.

Dari Okta Kusuma, disebutkan juga bahwa latihan soal menjadi poin penting yang wajib dilakukan sebelum ujian. Dengan begitu, ketika soal pengetahuan umum muncul, pengisian jawaban bisa lebih cepat sehingga menambah waktu untuk mengerjakan soal lainnya.

3. Meluaskan Wawasan

Semua orang paham bahwa selalu ada kekurangan dalam diri manusia, hal ini perlu dievaluasi sehingga menjadi motivasi tersendiri. Misalnya, dengan asumsi tersebut, peserta lebih mencari apa yang mungkin atau sudah yakin dikuasai.

Jika sulit memahami penalaran umum, coba berlatih soal logika, atau sebaliknya. Menurut Shela Kusumaningtyas, Humas Kemenhub yang lulus CPNS 2019, yang terpenting adalah semua soal terjawab.

Sebab, tiap-tiap soal punya nilai 1 (satu) hingga 5 (lima) dan tidak bernilai 0 (nol), kecuali terlewat. Dengan demikian, peserta bisa menabung skor dengan pertanyaan yang mungkin hanya dapat nilai 2, 3, atau 4.

Namun, sebelum menerapkan teori ‘asal isi semua’, peserta harus teliti dulu terkait aturan skoring jawaban. Sebab, beberapa menerapkan nilai minus untuk jawaban yang salah.

4. Mencari dan Mendengarkan Pengalaman Orang

Cara berikutnya yang bisa diterapkan sebelum pelaksanaan E CPNS Kemendagri adalah menemukan orang-orang yang telah berpengalaman. Kulik informasinya sebanyak mungkin sehingga didapatkan tips dan trik yang bisa diterapkan di seleksi nanti.

Calon peserta dapat menemukannya di komunitas-komunitas tertentu, menemuinya secara langsung, dari seminar, atau melihat dari YouTube. Di sini, tidak hanya orang-orang dengan status lulus bisa dikulik infonya, tetapi juga orang-orang yang belum dinyatakan beruntung.

Anda bisa mengevaluasi apa yang menyebabkan orang tersebut tidak lulus dengan membandingkan pengalaman orang-orang dengan status lulus.

5. Pilih Instansi dan Formasi E CPNS Kemendagri yang Sesuai

Dari sekian banyak tips, rata-rata sering menyebutkan untuk memilih instansi dengan peminat sedikit. Namun, tidak ada salahnya mencoba ke instansi yang peminatnya banyak, seperti E CPNS Kemendagri.

Pasalnya, sepi peminat tidak selalu menjamin kelulusan, sebab yang dicari pemerintah adalah yang sesuai kebutuhan. Plt. Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono mengatakan, pendaftar dengan jurusan tidak sesuai dipastikan tidak lolos.

6. Iringi Usaha dengan Berdoa

Cara agar lulus selanjutnya adalah berdoa. Mengiringi atau menyeimbangkan antara usaha dengan doa. Ketika berniat belajar, niatkan dan ucapkan harapan agar lulus sebelum belajar dimulai. Sebagaimana yang diketahui banyak orang, niat adalah awal dari semuanya.

Anda belajar dengan niat supaya lancar seleksi CPNS, bukan tidak mungkin hal itu menjadi dorongan sendiri sehingga lebih suka belajar. Dengan demikian, materi yang dipelajari lebih menempel dan Anda siap menghadapi ujian CPNS.

Baca Juga: 5 Info Penting Sebelum Daftar E CPNS Kemlu dan Cara Registrasinya

Menyambut E CPNS Kemendagri dengan Mempersiapkan Diri

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, calon peserta pun dapat selalu memantau kabar seleksi CPNS agar persiapan lebih dimatangkan. Anda bisa melihat informasi CPNS di laman resmi SSCASN atau khusus untuk E CPNS Kemendagri di https://infocpns.kemendagri.go.id/.

Selain bersiap dengan mental dan kualitas wawasan, Anda juga bisa mulai merapikan administrasi atau berkas-berkas yang dibutuhkan untuk registrasi. Meskipun belum tahu secara pasti, setidaknya terdapat satu dokumen atau lebih yang telah siap diinput ketika pendaftaran resmi dibuka.

Dengan mempersiapkan semua itu sehingga benar-benar matang, peserta akan lebih siap menghadapi seleksi meskipun di lingkup yang ramai peminatnya. Gerbang masuk Kementerian Dalam Negeri lewat E CPNS Kemendagri lebih lebar terbuka untuk peserta yang memahami kriteria kebutuhan instansi.

Berintegritas, berkualitas, serta bermoralitas. Selain itu, sikap nasionalisme yang tinggi pun menjadi poin dalam penyelenggaraan seleksi ini.

Dengan semua itu, usaha Anda bisa terbayar dengan kelulusan nantinya. Semoga ulasan mengenai cara lolos E CPNS Kemendagri ini bermanfaat, good luck!


Leave a Comment