Materi TWK KMB Tes CPNS Paling Penting

Apa saja materi TWK KMB (Konferensi Meja Bundar) yang sering muncul di tes CPNS? Pertama, Anda harus belajar tentang awal mulanya. Berikut adalah beberapa poin dan tanggal yang berhubungan denan awal mula KMB.

Materi TWK KMB: Latar Belakang

Materi TWK KMB yang pertama adalah latar belakang. Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno tersebut tidak diakui oleh Belanda sehingga, negara tersebut menyerang Indonesia kembali.

Pada saat diserang kembali oleh pihak Belanda, perjuangan yang dilakukan oleh Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya dilakukan melalui dua cara. Bangsa Indonesia ada yang berjuang melalui diplomasi dan ada juga yang menggunakan senjata untuk melawan penjajah.


Perjuangan dengan menggunakan diplomasi telah dilakukan beberapa kali, mulai dari perjanjian Linggarjati pada tahun 1946, Renville di tahun 1948, Roem-Royen di tahun 1949, dan KMB di tahun 1949 juga.

Selain materi TWK KMB, tanggal ini juga penting. Pada saat melakukan perjanjian Roem-Royen ada salah satu kesepakatan yang isinya adalah melakukan KMB. Pelaksanaan KMB yang merupakan singkatan dari Konferensi Meja Bundar dilakukan di Den Haag, Belanda pada tanggal 23 Agustus sampai 2 November 1949.

Konferensi Meja Bundar sendiri merupakan salah satu tonggak penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Berbagai usaha dilakukan oleh Bangsa Indonesia untuk dapat mempertahankan kemerdekaannya.

Di berbagai daerah telah dilakukan perlawanan-perlawanan menggunakan senjata. Bangsa Indonesia sendiri lebih mengutamakan perjuangan dengan menggunakan diplomasi, seperti melakukan berbagai perundingan dengan pihak Belanda.

Persiapan KMB

Materi TWK KMB berikutnya adalah persiapan KMB. Dalam mempersiapan pelaksanaan KMB di Den Haag, pihak RI dan juga BFO mengadakan perundingan untuk menyatukan pendapat mereka. Perundingan tersebut dilaksanakan dua kali yakni pada tanggal 19 Juni 1949 berlokasi di Jogjakarta dan 22 Juni 1949 di Jakarta.

Perundingan tersebut dikenal nama Inter Indonesia. Hasil dari perundingan pihak BFO dan Indonesia tersebut adalah kesepakatan untuk mendirikan Republik Indonesia Serikat yang disingkat menjadi RIS.

Indonesia menyiapkan delegasi untuk KMB pada tanggal 4 Agustus 1949 yang terpilih sebagai ketuanya adalah Moh. Hatta. Anggota dari delegasi ini diantaranya adalah Moh Roem, Soepomo, Ali Sastroamijoyo, Juanda, Sumitro Joyohadikusumo, Abdul Karim Pringgodigdo, Sumardi, TB Simatupang, dan Leimena. Perwakilan dan BFO di sidang KMB adalah Sultan Hamid II dari Pontianak sedangkan pihak Belanda diwakili oleh Van Maarseven.

Materi TWK KMB: Pelaksanaan

Materi TWK KMB Pelaksanaan Konferensi Meja Bundar ini dilakukan dalam pengawasan oleh UNCI yang ada dalam pimpinan Chritchley dari Australia. KMB sendiri berjalan dengan alot dan berlarut-larut dan selesai pada tanggal 2 November 1949. Hasil dari KMB ini menjadikan Belanda menyerahkan kedaulatan RI Indonesia kepada RIS. Penyerahan kedaulatan ini dilakukan oleh pihak Belanda pada bulan Desmber 1949.

Hasil dan Kesimpulan

Materi TWK KMB berikutnya adalah hasil. Hasil dari KMB ini juga menjadikan kesamaan derajat antara Indonesia dengan Belanda. Langkah konkretnya adalah dibentuk Uni Indonesia Belanda. KMB ini juga menjadikan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia, hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh dalam perjuangan secara diplomasi. Perundingan KMB ini juga mengharuskan Indonesia mengembalikan semua yang dimiliki oleh Belanda. Masalah Irian Barat akan dibahas pada satu tahun berikutnya.

KMB, selain memberikan berbagai hasil positif untuk Indonesia tetapi juga ada konsekuensi lainnya. Dalam perundingan tersebut ada poin yang menyatakan bahwa hutang Hindia Belanda hingga tahun 1949 menjadi tanggungan Indonesia.

Bangsa ini mendapatkan pengakuan dari Belanda, akan tetapi ada hutang yang harus ditanggungnya. Penandatangan penyerahan kedulatan tersebut dilaksanakan di dua tempat, yakni di Amsterdam dan juga Indonesia.

Pada tanggal tersebut penyerahan kedulatan di Belanda dilakukan oleh Ratu Juliana dan Moh. Hatta. Pada tanggal 27 Desember 1949 juga dilakukan pelantikan pemerintahan sementara. RIS sendiri terdiri dari 16 negara bagian dan merupakan persekutuan Kerajaan Belanda. Itulah materi TWK KMB yang paling penting bagi calon peserta seleksi tes CPNS untuk mempelajarinya.


Leave a Comment